google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 The European bison, Bison bonasus, Bison yang berbadan kekar dan gagah - PLANTER AND FORESTER

The European bison, Bison bonasus, Bison yang berbadan kekar dan gagah

The European bison, Bison Eropa, Bison bonasus atau the European wood bison, yang juga dikenal sebagai Wisent

The European bison, Bison bonasus, Wisent

Bison Eropa, Bison bonasus atau bison kayu Eropa, juga dikenal sebagai bijak atau zubr, adalah spesies bison Eropa. Ini adalah salah satu dari dua spesies bison yang masih ada, di samping bison Amerika. 

Nama Populer - Pop name    :  Bison, Zubr, Wisent
Nama Latin - Latin Name        :  Bison bonasus
Family                           :  Bovidae
Origin - Daerah Asal                 :  Eropa, Russia, Mongolia
Ciri khas                                     :  Berbulu tebal
Keunikan                                     :  Lebih kecil dibanding Bison Amerika

Baca juga :

The European bison, Bison bonasus, Wisent

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Habitat Satwa

Habitat  Kata bahasa Inggris modern "wisent" dipinjam pada abad ke-19 dari bahasa Jerman modern: Wisent, dari bahasa Jerman Tinggi Kuno: wisunt, wisant, terkait dengan bahasa Inggris Kuno: wesend, weosend, dan Old Norse: vísundr. Bahasa Inggris Kuno serumpun menghilang ketika jangkauan bison menyusut dari daerah-daerah berbahasa Inggris pada Abad Pertengahan Akhir.

Kata "zubr" dalam bahasa Inggris adalah pinjaman dari bahasa Polandia: żubr, sebelumnya juga digunakan untuk menunjukkan satu ras bison Eropa. Żubr Polandia mirip dengan kata untuk bison Eropa dalam bahasa Slavia modern lainnya, seperti Sorbia Atas: žubr atau Rusia: зубр. Kata benda untuk bison Eropa di semua bahasa Slavia yang hidup diperkirakan berasal dari Proto-Slavia: yang mungkin berasal dari Proto-Indo-Eropa: untuk gigi, tanduk, atau pasak

Kata Inggris "bison" dipinjam dari bahasa Latin: bisōn (jamak bisontes), itu sendiri dari bahasa Jerman. Akar Proto-Jermanik: juga ditemukan di musang, awalnya mengacu pada musk hewan.

Kata bonasus pertama kali disebutkan oleh Aristoteles pada abad ke-4 SM ketika dia dengan tepat menggambarkan binatang itu, menyebutnya dalam bahasa Yunani Klasik: diromanisasi: bonasos. Dia juga mencatat bahwa orang Paeonian menyebutnya monapos:


The European bison, Bison bonasus, Wisent

Penyebaran Satwa

Penyebaran Kawanan zubr terbesar — ​​dari populasi penangkaran dan liar — masih berbasis di Polandia dan Belarusia, yang sebagian besar dapat ditemukan di Hutan Białowieża termasuk populasi bison Eropa yang hidup bebas paling banyak di dunia dengan sebagian besar hewannya tinggal di sisi perbatasan Polandia. Polandia tetap menjadi pusat pengembangbiakan dunia untuk orang bijak. Pada tahun 1945 hingga 2014, dari Taman Nasional Białowieża saja, 553 spesimen dikirim ke sebagian besar populasi zubr penangkaran di Eropa serta semua tempat penangkaran untuk spesies tersebut di Polandia.

Sejak 1983, populasi kecil yang diperkenalkan kembali tinggal di Pegunungan Altai. Populasi ini menderita depresi perkawinan sedarah dan membutuhkan pengenalan hewan yang tidak terkait untuk "penyegaran darah". Dalam jangka panjang, pihak berwenang berharap dapat membentuk populasi sekitar 1.000 hewan di daerah tersebut. Salah satu populasi bison Eropa saat ini yang paling utara tinggal di Oblast Vologodskaya di lembah Dvina Utara pada sekitar 60 ° LU. Itu bertahan tanpa makan musim dingin tambahan. Populasi Rusia lainnya tinggal di hutan sekitar Sungai Desna di perbatasan antara Rusia dan Ukraina. Populasi paling timur laut tinggal di Taman Pleistosen di selatan Chersky di Siberia, sebuah proyek untuk menciptakan kembali ekosistem stepa yang mulai diubah 10.000 tahun yang lalu. Lima kebijaksanaan diperkenalkan pada 24 April 2011. Kebijaksanaan dibawa ke taman dari Cagar Alam Prioksko-Terrasny dekat Moskow. Suhu musim dingin sering kali turun di bawah −50 ° C. Empat dari lima bison kemudian mati karena masalah aklimatisasi dengan suhu musim dingin yang rendah.

Pada tahun 2011, tiga bison diperkenalkan ke Alladale Wilderness Reserve di Skotlandia. Rencana untuk memindahkan lebih banyak ke cadangan dibuat, tetapi proyek tersebut gagal karena tidak "dipikirkan dengan matang". Pada April 2013, delapan bison Eropa (satu jantan, lima betina, dan dua anak sapi) dilepasliarkan ke alam liar di wilayah Bad Berleburg Jerman, setelah 850 tahun absen sejak spesies tersebut punah di wilayah itu.

Rencana sedang dibuat untuk memperkenalkan kembali dua kawanan di Jerman dan di Belanda di Cagar Alam Oostvaardersplassen di Flevoland serta di Veluwe. Pada tahun 2007, proyek percontohan bison di area berpagar dimulai di Taman Nasional Zuid-Kennemerland di Belanda. Karena kolam genetik mereka yang terbatas, mereka dianggap sangat rentan terhadap penyakit seperti penyakit mulut dan kaki. Pada Maret 2016, seekor kawanan dilepaskan di Cagar Alam Maashorst di Brabant Utara. Kebun binatang di 30 negara juga memiliki cukup banyak bison yang terlibat dalam program penangkaran.


The European bison, Bison bonasus, Wisent

Morfologi Satwa

Morfologi Bison Eropa adalah hewan darat liar terberat yang masih hidup di Eropa. Mirip dengan sepupu Amerika mereka, bison Eropa secara historis berpotensi lebih besar daripada keturunan sisa; hewan modern memiliki panjang sekitar 2,8 hingga 3,3 m), tidak termasuk ekor 30 hingga 92 cm, tinggi 1,8 hingga 2,1 m, dan berat 615 hingga 920 kg untuk jantan, dan sekitar 2,4 hingga 2,9 m) dengan panjang tubuh tanpa ekor, tinggi 1,69 sampai 1,97 m, dan berat 424 sampai 633 kg untuk betina. Saat lahir, pedet cukup kecil dengan berat antara 15 dan 35 kg. Dalam populasi bebas di Hutan Białowieża Belarus dan Polandia, massa tubuh di antara bison dewasa (berusia 6 tahun ke atas) rata-rata adalah 634 kg untuk Bison Jantan, dan 424 kg di antara  Bison Betina. Seekor Bison besar sesekali Eropa dapat memiliki berat hingga 1.000 kg atau lebih dengan catatan Bison tua 1.900 kg untuk dataran rendah dan 1.000 kg untuk  Kaukasia.
Rata-rata, massa tubuhnya lebih ringan, namun sedikit lebih tinggi di bahu, dibandingkan kerabatnya di Amerika, bison kayu (Bison bison athabascae) dan bison dataran (Bison bison bison). Dibandingkan dengan spesies Amerika, orang bijak memiliki rambut yang lebih pendek di leher, kepala, dan bagian depan, tetapi ekor dan tanduk yang lebih panjang. Lihat perbedaan dari bison Amerika.

Bison Eropa membuat berbagai vokalisasi tergantung pada suasana hati dan perilakunya, tetapi ketika cemas, ia mengeluarkan suara seperti geraman, yang dikenal dalam bahasa Polandia sebagai chruczenie. Suara ini juga bisa didengar dari pejantan yang bijak saat musim kawin.

Baca juga :

The European bison, Bison bonasus, Wisent

Perilaku Satwa Struktur dan Teritorial
Bison biasanya hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari sekitar 10 hewan; gambar menunjukkan kawanan di pengenbangan dan penangkaran Bison di Pegunungan Altai.
Bison Eropa adalah hewan kawanan, yang hidup dalam kelompok campuran dan hanya jantan. Kelompok campuran terdiri dari betina dewasa, pedet, muda umur 2-3 tahun, dan jantan dewasa muda. Rata-rata ukuran kawanan bergantung pada faktor lingkungan, meskipun secara rata-rata, mereka berjumlah delapan hingga 13 ekor per kawanan. Kawanan yang hanya terdiri dari sapi jantan lebih kecil dari yang dicampur, rata-rata berisi dua individu. Kawanan bison Eropa bukanlah unit keluarga. Kawanan yang berbeda sering berinteraksi, bergabung, dan dengan cepat berpisah setelah bertukar individu.

Struktur sosial bison telah digambarkan oleh para spesialis sebagai matriarki (matriarchy), karena itu adalah sapi dari kawanan yang memimpinnya, dan memutuskan ke mana seluruh kelompok bergerak untuk merumput Meskipun lebih besar dan lebih berat dari betina, jantan tertua dan paling kuat adalah biasanya satelit yang menggantung di sekitar tepi kawanan untuk melindungi grup. Bison jantan mulai menjalankan peran yang lebih aktif dalam kawanan saat muncul bahaya bagi keamanan grup, serta selama musim kawin saat mereka bersaing satu sama lain.

Wilayah yang dikuasai oleh Bison jantan berkorelasi dengan usia, dengan sapi jantan muda berusia antara lima dan enam cenderung membentuk wilayah jelajah yang lebih luas daripada pejantan yang lebih tua. Bison Eropa tidak mempertahankan wilayah, dan wilayah kawanan cenderung sangat tumpang tindih. Area inti wilayah biasanya terletak di dekat padang rumput dan sumber air

Perilaku Makan Satwa 
Bison Eropa makan terutama di rerumputan, meskipun mereka juga mencari di pucuk dan daun; di musim panas, seorang pria dewasa bisa mengonsumsi 32 kg makanan dalam sehari. Bison Eropa di Hutan Białowieża di Polandia secara tradisional diberi makan jerami di musim dingin selama berabad-abad, dan kawanan besar mungkin berkumpul di sekitar suplemen makanan ini. Bison Eropa perlu diminum setiap hari, dan di musim dingin dapat terlihat memecahkan es dengan kukunya yang berat. Meskipun gerakannya lambat seperti biasanya, bison Eropa ternyata gesit dan dapat membersihkan sungai selebar 3 m atau pagar setinggi 2 m.

The European bison, Bison bonasus, Wisent
Perilaku Reproduksi Satwa
Reproduksi Musim rutting terjadi dari Agustus hingga Oktober. Bison jantan berumur 4–6 tahun, meskipun dewasa secara seksual, dicegah untuk kawin oleh Bison jantan yang lebih tua. Bison biasanya memiliki masa kehamilan 264 hari, dan biasanya melahirkan satu anak dalam satu waktu.

Rata-rata berat anakan Bison jantan 27,6 kg saat lahir, dan betina 24,4 kg. Ukuran tubuh pada Bison jantan meningkat secara proporsional dengan usia 6 tahun. Sementara Bison betina memiliki peningkatan massa tubuh yang lebih tinggi di tahun pertama mereka, tingkat pertumbuhan mereka relatif lebih lambat dibandingkan Bison jantan pada usia 3–5 tahun. Bison jantan mencapai kematangan seksual pada usia dua tahun, sementara Bison lainnya  melakukannya pada tahun ketiga.

Bison Eropa telah hidup selama 30 tahun di penangkaran, tetapi di alam liar rentang hidup mereka lebih pendek. Umur zubr di alam liar biasanya antara 18 dan 24 tahun, meskipun betina hidup lebih lama dari jantan. Tahun kawin produktif adalah antara empat dan 20 tahun pada betina, dan hanya antara enam dan 12 tahun pada jantan.

Perbedaan Bison Eropa dan Bison Amerika

Meskipun secara dangkal serupa, sejumlah perbedaan fisik dan perilaku terlihat antara bison Eropa dan bison Amerika. Zubr memiliki 14 pasang tulang rusuk, sedangkan bison Amerika memiliki 15. Bison Eropa dewasa (rata-rata) lebih tinggi dari bison Amerika, dan memiliki kaki yang lebih panjang.
Bison Eropa cenderung menjelajah lebih banyak, dan merumput lebih sedikit daripada kerabat Amerika mereka, karena leher mereka diatur berbeda. Dibandingkan dengan bison Amerika, hidung bison Eropa diatur lebih jauh ke depan dari pada dahi saat leher dalam posisi netral.

Tubuh Bison Dewasa tidak terlalu berbulu, meskipun ekornya lebih berbulu daripada spesies Amerika. Tanduk bison Eropa mengarah ke depan melalui bidang wajah mereka, membuat mereka lebih mahir dalam bertarung melalui penyambungan tanduk dengan cara yang sama seperti ternak domestik, tidak seperti bison Amerika, yang lebih suka menyerang. Bison Eropa kurang jinak dibandingkan bison Amerika, dan lebih jarang berkembang biak dengan ternak domestik.

Dalam hal kemampuan perilaku, bison Eropa berjalan lebih lambat dan dengan stamina yang lebih sedikit namun melompat lebih tinggi dan lebih lama dari bison Amerika, menunjukkan tanda-tanda adaptasi yang lebih berkembang ke habitat pegunungan

Klasifikasi Satwa 
Kingdom    :  Animalia
Phylum      Chordata
Class         : Mammalia

Order         : Artiodactyla
Family        : Bovidae
Subfamily   : Bovinae
Genus        : Bison
Species      : Bison bonasus
Binomial name
Bison bonasus (Linnaeus, 1758)

Status Konservasi
Perlindungan bison Eropa  (The protection of the European)   memiliki sejarah panjang; antara abad ke-15 dan ke-18, mereka yang berada di Hutan Białowieża dilindungi dan makanan mereka ditambah. Upaya untuk memulihkan spesies ini ke alam liar dimulai pada tahun 1929, dengan didirikannya Pusat Restitusi Bison di Białowieża, Polandia (the Bison Restitution Centre at Białowieża, Poland)  . Selanjutnya, pada tahun 1948, Pusat Penangkaran Bison didirikan di dalam Cagar Biosfer Prioksko-Terrasny.

Kawanan modern dikelola sebagai dua baris terpisah - satu terdiri dari hanya Bison bonasus bonasus (semuanya diturunkan hanya dari tujuh hewan) dan satu terdiri dari semua 12 nenek moyang, termasuk yang satu B. b. caucasicus bull.
Yang terakhir ini umumnya tidak dianggap sebagai subspesies terpisah karena mengandung DNA dari kedua B. b. bonasus dan B. b. caucasicius, meskipun beberapa ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai subspesies baru, B. b. montanus.
Hanya sejumlah kecil depresi perkawinan sedarah dari kemacetan populasi yang ditemukan, yang berdampak kecil pada pertumbuhan kerangka sapi dan sedikit peningkatan kematian anak sapi. Variabilitas genetik terus menyusut. Dari lima sapi jantan awal, semua banteng bison Eropa saat ini hanya memiliki satu dari dua kromosom Y yang tersisa.

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester









0 Response to "The European bison, Bison bonasus, Bison yang berbadan kekar dan gagah"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel