google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Green Iguana, Iguana Hijau, Iguana iguana (Linnaeus) - PLANTER AND FORESTER

Green Iguana, Iguana Hijau, Iguana iguana (Linnaeus)

Green Iguana, Iguana Hijau, Iguana iguan

Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)

The green iguana alias
 Iguana hijau atau dalam bahasa latinnya Iguana iguana, juga dikenal sebagai iguana Amerika  the American iguana, adalah spesies kadal besar, arboreal, dan sebagian besar herbivora dari genus Iguana. 

Biasanya Gree Iguana hanya disebut iguana. Iguana hijau tersebar di wilayah geografis yang luas; asli dari Brasil selatan dan Paraguay sejauh utara Meksiko, dan telah diperkenalkan dari Amerika Selatan ke Puerto Rico dan sangat umum di seluruh pulau, di mana ia dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai gallina de bamboo chicken atau  chicken of the trees atau ayam bambu  atau ayam dari pohon dan dianggap sebagai spesies invasif; di Amerika Serikat, populasi liar juga ada di Florida Selatan termasuk Florida Keys, Hawaii, Kepulauan Virgin AS, dan Lembah Rio Grande Texas. 

Iguana hijau juga berhasil menjajah pulau Anguilla, tiba di pulau itu pada tahun 1995 setelah arung jeram melintasi Karibia dari Guadeloupe.

Iguana Hijau adalah  Reptil kadal herbivora, ia telah beradaptasi secara signifikan sehubungan dengan penggerak dan osmoregulasi sebagai hasil dari makanannya. Panjangnya mencapai 1,5 meter dari kepala hingga ekor, meskipun beberapa spesimen telah tumbuh lebih dari 2 meter dengan berat badan hingga 9,1 kg.

The Green Iguana biasanya ditemukan di penangkaran sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang tenang dan warna-warna cerah, sangat menuntut untuk dirawat dengan benar. Persyaratan ruang dan kebutuhan akan pencahayaan dan panas khusus terbukti menantang bagi penghobi.

Kalau anda mengecek harga Iguana Hijau sebagai binatang peliharaan, kisaran harganya pada tahun 2020 ini untuk yang kecil sekitar Rp. 250.000 - Rp. 300.000 per ekor dan yang sudah agak besar harganya berkisar Rp. 500.000 - Rp. 1.000.000,- 

Iguana yang berwarna hijau terang, sebenarnya adalah Iguana yang masih muda, semakin tua, warna hijaunya akan semakin memudar dan berubah menjadi merah kecoklatan.


Nama Populer - Pop name    : Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana
Nama Latin - Latin Name        Iguana iguana (Linnaeus, 1758)
Family                           Iguanidae
Origin - Daerah Asal                 : Brazil, Meksiko, Amerika tengah dan latin
Ciri khas                                     : Reptilia indah
Keunikan                                     : Badan seperti Dinosaurus

Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana

Iguana Hijau adalah reptil yang memiliki nama latin Iguana Iguana dengan ordo Squamata, sering ditemukan di hutan hujan Meksiko Utara, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Brasil Selatan, tepatnya di daerah tropis dan sub-tropis.

Menurut perilakunya makanannya, iguana hijau adalah hewan herbivora. Iguana hijau memiliki warna yang menyesuaikan dengan lingkungan hidup yang dimilikinya. Pada umumnya, iguana hijau lebih suka hidup di daerah yang lembap dan hangat. Suhu rata-rata lingkungan yang disukai iguana hijau adalah 300C -350C. Iguana hijau sering dijadikan hewan peliharaan karena keeksotisannya. Namun, iguna hijau merupakan hewan peliharaan yang membutuhkan banyak perhatian dan kebutuhan.

Habitat Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana

Iguana hijau bersifat diurnal, arboreal, dan sering ditemukan di dekat air. Pemanjat yang gesit, Iguana iguana bisa jatuh hingga 15 m dan mendarat tanpa cedera (iguana menggunakan cakar kaki belakangnya untuk menggenggam daun dan dahan untuk mematahkan jatuh).

Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)

Selama cuaca dingin dan basah, iguana hijau lebih suka diam di tanah agar lebih hangat. Saat berenang, seekor iguana tetap terendam, membiarkan keempat kakinya menggantung lemas di sisinya. Mereka mendorong melalui air dengan gerakan ekor yang kuat.

Meskipun mereka sering ditemukan di pohon, hewan-hewan ini adalah penggali yang terkenal. Ukuran liang mereka dapat berkisar antara 0,3 dan 2,4 m, dengan diameter 10 sampai 20 cm.

Mereka telah diamati menggali di kanal, tanggul, dan tanggul dan di sepanjang tembok laut di Florida selatan. Jika seseorang tidak menggali sendiri, mereka bahkan dapat menggunakan gopher tortoise liang atau merebut liang dari burung hantu penggali Florida.

Penyebaran Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana

Kisaran asli iguana hijau meluas dari Meksiko selatan hingga Brasil tengah, Paraguay, Bolivia, dan Karibia; khususnya Grenada, Aruba, Curaçao, Trinidad dan Tobago, St. Lucia, St. Vincent, dan Útila.

Di Amerika Selatan dan Tengah, tempat asli iguana hijau, ia merupakan spesies yang terancam punah di beberapa negara karena orang-orang telah berburu dan memakan gallino de palo  bamboo chicken atau chicken of the trees  ayam bambu atau ayam pohon ini sejak lama.

Morfologi Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana
Iguana hijau pada umumnya memiliki tubuh panjang yang ditutupi sisik kasar berwarna hijau. Hewan ini memiliki kaki yang pendek dengan lima jari kaki dan cakar yang tajam untuk memanjat. Bukan hanya itu saja, iguana hijau memiliki gigi yang cukup tajam. Tubuh iguana hijau juga ditumbuhi duri yang memanjang dari kepala hingga ekor. Panjang ekor iguana hijau mencapai lebih dari setengah panjang tubuhnya dan digunakan untuk mengusir predator. 

Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)
Iguana hijau memiliki ciri yang mirip dengan hewan cecak. Iguna hijau akan melepaskan ekornya apabila merasa terancam oleh predator dan akan menumbuhkan ekor baru dalam jangka waktu tertentu.Pertumbuhan ekor iguana hijau sangat bergantung pada kondisi lingkungan, usia, kondisi kesehatan, dan batas ekor yang terpotong. Regenerasi ekor pun tidak akan persis seperti ekor sebelumnya. Biasanya warna regenerasi ekor akan cenderung lebih gelap dan lebih pendek dari sebelumnya.  

Iguana hijau berusia muda memiliki potensi pertumbuhan ekor yang lebih besar. Sedangkan iguana hijau dewasa cenderung tidak akan menumbuhkan ekor kembali. Namun, iguana hijau dewasa akan menyimpan energi untuk pertumbuhan tubuh. Iguana hijau yang terdapat di Amerika Tengah memiliki ciri khusus, yaitu adanya tanduk di hidung. Tanduk tersebut akan bertumbuh dari benjolan kecil hingga menjadi tanduk fleksibel yang cukup besar, yaitu sepanjang 1,27 cm. Panjang tubuh iguana hijau dapat mencapai 180 cm hingga 215 cm. Meski demikian, panjang tubuh iguana hijau jantan mengalami pertumbuhan lebih cepat dan lebih panjang dari tubuh iguana betina. Berat tubuh iguana hijau dewasa dapat mencapai 9 kg sampai 10 kg                         :

Perilaku Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana
Iguana hijau memiliki sederetan duri di sepanjang punggung dan di sepanjang ekornya, yang membantu melindungi mereka dari predator. Ekornya yang seperti cambuk dapat digunakan untuk memberikan serangan yang menyakitkan dan seperti banyak kadal lainnya, ketika ditangkap oleh ekornya, iguana dapat biarkan rusak, sehingga bisa melarikan diri dan akhirnya meregenerasi yang baru.
Selain itu, iguana memiliki dewlap yang berkembang dengan baik, yang membantu mengatur suhu tubuh mereka. Dewlap ini digunakan dalam pacaran dan pertunjukan teritorial.
Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)
Iguana hijau memiliki penglihatan yang sangat baik, memungkinkan mereka mendeteksi bentuk dan gerakan dari jarak jauh. Karena iguana hijau hanya memiliki sedikit sel batang, mereka memiliki penglihatan yang buruk dalam kondisi cahaya redup. Pada saat yang sama, mereka memiliki sel yang disebut "sel kerucut ganda" yang memberi mereka penglihatan warna yang tajam dan memungkinkan mereka untuk melihat panjang gelombang ultraviolet.
Kemampuan ini sangat berguna saat berjemur sehingga hewan dapat memastikan bahwa ia menyerap cukup sinar matahari dalam bentuk UVA dan UVB untuk menghasilkan vitamin D.

Iguana hijau memiliki organ fotosensori putih di atas kepalanya yang disebut mata parietal (juga disebut mata ketiga, mata pineal atau kelenjar pineal), berbeda dengan kebanyakan kadal lain yang telah kehilangan fitur primitif ini.
"Mata" ini hanya memiliki retina dan lensa yang belum sempurna dan tidak dapat membentuk gambar, tetapi peka terhadap perubahan terang dan gelap serta dapat mendeteksi gerakan. Ini membantu iguana mendeteksi predator yang menguntitnya dari atas.

Iguana hijau memiliki gigi yang sangat tajam yang mampu merobek daun dan bahkan kulit manusia. Gigi ini berbentuk seperti daun, lebar dan pipih, dengan gerigi di tepinya. Kemiripan gigi-gigi ini dengan salah satu dinosaurus pertama yang ditemukan menyebabkan dinosaurus itu dinamai Iguanodon, yang berarti "gigi iguana", dan asumsi yang salah bahwa ia mirip dengan iguana raksasa. Gigi terletak di sisi dalam tulang rahang, itulah sebabnya mereka sulit untuk dilihat pada spesimen yang lebih kecil.

Ciri khas Iguana HIjau,  Iguana iguana
Iguana hijau herbivora terutama disajikan dengan masalah khusus untuk osmoregulasi; materi tanaman mengandung lebih banyak kalium dan karena kandungan nutrisi per gramnya lebih sedikit, lebih banyak yang harus dimakan untuk memenuhi kebutuhan metabolisme.

Karena iguana hijau tidak mampu membuat urin cair lebih pekat daripada cairan tubuh mereka, seperti burung, mereka mengeluarkan limbah nitrogen sebagai garam urat melalui kelenjar garam.

Akibatnya, iguana hijau telah mengembangkan kelenjar hidung lateral untuk melengkapi sekresi garam ginjal dengan mengeluarkan kelebihan kalium dan natrium klorida.

Iguana hijau dari Guatemala dan Meksiko selatan (yang mungkin termasuk spesies berbeda I. rhinolopha) sebagian besar memiliki tanduk kecil di moncongnya di antara mata dan lubang hidungnya, sedangkan yang lain tidak.
Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)

Kelemahan Perilaku Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana

Saat ditakuti oleh predator, iguana hijau akan mencoba melarikan diri dan, jika berada di dekat badan air, menyelam ke dalamnya dan berenang menjauh. Jika terpojok oleh ancaman, iguana hijau akan menjulur dan menampilkan dewlap di bawah lehernya, menegang dan membusungkan tubuhnya, mendesis, dan menggelengkan kepalanya ke arah penyerang. Jika ancaman terus berlanjut, iguana dapat mencambuk dengan ekornya, menggigit dan menggunakan cakarnya sebagai pertahanan. Yang terluka lebih cenderung untuk melawan daripada mangsa yang tidak terluka.

Iguana hijau menggunakan "head bobs" dan dewlaps dalam berbagai cara dalam interaksi sosial, seperti menyapa iguana lain atau untuk berpacaran dengan calon pasangan. Frekuensi dan jumlah head bobs memiliki arti tertentu bagi iguana lain.

Iguana hijau diburu oleh burung pemangsa, dan ketakutan mereka terhadapnya dimanfaatkan sebagai taktik untuk menangkapnya di alam liar. Seorang pemburu akan meniru suara elang dengan bersiul atau berteriak, menyebabkan iguana membeku dan memudahkan penangkapannya.
Selengkapnya tentang teks sumber iniDiperlukan teks sumber untuk mendapatkan informasi terjemahan tambahan     :

Reproduksi Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana
Iguana hijau merupakan hewan ovipar atau hewan bertelur. Setelah melakukan persilangan, iguana betina akan mencari tempat untuk membuat sarang untuk meletakkan telur. daerah yang paling disukai iguana hijau betina adalah lingkungan dengan suhu panas dan terhindar dari predator. 

Dalam sekali pembuahan, iguana hijau betina dapat menghasilkan telur dengan jumlah 20 hingga 70 telur. Apabila suhu di sekitar sarang tergolong panas, telur iguana hijau hanya membutuhkan waktu inkubasi selama 10 hingga 15 minggu.

Setelah menetas, iguana hijau muda langsung mencari makan secara mandiri dan menyesuaikan kondisi tubuh dengan lingkungan sekitar. Akibatnya, tingkat kematian iguana hijau muda tergolong cukup tinggi. Meskipun demikian, jumlah iguana hijau di alam liar tergolong stabil.
Green Iguana, Iguana HIjau,  Iguana iguana (Linnaeus)

Klasifikasi Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana
Class         : Reptilia
Order         : Squamata
Suborder    : Iguania
Family        : Iguanidae
Genus        : Iguana
Species      : Iguana iguana
Binomial name
Iguana iguana (Linnaeus, 1758)

Sinonim
Passiflora maximaca Tang
Lacerta iguana Linnaeus, 1758
Hypsilophus tuberculatus Wagler 1830
Iguana hernandessi Jan 1857
Iguana iguana rhinolopha Wiegman, 1834
Hypsilophus rhinolophus Fitzinger, 1843
Iguana rhinolopha Dumeril & Bibron, 1837
Iguana rhinolophus Günther, 1885

Status Konservasi  Iguana HIjau,  Iguana iguana
Ketersediaan berlimpah dan bukan satwa yang dilindungi.

Iguana hijau terdaftar dalam Appendix II oleh CITES, menunjukkan bahwa mengatur perdagangan spesies ini untuk memastikan bahwa spesies tidak terancam punah adalah hal yang bermanfaat. Selain itu, iguana hijau terdaftar sebagai Sedikit Perhatian oleh IUCN, dengan menyebutkan penipisan habitat akibat pembangunan menjadi perhatian yang mungkin bagi populasi iguana hijau di masa depan.
Secara historis, daging dan telur iguana hijau telah dimakan sebagai sumber protein di seluruh wilayah asalnya, dan dihargai karena dugaan khasiat obat dan afrodisiak. Upaya untuk memelihara iguana hijau di masa lalu telah dilakukan untuk memelihara iguana hijau di penangkaran sebagai a sumber makanan dalam upaya mendorong penggunaan lahan yang lebih berkelanjutan di Panama dan Kosta Rika

Pada Oktober 1996, iguana hijau di indikasi sebagai pembawa bakteri Salmonella Thypi atau yang lebih dikenal dengan bakteri penyebab penyakit Tifus. Penetapan tersebut dikarenakan kasus bayi 3 minggu yang meninggal di Indiana, USA.[6] Pada Juli 2019, Komisi Konservasi dan Satwa Liar Florida menjadikan iguana hijau sebagai sasaran untuk diburu. Keputusan tersebut dikarenakan iguana hijau dinilai sebagai perusak trotoar dan tanaman. Data menunjukkan, pada tahun 2019 iguana hijau dinyatakan dapat diburu secara bebas di 22 lahan publik di Florida Selatan

Lokasi Pemotretan Satwa  Iguana HIjau,  Iguana iguana

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/4
Exposure time : 1/15 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 70 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro N

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester

0 Response to "Green Iguana, Iguana Hijau, Iguana iguana (Linnaeus)"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel