google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling, Acridotheres melanopterus, Burung Jalak Asli Indonesia yang pintar berkicau - PLANTER AND FORESTER

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling, Acridotheres melanopterus, Burung Jalak Asli Indonesia yang pintar berkicau

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling,  Acridotheres melanopterus, Burung Jalak Asli Indonesia yang pintar berkicau

Jalak bersayap hitam, Acridotheres melanopterus merupakan spesies burung jalak dalam famili Sturnidae. Spesies ini juga dikenal sebagai myna bersayap hitam  black winged myna   atau jalak dada putih the white breasted starling  . Ini endemik di Indonesia. Ada tiga subspesies yang dikenali: ras nominasi, yang hidup di sebagian besar pulau Jawa; tiga warna, yang terbatas di Jawa Tenggara south east Java  ; dan tertius, yang ditemukan di Bali dan mungkin Lombok. Validitas catatan tentang Lombok telah dipertanyakan, karena hanya ada sedikit catatan dan itu mungkin mewakili pelarian dari perdagangan burung dalam sangkar atau gelandangan alam. Spesies ini sering dimasukkan ke dalam genus burung jalak Sturnus, tetapi sekarang ditempatkan di Acridotheres karena secara perilaku dan vokal lebih dekat dengan burung dalam genus tersebut.

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus

Nama Populer - Pop name    :  Burung Jalak Putih, The black-winged starling, black winged myna, the white breasted starling

Nama Latin - Latin Name        :  Acridotheres  melanopterus, Sturnus melanopterus
Family                           :  Sturnidae
Origin - Daerah Asal                 :  Indonesia
Ciri khas                                     :  Badan putih dan sayap hitam
Keunikan                                     :  Sangat Pandai Berkicau

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Habitat Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Habitat dari Jalak Bersayap Hitam, The black-winged starling  Habitat alaminya adalah hutan kering tropis, semak kering tropis, semak basah tropis, dan padang rumput, dari permukaan laut hingga 2.400 meter. Sampai saat ini ia telah menyesuaikan diri dengan habitat yang dimodifikasi manusia dengan baik, pindah ke kebun buah-buahan, halaman rumput, daerah pinggiran kota dan lahan pertanian lainnya.:

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus

Morfologi Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Morfologi Burung Jalak Putih atau Jalak hitam bersayap putih alias The black-winged starling adalah burung jalak kecil, panjangnya 23 sentimeter. Bulu spesies ini mencolok, dengan kepala, dada, punggung, dan pantat berwarna putih, serta ekor dan bagian sayap berwarna hitam mengilap. Ujung ekor dan bagian sayap juga berwarna putih. Kulit di sekitar mata tidak berbulu dan kuning. Paruhnya berwarna kuning, dan sedikit lebih gelap ke arah dasarnya. Jenis kelaminnya sama, dan burung muda seperti burung dewasa kecuali mahkota dan punggung remaja berwarna abu-abu. Tiga warna subspesies mirip dengan nominasi tetapi memiliki punggung abu-abu dan lebih banyak hitam di sayap. Subspesies tertius mirip dengan tiga warna kecuali abu-abu di punggung turun ke ekor.
Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus

Perilaku  Makan dan Kebiasaan Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Perilaku  The black-winged starling,  Jalak bersayap hitam memakan berbagai jenis makanan, termasuk buah, nektar, dan serangga. Ini memberi makan dalam kelompok kecil dan berpasangan, baik di pohon maupun di tanah. Burung ini bertengger bersama pada malam hari dalam kelompok, terkadang dengan jenis burung jalak lain seperti jalak Bali. Ini adalah peternak musiman, meskipun waktu yang tepat dari musim kawin bervariasi berdasarkan lokasi. Burung di Jawa Barat berkembang biak dari bulan Maret sampai Mei, tetapi di Bali Timur musimnya sekitar bulan Juni. Mereka tampaknya monogami, bersarang di lubang berjajar di antara bebatuan atau di pohon.

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus
Reproduksi Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus
Reproduksi dengan bertelur

Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus
Klasifikasi Satwa  The black winged starling,  Acridotheres melanopterus
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Aves

Order         : Passeriformes
Family        : Sturnidae
Genus        : Acridotheres
Species      : Acridotheres  melanopterus
Binomial name
Acridotheres melanopterus (Daudin, 1800)

Sinonim
Sturnus melanopterus
Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling ,  Acridotheres melanopterus

Status Konservasi The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Jalak bersayap hitam dulunya merupakan burung yang melimpah sehingga dianggap berpotensi menjadi saingan dan ancaman bagi burung bali myna yang terancam punah. Akan tetapi, spesies ini telah menurun karena alasan yang hampir sama dengan jalak Bali, terutama koleksi untuk perdagangan burung dalam sangkar. Jalak bersayap hitam adalah salah satu spesies paling populer di kalangan kolektor; dalam beberapa tahun terakhir jumlah burung yang memasuki perdagangan telah menurun karena menjadi semakin langka di alam liar. Pada tahun 2010, spesies ini telah dimasukkan dalam daftar dari terancam punah menjadi sangat terancam punah oleh IUCN dan diyakini bahwa populasinya telah menurun setidaknya 80% selama 10 tahun terakhir. Spesies ini juga berpotensi terancam oleh perubahan dalam proses pertanian, dan para ilmuwan juga prihatin tentang hilangnya variasi genetik karena pelarian mencampurkan ketiga subspesies.

Program penangkaran telah dimulai di Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga di Jawa Barat, dan menghasilkan 200 anak burung jalak  pada tahun 2012. Dua puluh lima di antaranya digunakan untuk melengkapi populasi di alam liar dengan menggunakan kotak sarang yang diproduksi oleh desa setempat. Beberapa reintroduksi direncanakan, satu di Tambang Emas Antam Pongkor di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan satu lagi di Cagar Alam Rawadanau di Provinsi Banten, meskipun yang pertama mengalami kemunduran setelah properti dipindahkan ke otoritas taman nasional, yang segera melonggarkan pencegahan jebakan, mengakibatkan menurun dari empat puluh ekor menjadi delapan. ekor. 

Di Taman Safari Bogor, perkembangan Burung Jalak Bersayap hitam The Black  winged starling ini cukup baik dan bisa berkembang dengan cepat.

Lokasi Pemotretan Satwa The black winged starling,  Acridotheres melanopterus

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/7.1
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 250 
Focal lengh : 270 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester

0 Response to "Burung Jalak Bersayap Hitam, The black winged starling, Acridotheres melanopterus, Burung Jalak Asli Indonesia yang pintar berkicau"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel