google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Golden Pheasant, Pegar Emas, Crysolophus pictus - PLANTER AND FORESTER

Golden Pheasant, Pegar Emas, Crysolophus pictus

Golden Pheasant, Pegar Emas, Crysolophus pictus


The golden pheasant, Burung Pegar emas (Chrysolophus pictus), juga dikenal sebagai burung Pegar Cina the Chinese pheasant, dan burung pelangi rainbow pheasant, adalah gamebird dari ordo Galliformes (burung gallinaceous) dan keluarga Phasianidae (burung pegar).

Nama genus berasal dari bahasa Yunani Kuno khrusolophos, "dengan lambang emas", dan pictus adalah bahasa Latin untuk  paint atau dicat dilukis dari pingere, melukis

Nama Populer - Pop name    :  The golden pheasant,  The Chinese pheasant, 
Nama Latin - Latin Name        :  Chrysolophus pictus (Linnaeus, 1758)
Family                           Phasianidae
Origin - Daerah Asal                 :  China
Ciri khas                                     :  Berbulu orange dan merah yang indah
Keunikan                                     :  Burung berwarna emas, Golden Pheasant



Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Habitat Satwa


Penyebaran Satwa

Penyebaran Pegar emas aslinya berasal dari hutan di daerah pegunungan barat Tiongkok, tetapi populasi liar telah lepaskan di Britania Raya, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko , Kolombia, Peru, Bolivia, Chili, Argentina, Uruguay, Kepulauan Falkland, Jerman , Belgia, Belanda, Prancis, Irlandia, Australia dan Selandia Baru.

Di Inggris mereka dapat ditemukan di East Anglia di lanskap hutan lebat Breckland serta Tresco di Kepulauan Scilly.

Morfologi Satwa Crysolophus pictus

Morfologi Crysolophus pictus   dengan Panjang Pegar Emas jantan dewasa adalah 90-105 cm, ekornya menyumbang dua pertiga dari total panjangnya. Kepala (golden crest) dengan jambul keemasannya serta tubuhnya kasar dan merah terang. Bulu oranye gelap dapat tersebar di bagian depan, muncul sebagai kipas hitam dan oranye bolak-balik yang menutupi seluruh wajah kecuali mata kuning cerah dengan pupil hitam a pinpoint black pupil .


Pejantan memiliki lambang kuning keemasan dengan sedikit merah di ujungnya. Wajah, tenggorokan, dagu, dan sisi-sisi lehernya merah kecoklatan. Pial dan kulit orbital keduanya berwarna kuning, dan ruff atau jubah (the ruff or cape is light orange) berwarna oranye terang. Punggung atas berwarna hijau dan sisa punggung dan pantat berwarna kuning keemasan. 
Tersiernya berwarna biru sedangkan skapularnya berwarna merah gelap. 

Ciri-ciri lain dari bulu jantan adalah bulu ekor bagian tengah, berwarna hitam dengan kayu manis, serta ujung ekornya menjadi seperti kayu manis. Bulu ekor bagian atas berwarna sama dengan bulu ekor bagian tengah. Pejantan juga memiliki dada warna merah tua, serta merah dan kastanye di bagian bawah. Kaki bagian bawah berwarna kuning kusam.

Pegar Betina atau Golden Pheasant betina warnanya biasa saja dan  jauh lebih tidak mencolok, dengan bulu coklat kusam berbintik-bintik mirip dengan burung pegar betina biasa. Dia lebih gelap dan lebih ramping dari pada ayam dari spesies itu, dengan ekor yang secara proporsional lebih pendek setengah dari panjang 60–80 cm.

Dada dan sisi Pegar betina berwarna cokelat kehitaman, dan bagian perutnya mengkilap. Dia memiliki wajah dan tenggorokan yang keriput. Beberapa betina abnormal mungkin di kemudian hari mendapatkan bulu jantan. Tungkai bawah dan kaki berwarna kuning kusam.

Baik Pegar Jantan maupun Pegar Betina memiliki kaki berwana kuning.

Perilaku Makan Pegar Emas

Perilaku makan Golden Pheasant atau Pegar Emas , mereka makan biji-bijian, daun dan invertebrata di tanah, tetapi mereka bertengger di pohon di malam hari. Selama musim dingin, kawanan cenderung mencari makan di dekat pemukiman manusia di tepi hutan, terutama mengambil daun dan biji gandum.


Perilaku Satwa Pegar Emas
Meskipun mereka dapat terbang secara tidak baik dalam waktu singkat, mereka lebih suka berlari dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tanah. Jika terkejut, mereka tiba-tiba bisa terbang ke atas dengan kecepatan tinggi dan dengan suara sayap yang khas.

Perilaku Reproduksi Pegar Emas
Burung pegar emas bertelur 8 sampai 12 telur sekaligus dan kemudian akan mengerami telur ini selama sekitar 22-23 hari. Mereka cenderung memakan buah beri, belatung, biji-bijian, dan jenis tumbuhan lainnya.

Jantan memiliki panggilan metalik di musim kawin.




Perilaku di Penangkaran dan Alam
Pegar Emas  atau Golden Pheasant umumnya ditemukan di kebun binatang dan kandang burung, tetapi seringkali sebagai spesimen hibrida yang memiliki garis keturunan yang sama dengan burung pegar Lady Amherst.

Lady Amherst's pheasant  alias Pegar atau Burung Lady Amherst (Chrysolophus amherstiae) adalah burung dari ordo Galliformes dan famili Phasianidae. Nama genusnya berasal dari bahasa Yunani Kuno khrusolophos, dengan red-golden atau lambang emas. Nama Inggris dan amherstiae memperingati Sarah Amherst, yang bertanggung jawab mengirim spesimen pertama burung itu ke London pada tahun 1828.


Seperti yang saya dokumentasikan ini, adalah Pegar Emas di Taman Safari Bogor, salah satu Kebun Binatang bertema alam yang sangat indah di Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Ada juga mutasi berbeda dari burung emas yang diketahui dari burung di penangkaran, termasuk tenggorokan gelap, kuning, kayu manis, salmon, persik, percikan, mahoni dan perak. Dalam budidaya, jenis liar disebut sebagai "merah-emas" untuk membedakannya dari mutasi ini.

Klasifikasi Satwa Golden Pheasant, Pegar Emas, Crysolophus pictus

Class         : Aves

Order         : Galliformes
Family        : Phasianidae
Genus        : Chrysolophus
Species      : Chrysolophus pictus
Binomial name
Chrysolophus pictus (Linnaeus, 1758)

Sinonim
Phasianus pictus Linnaeus, 1758

Status Konservasi
Satwa dilindungi

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro Nikon AF-S 105mm F/2.8G IF-ED VR Micro-NIKKOR


Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
Planter and Forester




0 Response to "Golden Pheasant, Pegar Emas, Crysolophus pictus"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel