google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos Raffles - PLANTER AND FORESTER

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos Raffles

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos, Primata Asli Sumatra 

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Simpai Putih, Sumatra Surili alias Presbytis melalophos adalah spesies primata di family Cercopithecidae. Hewan ini merupakan satwa endemik di pulau Sumatra, Indonesia. Habitat alaminya adalah hutan tropis kering atau subtropis. Hewan ini terancam punah akibat hilangnya habitat.
Nama Populer - Pop name    :  Simpai, SImpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Sumatra Surili
Nama Latin - Latin Name        :  Presbytis melalophos
Family                           :  Cercopithecidae
Origin - Daerah Asal                 :  Sumatra, Indonesia
Ciri khas                                     :  Muka hitam, rambut putih
Keunikan                                     :  Hanya ada di Indonesia

Baca juga :
Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Simpai dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sumatran Surili atau Mitred Leaf Monkey. Sebutan Mitred merujuk pada bentuk jambulnya yang mirip mahkota para bishop (pemimpin Katholik). Sedangkan di Indonesia kerap disebut juga sebagai Surili Sumatera. Hewan endemik pulau Sumatera ini memiliki beberapa sebutan lokal lainnya seperti Simpai (Sumatera Selatan), Chi-cha dan Kera Putih (Lampung).

Baca juga :
Siamang Kerdil, Owa Bilau, Hylobates klossii

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa Presbytis melalophos  

Presbytis melalophos (Raffles, 1821) diidentifikasi pertama kali oleh Sir Thomas Stamford Raffles.
Simpai merupakan salah satu jenis primata endemik di pulau sumatera yang dapat ditemui di kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis. Primata ini memiliki 4 sub spesies dengan pola warna yang berbeda mulai dari jingga hingga kelabu gelap. Beraktivitas dalam kawanan kecil dan besar dengan suara khasnya yang melengking dalam berkomunikasi dan merespon ancaman. Menyukai pohon-pohon dengan tajuk yang tinggi untuk mencari makan, makanannya sendiri berupa pucuk daun, buah-buahan, bunga dan biji. Terkadang terlihat dipinggir hutan hingga perkebunan dan segera menghindar jika merasa terancam dengan kehadiran manusia. Merupakan jenis satwa yang dilindungi undang-undang dan berstatus Endangered oleh IUCN.

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos
Habitat Satwa Presbytis melalophos 
Habitat  di pepohonan tinggi, Simpai Putih Presbytis melalophos merupakan Primata endemik sekaligus hewan langka ini mendiami hutan hujan tropis, mulai dari hutan primer, hutan sekunder, hingga daerah perkebunan yang terdapat di daerah dataran rendah hingga pegunungan berketinggian 2500 meter dpl.. Populasinya mengalami penurunan akibat rusaknya habitat akibat deforestasi dan alih fungsi lahan. Selain hilangnya habitat, ancaman utama terhadap Surili Sumatera adalah perburuan untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan.
Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Penyebaran Satwa Presbytis melalophos 
Penyebaran hanya ada di Sumatra Indoensia. Surili Sumatera atau Simpai (Mitred Leaf Monkey) adalah hewan endemik Indonesia dengan daerah sebaran terbatas di pulau Sumatera. Subspesies P. m melalophos mendiami daerah barat daya Sumatera, mulai sekitar Sungai Rokan bagian selatan hingga Sungai Batanghari, sepanjang Bukit Barisan hingga Lampung. Subspesies P. m mitrata mendiami Sumatera bagian tenggara, mulai dari Lampung bagian utara hingga Sungai Musi, Palembang sebelah barat, dan utara Sungai Batanghari. P. m bicolor mendiami  Sumatera barat-tengah. P. m sumatrana mendiami Sumatera Barat, Gunung Talamau, dan Pulau Pini (Kepulauan Batu).
Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Morfologi Satwa Presbytis melalophos 
Morfologi Secara umum Surili Sumatera atau Simpai (Mitred Leaf Monkey) mempunyai ciri khas jambul pada kepalanya yang menyerupai mahkota. Panjang tubuh Simpai jantan dan betina hampir sama, yakni antara 45-49 cm. Berat tubuhnya berkisar antara 5-6 kg. Ciri khas lainnya adalah ukuran ekornya yang panjangnya hingga satu setengah kali panjang tubuh atau sekitar 71 cm. Surili Sumatera ini memiliki keragaman warna bulu antar subspesies. Ada yang berwarna abu-abu, hitam, hingga kecoklatan.

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos
Perilaku Satwa Presbytis melalophos 
Perilaku Simpai Putih atau Surili Sumatera adalah hewan diurnal (aktif di siang hari) dan arboreal (banyak beraktitas di pohon). Makanan utamanya adalah dedaunan, tetapi kerap juga mengkonsumsi buah-buahan, bunga, dan biji-bijian. Hidup secara berkelompok yang terdiri atas satu jantan dan 5-7 betina. 

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Reproduksi Satwa Presbytis melalophos 
Perilaku Reproduksi dari Simpai Putih. Simpai jantan dewasa (mencapai kematangan seksual) pada usia 34-47 bulan sedangkan betinanya pada usia 35-60 bulan. Berkembang biak sepanjang tahun dengan masa kehamilan simpai betina 155-226 hari, dan melahirkan satu anak tiap masa kehamilan.

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Klasifikasi Satwa  Presbytis melalophos 

Kingdom   :  Animalia
Phylum     :  Chordata
Class         : Mammalia
Order         : Primates
Suborder    : Haplorhini
Infraorder   : Simiiformes
Family        : Cercopithecidae
Genus        : Presbytis
Species      : Presbytis melalophos
Binomial name
Presbytis melalophos (Raffles, 1821)

Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos
Sesuai dengan klasifikasinya, hingga saat ini terdapat subspesies Surili Sumatera ada 4 yang diakui. Keempat anak jenis dengan perbedaan diskripsi masing-masing adalah sebagai berikut :

  1. Presbytis melalophos melalophos : Bagian ventral (sisi depan atau perut) berwarna putih kemerahan. Bagian dorsal (punggung) berwarna merah kekuningan kuning. Ekor berwarna gelap. Subspesies ini memiliki jambul berwarna merah kehitaman. Tangan dan kaki hitam atau warna yang sama dengan anggota badan.
  2. Presbytis melalophos mitrata : Bagian ventral berwarna putih sedangkan sisi dorsal berwarna abu-abu. Ekor keabu-abuan dan keputihan.
  3. Presbytis melalophos bicolor : Bagian dahi memiliki pinggiran hitam dan mata yang dikelilingi oleh kulit abu-abu atau abu-abu kebiruan. Moncong hitam dengan dagu berwarna abu-abu. Mahkotanya memiliki garis hitam. Tubuh bagian dorsal Coklat gelap sedang bagian ventral berwarna putih. Ekor hitam (bagian luar) dan putih (bagian dalam).
  4. Presbytis melalophos sumatrana : bagian dorsal tubuh berwarna kecoklatan dan bagian ventral, tungkai, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki berwarna putih krem. Tangan dan kaki berwarna hitam. Rambut di sisi puncak berwarna abu-abu kecoklatan. Tenggorokan berwarna putih krem.
Nama latin hewan ini adalah Presbytis melalophos (Raffles, 1821). Mempunyai beberapa nama sinonim seperti Presbytis aurata (Muller & Schlegel, 1861), Presbytis batuanus Miller, 1903, Presbytis ferrugineus (Schlegel, 1876), dan Presbytis flavimanus (I. Geoffroy, 1831). Juga bersinonim dengan Presbytis fluviatilis (Chasen, 1940), Presbytis fusco-murina Elliot, 1906, Presbytis margae Hooijer, 1948, dan Presbytis nobilis (Gray, 1842).
Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos

Status Konservasi Presbytis melalophos 
Penurunan populasi dan ancaman yang terus terjadi membuat IUCN memasukkannya sebagai spesies Endangered dalam daftar merahnya. CITES juga memasukkannya dalam daftar appendix II. Sedang di Indonesia, Simpai termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Lokasi Pemotretan Satwa Presbytis melalophos 

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.3
Exposure time : 1/200 sec.
ISO Speed : ISO 2000 
Focal lengh : 240 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 
Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
Planter and Forester


















0 Response to "Simpai Putih, Mitred Leaf Monkey, Presbytis melalophos Raffles"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel