google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 15 JENIS TANAMAN UNTUK BONSAI - PLANTER AND FORESTER

15 JENIS TANAMAN UNTUK BONSAI

Edisi Tanaman 

BONSAI
 JENIS JENIS TANAMAN UNTUK BONSAI

Bonsai, menurut KKBI adalah :
Arti: tumbuhan kerdil, diperoleh dengan menanamnya dalam pot dengan cara tertentu (pot dangkal, pemangkasan akar dan cabang, pemupukan terkendali, dsb); tanaman yang dikerdilkan;


Sedangkan menurut Wikipedia, Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman atau sai dilakukan di pot dangkal yang disebut bon. 

Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai

Nama Populer - Pop name    :  Bonsai

Nama Latin - Latin Name        : Bonsai
Family                           : -
Origin - Daerah Asal                 : Jepang
Letak Landscape                       : Indoor, Outdoor 
Tipe Tanaman Hias                     Tanaman Taman
Propagasi perbanyakan        : Bakalan Bonsai,anakan, biji, Stek, Cangkok
Media Tanam                     : Tanah kebun, Pasir malang 
Perlakuan khusus                     : Pemangkasan  

Ciri ciri dan Identifikasi tanaman 

Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu. Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. 

Tanaman atau pohon dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. 

Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.

Habitus Tanaman Bonsai

Pohon : batang berkayu, tumbuhan berukuran besar, percabangan jauh dari tanah
Climber/memanjat : mempunyai batang kecil dan panjang dengan cabang tersebar.

JENIS JENIS TANAMAN UNTUK BONSAI

Ada berbagai spesies tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk Bonsai, baik yang monokotil seperti kelapa ataupun seperti yag umum dikotil.

Berikut beberapa Jenis tanaman yang umumnya dijadikan Bonsai.

1. Beringin
2. Juniper
3. Pinus
4. Asem
5. Kemuning
6. Anting Putri
7. Nagasari
8. Serut
9. Kelapa
10. Maple
11. Cemara
12. Soka
13. Aras - Cedar
14, Cherry Blossom
15. Elm
16. Bougainvile
17. Santigi
18. Delima
19. Jambu Biji
20. Beringin Korea
21. Bonsai Ginkgo atau Maidenhair


1. Beringin
Seperti pada lambang saah satu partai di Indonesia. Beringin yang berpostur besar dan kuat ternyata menjadi favorit Bonsai.
Bonsai beringin adalah bonsai yang paling umum dan menjadi favorit.



Koleksi tanaman bonsai di rumah Anda tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman bonsai beringin. Bonsai beringin adalah tanaman yang memiliki popularitas sangat tinggi dan menjadi favorit bagi pecinta tanaman. Bentuk batang yang besar dan akar gantung yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman bonsai beringin.


2. Juniper
Salah satu tanaman bonsai yang menarik untuk untuk dirawat karena mempunyai bentuk yang indah. Kelebihan dari bonsai juniper adalah bentuk daunnya yang tumbuh menyerupai sebuah payung yang menutupi dengan sangat indah. Anda perlu berhati-hati ketika merawat bonsai juniper karena tanaman ini tidak boleh diberikan air terlalu banyak agar tidak busuk.

Bonsai Juniperus
3. Pinus
Pinus yang berpostur tinggi besar dengan daun jarum yang besar besar ternyata bisa dijadikan Bonsai. Siapa yang memperkirakan bahwa sebuah pohon yang bisa tumbuh hingga puluhan meter dapat dijadikan bonsai dan tumbuh dengan sangat indah. 
Bonsai Pinus

Bonsai Pinus juga menjadi salah satu favorit Bonsai dengan gaya tegak atau terlihat kayumya.

Perawatan bonsai pinus membutuhkan kesabaran yang sangat terbatas karena Anda harus teratur untuk memotong percabangan dan daun daun pohon pinus secara rutin agar bisa tetap pendek dan daunnya mengecil. Tanaman Bonsai Pinus membutuhkan sinar matahari yang cukup sehinga usahakan selalu terkena cahaya matahari agar tidak tumbuh terlalu besar dan tidak membusuk.


4. Asem - Tamarindus indica

Bonsai Asam - Tamarindus indica

Bonsai Asem

5. Kemuning
Apabila tertarik untuk mencari tanaman bonsai yang berbeda dan tidak biasa maka Anda bisa menanam tanaman kemuning untuk dijadikan bonsai. Tanaman bonsai kemuning mempunyai batang dengan permukaan kulit yang berkerak dan berkarakter. Tidak hanya itu saja, batang yang dimiliki tanaman kemuning juga sangat unik dan membuat tanaman ini sangat lucu untuk menjadi bonsai.

Bonsai Kemuning

6. Anting Putri
Bonsai anting putri saat ini banyak digemari karena rajin berbunga. 
Bonsai Anting Putri
7. Bonsai Pohon Nagasari
Salah satu tanaman yang tumbuh di tanah subur dan sering ditanam di keraton atau taman. 
Tampilan dengan bentuk batang yang kokoh, berdaun pucuk merah saat muda dan berbuah seperti cermai.

Bonsai Pohon Nagasari





8. Serut
Salah satu Bonsai yang digemari karena perawatanya lebih mudah dibandingkan dengan Bonsai yang lain.  Bakalan bonsai serut pun banyak dijual dipasaran.  Bonsai Serut sangat cocok untuk para pemula hobbiis Bonsai karen lebih mudah dibentuk dan dirawat.
Apabila Anda senang memiliki tanaman berukuran kecil dan lengkap dengan daun yang berukuran kecil juga maka Anda bisa mencoba menanam tanaman bonsai serut. 


Saat menanam bonsai serut, perhatikan tampilan bonggol dan urat kayu bonsai serut yang mempunyai batang yang kuat. Bonsai serut biasanya ditanam pada media tanam dan pot berukuran kecil. Potonglah dahan pohon secara rutin agar pertumbuhannya tetap bisa mengatur.

9. Kelapa Cocos nucifera


Bonsai kelapa atau Cocos nucifera merupakan salah satu tanaman monokotil yang bisa dibuat bonsai. Menonjolkan buah kelapa alias batok yang sudah dibersihkan dan mirip dengan tunas kelapa. Mungkin banyak yang mengira bahwa tanaman kelapa yang memiliki ukuran besar yang mungkin untuk dikecilkan. 

Penggemar bonsai kelapa faktanya ada banyak sekali dan para pecinta bonsai tanaman yang memilih kelapa untuk dijadikan bonsai dan mempunyai ukuran yang kecil.

Merawat tanaman bonsai kelapa juga membutuhkan ketelitian yang tinggi karena jika tidak ada tanaman yang kekurangan gizi dan tidak akan bisa tumbuh.



10. Maple
Pohon bonsai maple adalah salah satu pohon yang aslinya berasal dari negara Jepang, Tiongkok dan juga Korea. Namun saat ini Anda juga sudah bisa membeli bibit bonsai maple dan menanamnya sendiri di rumah Anda dengan mudah. Tanaman ini sangat indah karena mempunyai daun yang akan berubah warna menjadi kemerahan pada setiap pertengahan tahun.
Bonsai Cemara
11. Cemara
Bonsai yang banyak digemari.  Beraneka bonsai cemara menjadi pilihan untuk dijadikan bakalan dan bonsai master.

Bentuk daun jarum menjadi tantangan tersendiri untuk para hobiis dari bonsai

12. Soka, Ixora sp.


Tanaman Soka atau Ixora tampilan dialam memang sudah mirip bonsai. Salah satu pilihan Bonsai berbunga dan tanaman ini dipilih karena kuat dan tahan terhadap stress.  Tanaman yang rajin berbunga dan warna bunganya beraneka ragam.



Sudah mulai banyak Hobiis yang menekuni Bonsai Soka dan membentuknya berbatang tunggal atau rumpun.



Kalau anda ingin Bonsai yang rajin berbunga, Bonsai Soka menjadi salah satu pilihan.


 
13. Aras - Cedar
Salah satu tanaman yang tumbuh di dataran tinggi adalah pohon cedar. Apabila Anda menyukai tampilan dari pohon cedar maka Anda bisa mencari bibit bonsai pohon cedar dan menanamnya sendiri di rumah. Pohon bonsai cedar akan bisa tumbuh dengan baik apabila berada pada daerah dengan udara yang dingin namun tetap membutuhkan cahaya matahari secara penuh agar bisa tumbuh kuat.



14. Cherry Blossom
Salah satu tanaman yang mempunyai warna daun yang unik adalah tanaman bonsai cherry blossom. Anda bisa menanam tanaman ini di rumah dengan mudah agar bisa tumbuh dengan indah. Pastikan agar tanaman bonsai cherry blossom mendapatkan pupuk secara berkala agar daunnya bisa mempunyai warna yang sangat cerah dan indah.



15. Bougainvile
Tanaman bougenville seringkali disebut sebagai tanaman bunga kertas. Karena ukurannya yang besar akhirnya banyak yang memilih tanaman ini untuk dijadikan bonsai berukuran kecil. Bonsai bougenville yang tumbuh dengan baik akan memiliki bunga berwarna merah muda yang sangat indah dan menarik untuk dipandang.


16. Santigi
Bonsai santigi menjadi pilihan yang paling banyak digemari para hobiis Bonsai.

Bonsai Delima
17. Delima
Apabila Anda tertarik untuk memiliki tanaman buah-buahan di rumah yang berukuran kecil maka mulailah dengan menanam tanaman bonsai delima mini. Tanaman ini memiliki ukuran kecil sehingga Anda tidak akan perlu bingung saat menanamnya. Selain itu juga apabila dirawat dengan baik maka tanaman ini akan menghasilkan buah delima yang sangat segar dan manis.

Bonsai Jambu Biji, Psidium guajava


18. Jambu Biji

Bonsai Beringin Korea


19. Beringin Korea


Manfaat Tanaman
Manfaat tanaman Bonsai adalah untuk menenangkan hati dan menyalurkan hobby berkebun dan berkreasi. 

Lokasi Pemotretan

Lokasi pemotretan di 

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro Nikon AF-S 105mm F/2.8G IF-ED VR Micro-NIKKOR

Detail :
Camera maker : Samsung
Camera model : SM-G935F
F Stop                1.7 
Exposure time : 1/50 sec
ISO Speed :  125
Focal lengh : 4 mm
Lens : 

Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 
Planter and Forester

0 Response to "15 JENIS TANAMAN UNTUK BONSAI"

Post a Comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel