google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Oncosperma tigillarium, Palem Identitas Riau - PLANTER AND FORESTER

Oncosperma tigillarium, Palem Identitas Riau

Oncosperma tigillarium



Oncosperma tigillarium

Oncosperma tigilarium adalah spesies pohon palem dalam famili Arecaceae.

Nibung (Oncosperma tigillarium syn. O. filamentosum) adalah sejenis palma yang tumbuh di rawa-rawa Asia Tenggara, mulai dari Indocina hingga Kalimantan.

Oncosperma tigillarium

Tumbuhan ini berupa pohon dengan bentuk khas palma: batang tidak atau jarang bercabang, dapat mencapai 25m, dapat memunculkan anakan yang rapat, membentuk kumpulan hingga 50 batang. Batang dan daunnya terlindungi oleh duri keras panjang berwarna hitam. Daunnya tersusun majemuk menyirip tunggal (pinnatus) yang berkesan dekoratif.

Kayu nibung sangat tahan lapuk sehingga dipakai untuk penyangga rumah-rumah di tepi sungai di Sumatra dan Kalimantan. Temuan arkeologi di daerah Jambi menunjukkan sisa-sisa penyangga rumah dari kayu ini di atas tanah gambut dari perkampungan abad ke-11 hingga ke-13. Kayunya juga dipakai untuk jala ikan (di Kalimantan).

Nibung adalah tumbuhan indentitas Provinsi Riau.

Oncosperma tigillarium
Deskripsi
Oncosperma tigilarium tumbuh hingga 40 kaki tingginya di rumpun padat hingga 50 pohon palem. Batang-batang telapak tangan ditutupi dengan duri hitam panjang. Oncosperma tigilarium memiliki daun menyirip halus, dengan selebaran terkulai


Nama umum
Nama umum dalam bahasa Indonesia adalah nibung yang berarti duri, untuk duri panjang yang muncul sepanjang batang pohon palem. Di beberapa bagian Filipina dikenal sebagai anibung dalam bahasa Hiligaynon.


Distribusi
Spesies ini dikenal dari pedalaman, perairan salinitas rendah, dekat rawa-rawa bakau di Indocina, Indonesia, Malaysia, dan Filipina di Asia Tenggara. Itu asli daerah ini di sebelah barat Garis Wallace yang tumbuh pada ketinggian di bawah 150 meter. Ini terancam punah di beberapa daerah karena deforestasi, dan invasif ke beberapa pulau tropis di Belahan Barat di mana ia ditanam sebagai tanaman hias.


Habitat dan ekologi
Di Singapura, sekelompok telapak tangan Nibong bertahan di dekat pintu masuk Istana, yang terletak di ujung Orchard Road. Sebuah plakat di situs tersebut menyatakan: "Karena nibong adalah pohon palem, situs ini pasti pernah menjadi rawa bakau." itu berguna dalam pembangunan kelong, struktur kayu yang digunakan di laut dangkal untuk penangkapan atau budidaya ikan.










0 Response to "Oncosperma tigillarium, Palem Identitas Riau"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel