google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Asli Kalimantan, Lepisanthes alata (Blume) Leenh. - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Asli Kalimantan, Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.


Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Deskripsi
Pohon, tinggi hingga 15 m, dbh hingga 30 cm, atau semak. Daun paripinnate, 3-5 (—13) -jugate, 20-45 cm (lebih dari 1 m panjang), berkabut; Perbungaan sering terkulai, in vivo sering ungu hingga coklat kemerahan, tampaknya sebagian besar tidak berkelamin, meskipun jantan dan betina di pohon yang sama; Bunga in vivo, anggur gelap, merah, ungu. Sepal obovate-orbicular, 2,5-4 kali 2-3 mm, bagian luar sedikit lebih kecil daripada bagian dalam, sebagian petaloid dengan margin crenulate, semua kelenjar-ciliolate jarang. Kelopak sessile (dalam cakar L. edulis 0,5 mm), jarang, sebagian kelenjar, ciliolate, gundul atau jarang jarang berambut pendek di luar di setengah basal (L. edulis) ', blade suborbicu-lar, hingga 4 kali 3 mm (L. edulis 2 x 2,5 mm), sisik tegak, sedikit berbentuk kap, ⅓-1/5 sepanjang bilah, berkabut (L. edulis padat ciliolate). Benang sari 8; Ellipsoid ovarium, 3- (atau 4-) bersel, pucat lembayung muda; Buah-buahan segera ditetapkan, trigonous-obovoiid, 2,5-4 x 2,2-3 cm, apiculate, tampaknya berwarna ungu kecoklatan sampai hampir hitam ketika matang, bubur (agak tebal, berdaging, putih. Biji ellipsoid, hingga 2,5 x 1,5 cm, hilum rhomboid , 6 kali 5 mm.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Asia-Tropis :, Kalimantan; Jawa (Jawa); Malaya (Semenanjung Malaysia) Johore:
Malesia: Semenanjung Melayu (satu koleksi Johor), Kalimantan, dan Jawa (mungkin hanya dinaturalisasi).

Penggunaan
Buah-buahan dan mungkin juga bijinya dimakan; di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan terkadang tumbuh sebagai pohon buah-buahan.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.
Lepisanthes alata secara keseluruhan adalah spesies yang agak unilorm. Hanya beberapa spesimen dari Kalimantan yang cukup menyimpang dari rata-rata dalam beberapa karakter. Di antara Endert 1702 dan Jaheri 169 3 ini dikarakteristikkan dengan ukuran yang agak besar (15-23 kali 5-7,5 cm), relatif lebar (indeks c. 3), selebaran tipis yang jelas dengan saraf agak berjarak (terpisah 1,5-2 cm). Hotta 12660 dari Brunei berbeda dalam banyak daun jugate-nya (13 pasang selebaran), tangkai daun dan rachis bulat atau datar di atas, ketentuan sangat besar (8,5 x 5 cm), dan selebaran sangat panjang dan sempit (33 x 2,2 cm, indeks c)

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Orolfo 1319 dari Sabah, jenis Otophora edulis, berbeda dalam selebaran yang agak sempit dengan saraf yang hampir tegak lurus, kelopak yang dicakar jelas dan berbulu di luar dan pada skala, dan terutama pada buah-buahnya yang besar (sekitar 4 kali 3 cm) dengan pulpa berdaging tebal (dinding ovarium sudah sangat tebal). Namun, orang harus ingat bahwa buah-buahan berdaging hampir selalu dikumpulkan mentah dan Orolfo mungkin luar biasa dalam hal ini; lebih jauh lagi, dari label tidak jelas apakah itu diambil dari spesimen liar atau mungkin beberapa kultivar.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.
Ekologi
Di dalam dan di sepanjang hutan, di tepi sungai, dll .; di tanah liat; ketinggian hingga 500 m dpl.

Penggunaan
Buah-buahan dan mungkin juga bijinya dimakan: di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan terkadang tumbuh sebagai pohon buah-buahan.

Distribusi
Semenanjung Malaysia, Jawa, Kalimantan, Filipina. Kadang juga diusahakan.

Nama lokal
Indonesia: cereme landa, ki angir (Sunda), blimbing cina (Jawa).
Malaysia: perupok.


Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh.




Lepisanthes alata (Blume) Leenh.

Lepisanthes alata (Blume) Leenh

0 Response to "Tanaman Asli Kalimantan, Lepisanthes alata (Blume) Leenh."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel