google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Caryota cumingii Lood. ex Mart - PLANTER AND FORESTER

Caryota cumingii Lood. ex Mart

Caryota cumingii Lood. ex Mart


Caryota cumingii Lood. ex Mart

Informasi Umum
Caryota cumingii adalah pohon palem hijau bertangkai soliter yang tumbuh setinggi sekitar 12 meter. Batang yang tidak bercabang berdiameter hingga 20cm, dimahkotai oleh roset daun besar.
Pohon itu dipanen dari alam liar untuk tunasnya yang dapat dimakan dan empulur di batangnya, yang digunakan secara lokal. Tanaman ini terkadang ditanam sebagai tanaman hias.

Bahaya yang Diketahui
Mesocarp (daging buah) mengandung kristal Kalsium oksalat seperti jarum yang mengiritasi.

Caryota cumingii Lood. ex Mart

Rincian Kultivasi

Tumbuh terbaik dalam posisi cerah, lembab, tetapi terkuras dengan baik.
Spesies dalam genus ini bersifat monokarpik, tumbuh selama beberapa tahun (pada beberapa spesies 15 tahun atau lebih) tanpa berbunga, tetapi kemudian berbunga dan berbuah banyak selama beberapa tahun sebelum mati.
Sebelum mencapai kedewasaan, perbungaan terpilih disiapkan untuk mengetuk dengan memukul dengan tongkat kayu dan kemudian diikat dengan tali untuk menjaga mereka dalam kondisi yang tepat. Jika memungkinkan, sejumlah perbungaan diikat menjadi satu. Ramuan herbal, garam dan abu dapat diterapkan ke ujung perbungaan. Penyadapan dimulai 3 - 4 hari kemudian dengan membuat garis miring yang halus. Wadah, biasanya sepotong bambu, digantung di bawah titik penyadapan untuk menangkap getahnya. Perbungaan dipotong lagi di pagi dan sore hari selama 3 - 4 bulan, sampai tidak ada yang tersisa.

Caryota cumingii Lood. ex Mart

Bagian yang Dimakan
Empul batang adalah sumber pati sagu. Karena batang luar sangat keras, tanaman cenderung dimanfaatkan untuk pati terutama pada saat kekurangan makanan.

Tunas apikal - dimakan sebagai sayuran. Agak pahit. Makan kuncup ini menyebabkan kematian tanaman karena tidak dapat menghasilkan cabang samping.

Kami tidak memiliki informasi spesifik untuk spesies ini, tetapi perbungaan banyak anggota genus ini (terutama spesies yang lebih tinggi) disadap dan cairan yang digunakan untuk membuat gula, minuman beralkohol dll.
Setelah panen, getah dapat direbus dalam wajan terbuka untuk menghasilkan jaggery. Jika getah dibiarkan berfermentasi selama 12 jam, ia berubah menjadi anggur pucat atau keruh dengan rasa agak asam. Balita yang difermentasi masih bisa direbus menjadi sirup kental dan dipertahankan sebagai treacle. Treacle dapat dibiarkan mengkristal untuk membentuk manisan.

Benih dapat digunakan sebagai pengunyah di tempat pinang (Areca catechu).

Penggunaan lainnya
Serat daun selubung ('kittul') dari tanaman dalam genus ini tahan lama dan sering dipanen sebagai sumber jerami, tali, dan untuk membuat sikat dan sapu.
Serat menjadi sangat lentur setelah direndam dalam minyak biji rami.
Bulu-bulu wol pada selubung daun, tangkai daun dan rachis dapat digunakan sebagai tinder atau sebagai gumpalan. Mereka juga dapat digunakan untuk mendempul perahu kayu.
Serat yang lebih halus juga dapat dipintal menjadi tali pancing atau benang kasar untuk menjahit





0 Response to "Caryota cumingii Lood. ex Mart"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel