google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pereskia bleo, Seven Star Needle, Tanaman Berkhasiat Obat yang Berbunga Indah Berwarna Orange - PLANTER AND FORESTER

Pereskia bleo, Seven Star Needle, Tanaman Berkhasiat Obat yang Berbunga Indah Berwarna Orange

Pereskia bleo, Seven Star Needle, Tanaman Berkhasiat Obat yang Berbunga Indah 

Pereskia bleo (Kunth) DC.

Tanaman Berbunga Oranye - Orange 

 Bunga Pereskia bleo

Nama Populer     : Seven Star Needle. Jarum Tujuh Bintang, Rose Cactus, Mawar 
                                          Kaktus, Leaf Cactus,  Daun Kaktus  Mawar Malaysia, Jarum tujuh
                                          bilah, Mawar Gurun -Desert rose
Nama Latin         : Pereskia bleo, Leuenbergeria bleo
Family         : Cactaceae
Origin - Daerah Asal : Panama dan Kolombia
Letak Landscape         : Tanaman Hias, Tanaman Tepi Jalan, Tanaman Pot
Tipe Tanaman Hias     : Tanaman Berbunga Indah dan Buahnya bisa dimakan
Propagasi perbanyakan : Stek, Biji 
Media Tanam     : Tanah Kebun 
Perlakuan khusus     : Pemangkasan dan Pemupukan 


Tanaman Pereskia bleo

Berawal dari pertanyaan dari salah satu pimpinan di Kalimantan Timur yang bertanya apa nama tanaman ini dan apa khasiatnya.

Hal pertama yang saya ingat, ada kawan di Kemang Pratama yang menanam Tanaman Berbunga Oranye yang indah ini.

Segera saya identifikasi dari warna bunga, bentuk daun dan bentuk buah yang kebetulan difoto oleh beliau yang tinggal di Samarinda.

Tanaman Pereskia bleo

Beliau bercerita bahwa tanamannya dibawa dari Jakarta dan informasinya berkhasiat sebagai obat.

Pereskia bleo atau Leuenbergeria bleo dideskripsikan pertama kaili sebagai Cactus bleo, dilakukan pada tahun 1828 oleh Karl Sigismund Kunth, eorang ahli botani Jerman. Beliau dikenal sebagai salah satu orang pertama yang mempelajari dan mengkategorikan tumbuhan dari benua Amerika

Tanaman berduri yang berdaun hijau mengkilat dan berbunga berwarna oranye yang indah ini memang termasuk tanaman yang saat ini sedang dikembangkan sebagai  tanaman obat.




Habutus Pereskia bleo

Habitus Tanaman Pereskia bleo
Pereskia bleo (Kunth) DC. atau Leuenbergeria bleo tumbuh seperti semak dan berbentuk pohon yang tidak terlalu tinggi.

Di Kemang Pratama ada di Kemang Pratama 1 dan tumbuh di halaman depan dengan ketinggian  sekitar 2 - 3 meter dengan diameter 2 meter dan cukup rimbun.

Menurut infomasi, tanaman ini tumbuh hingga mencapai ketinggian 8 meter dengan batang berdiameter hingga 15 sentimeter.  Cukup besar juga kalau untuk ukuran family Kaktus atau Cactaceae.

Daun Pereskia bleo

Daun Pereskia bleo
Daunnya disusun secara berselang seling di cabang dan dihubungkan dengan tangkai daun yang panjangnya mencapai sekitar 3 sentimeter. Helai daun memiliki panjang 6 hingga 20 sentimeter dan lebar 2 hingga 7 sentimeter, berbentuk elips hingga lonjong, oblong,  atau lanset lanceolate. 

Daun Muda Pereskia bleo

Lima helai daun yang memiliki tulang daun memiliki empat hingga enam, seringkali berbentuk garpu, lobus samping. 

Ukuran Daun Pereskia bleo

Batang Pereskia bleo
Batangnya berduri dan tersebar di seluruh batag. Duri-duri itu berbentuk paralel dalam bundel atau tersebar luas. Panjang Duri  di cabang mencapai lima hingga sepuluh milimeter. Sepanjang tunas utama ada hingga 40 duri per areole, masing-masing sepanjang 2 sentimeter.
Duri Pereskia bleo

Karena duri yang memenuhi hampir seluruh batannya ini, maka terkadang Si Mawar Malaysia ini penanamannya agak dijauhkan dari jangkaun anak anak.

Batang Pereskia bleo yang penuh duri


Bunga Pereskia bleo
Bunganya disusun dalam perbungaan lateral terminal. Bunga terbuka merah cerah, merah tua, merah muda salmon dan oranye-merah-merah muda mencapai diameter 4 hingga 6 sentimeter.

Kuncup Bunga Pereskia bleo

Warna bunga yang saya temui berwarna oranye orange,mendekati pink dan ada yang kuning serta kemerahan.


Bunga Pereskia bleo

Bunga Pereskia bleo


Buah Pereskia bleo
Buah Pereskia leo bentuknya sangat lucu. Seperti kerucut persegi atau bulat yang berbentuk kerucut terpotong di puncak, berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kuning saat matang. 

Buah Pereskia bleo


Buah dari Mawar Malaysia atau Jarum Bilah Tujuh, atau Daun Kaktus termasuk edible fruit alias bisa dimakan, tapi rasanya asam dan kecut.

Buah Pereskia bleo

Habitat asli dari Pereskia bleo di sungai dan sungai di Panama dan Kolombia serta di hutan sekunder, dari permukaan laut hingga ketinggian 1300 meter. Tanaman ini akan rajin berbunga jika tanah atau medianya subur.

Buah Pereskia bleo

Leuenbergeria bleo, sebelumnya Pereskia bleo,merupakan kaktus mawar - Rose Catus  atau kaktus daun - Ldaf Cactus merupakan kaktus berdaun seperti bukan tanaman kjeluarga kaktus, berasal dari hutan Amerika Tengah yang teduh dan lembab, yang tumbuh menjadi semak berkayu dan berduri setinggi sekitar 2 m dengan bunga oranye besar menyerupai bunga mawar. karena hal inilah, sehingga disebut Mawar Gurun atau Mawar Malaysia.

Ramuan Pereskia bleo

Campuran tanah kebun, kompos dan pupuk kandang sangat cocok untuk media pot atau diisikan ke lubang tanam. Jangan terlalu sering menyiram, karena Pereskia bleo adalah keluarga Kaktus meskipun sudah didomestikasi di Indonesia sebagai tanaman hias.

Manfaat dan Khasiat Pereskia bleo
Tanaman Pereskia bleo selain sebagai tanaman hias, juga berpotensi sebagai tanaman herbal yang berkhasiat obat.

Di Malaysia, tanaman yang dikenal sebagai Jarum Tujuh Bilah memiliki khasiat sebagai herbal yang sudah digunakan secara umum.

Ramuan Herbal Pereskia bleo

Pereskia bleo telah digunakan untuk berbagai keperluan baik pengobatan maupun sebagai sayuran.


Di beberapa daerah atau negara, tanaman ini digunakan sebagai bumbu makanan [1, 7].dan sebagai lalapan dimakan mentah sebagai sayuran oleh beberapa orang di Malaysia dan Cina atau diambil sebagai ramuan yang diseduh dari daun segar.

Selain itu, khasiat daun dan bunga Pereskia bleo diambil untuk detoksifikasi dan revitalisasi tubuh . Buahnya dikonsumsi oleh beberapa kelompok etnis di Panama sebagai buah yang dipetik dari hutan dan  daun Pereskia bleo secara tradisional digunakan untuk mengobati kanker, wasir, hipertensi, diabetes, infeksi, sakit lambung, sakit kepala, maag, dan kondisi peradangan seperti rematik dan asma.

Penduduk asli Kolombia telah menggunakan Pereskia bleo untuk menetralkan efek gigitan ular, untuk mengendurkan otot kejang, dan untuk meredakan nyeri otot. Terlepas dari kegunaan makanan dan obat-obatan, tanaman ini merupakan termasuk tanaman hias yang bunganya sangat indah dinikmati.
Bunga Orange Pereskia bleo

Selain itu, tanaman Pereskia bleo juga merupakan pagar penghalang yang cocok karena duri yang tajam, batang yang kuat, dan sifat penolak serangga. 

Di Amerika Tengah, Indian Kuna menggunakan daun yang dihancurkan untuk menjernihkan air minum. 
Kuncup Pereskia bleo

Ada yang menyatakan bahwa tanaman Pereskia bleo di  Daftar Merah Spesies Terancam IUCN mencantumkan spesies tersebut sebagai Sedikit Kekhawatiran (LC) atau tidak berisiko punah, mungkin karena mudahnya diperbanyak.

Sifat Farmakologis dari Pereskia bleo
  • Sifat Antiproliferatif
  • Aktivitas Antioksidan
  • Sifat Antimikroba
  • Properti Antiparasit
  • Menetralkan Racun Ular
  • Sifat Antinociceptive

beberapa tulisan jurnal ilmiah menyimpulkan ulasan komprehensif tentang Pereskia bleo  memberikan gambaran tentang karakteristik botani, penggunaan tradisional, fitokonstituen, aktivitas farmakologis, dan keamanan Pereskia  bleo. 

Ulasan saat ini menyoroti hubungan antara penggunaan tradisional tanaman dan efek antikanker, antibakteri, dan antinociceptive yang dilaporkan yang diuji dalam berbagai penelitian. 

Meskipun Pereskia bleo secara tradisional digunakan untuk berbagai tujuan terapeutik dan profilaksis, hanya sedikit yang telah diteliti. 

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari lebih lanjut aktivitas biologis dan sifat kimianya untuk memahami penggunaan tradisionalnya dan untuk mengembangkan terapi baru. 

Bunga Pereskia bleo

Memahami penggunaan tradisional, mengetahui bukti ilmiah yang tersedia, dan mengidentifikasi dalam penggunaan obat herbal yang aman dan efektif dan penemuan terapi baru. Ini juga akan membantu dalam menetapkan kebijakan dan pedoman yang tepat dalam penggunaan herbal berbahan dasar Pereskia bleo.

Berikut beberapa sinonim dari Pereskia bleo
  • Leuenbergeria bleo (Kunth) Lodé
  • Kaktus bleo Kunth
  • Pereskia bleo (Kunth) DC.
  • Pereskia corrugata Cutak
  • Pereskia cruenta Pfeiff.
  • Pereskia panamensis F.A.C.Weber
  • Rhodocactus bleo (Kunth) F.M.Knuth
  • Rhodocactus corrugatus (Cutak) Backeb.

Semoga bermanfaat
































0 Response to "Pereskia bleo, Seven Star Needle, Tanaman Berkhasiat Obat yang Berbunga Indah Berwarna Orange"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel