google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Daemonorops fissa Blume - PLANTER AND FORESTER

Daemonorops fissa Blume


Daemonorops fissa Blume

Daemonorops fissa Blume

Daemonorops adalah genus telapak tangan rotan dalam keluarga Arecaceae yang ditemukan terutama di daerah tropis dan subtropis Asia Tenggara dengan beberapa spesies memanjang hingga ke Cina selatan dan Himalaya.

Daemonorops fissa Blume


Batang Daemonorops dipanen untuk inti mereka, yang digunakan untuk segala hal mulai dari tongkat hingga furnitur. Buah-buahan dari spesies tertentu, khususnya Daemonorops draco, menghasilkan damar merah yang dikenal sebagai "Darah Naga". Benih spesies seperti Daemonorops margaritae dipanen untuk produksi tasbih Buddha.

Daemonorops fissa Blume
Benih Daemonorops yang dipoles pada mala
Polisakarida yang ditemukan di beberapa spesies Daemonorops dikenal karena sifat antikoagulan obatnya

Pembatasan revisi genus rotan Calamus (Arecaceae), - bahwa genera Ceratolobus, Daemonorops, Pogonotium dan Retispatha semuanya harus dimasukkan ke dalam konsep yang direvisi dan diperluas dari genus Calamus. Nama baru untuk spesies ini di Calamus adalah Calamus fissus (Blume) Miq.

Daemonorops fissa Blume

Daemonorops fissa adalah panjat tebing berduri yang sangat berduri, menghasilkan sekelompok batang yang tidak bercabang yang panjangnya bisa 30 meter dan berdiameter 30-40mm
Batang berebut melalui vegetasi di sekitarnya dan masuk ke kanopi pohon.
Tanaman dipanen dari alam untuk penggunaan lokal sebagai makanan dan sebagai bahan untuk penjalin dll.



Tongkat ini digunakan untuk keranjang, dll. Batangnya digunakan untuk tikar. Dari kualitas yang agak buruk, hanya digunakan secara lokal.

Daemonorops fissa Blume
Batang rotan yang panjang dan ramping digunakan untuk berbagai kegunaan sesuai dengan ukuran, panjang, fleksibilitas, elastisitas, dan ketangguhannya. Tongkat yang paling ramping dipekerjakan seluruhnya untuk tujuan mengikat, dan dalam membuat kursi, tirai, tikar, anyaman atau basketwork, peralatan memancing, dll. Memutar bersama-sama, mereka membuat kabel yang sangat kuat. Tongkat terbesar dan lebih resisten digunakan keseluruhan sebagai kabel, rangka kursi rotan dll. Biasanya, untuk banyak tujuan batang dibagi sepanjang panjangnya menjadi 2 - 4 atau lebih strip dari mana bagian rapuh dan kenyal bagian dalam lembut. dihapus dengan pisau atau instrumen lain yang sama, sehingga meninggalkan bagian luar, yang keras, tangguh, fleksibel, elastis dan permukaan luarnya sangat bersih dan halus seolah-olah telah dipernis.
Strip memiliki lebar yang bervariasi sesuai dengan penggunaannya. Yang untuk pekerjaan rumit, seperti jaringan furnitur, tas kecil, topi, dll, dari 1 - 3mm lebar; mereka yang digunakan sebagai cambuk di bangunan rumah asli atau di ikat kepala kapak Melayu yang dapat dilepas ke pegangannya adalah dari lebar 5-6 mm.

Daemonorops fissa Blume
Mengumpulkan dan menyiapkan batang sangat sederhana. Batang dipotong di dekat tanah dan terlepas dari pohon dengan memegang kuat alasnya dan dengan demikian menarik seluruh tanaman dengan daunnya. Pertumbuhan terbaru di bagian atas tanaman dihilangkan dan kemudian, dengan memegangnya dari ujung atas, batang ditarik secara paksa ke arah yang berlawanan di antara dua potong kayu, sehingga menghilangkan penutup berduri. Itu kemudian dipotong menjadi panjang sekitar 5 meter, masing-masing bagian ditekuk menjadi dua bagian yang sama dan batang diikat menjadi bundel siap dipasarkan. Batang yang paling berharga tidak lebih tebal dari jari kelingking pria dan memiliki permukaan kaca kuning kekuningan yang halus.


Daemonorops fissa Blume

0 Response to "Daemonorops fissa Blume"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel