google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Licuala rumphii (Blume) Becc. - PLANTER AND FORESTER

Licuala rumphii (Blume) Becc.

Licuala rumphii (Blume) Becc.

Habitat dan Distribusi
Sulawesi (Celebes), dan Maluku di Indonesia.

Licuala rumphii (Blume) Becc.
Deskripsi
Palem berukuran sedang, rumpun erat, yang mengembangkan batang ramping hingga setinggi sekitar 3 m. Daun yang banyak, besar, setengah lingkaran hingga bundar terdiri dari 6 hingga 10 bagian berbentuk baji.

Licuala rumphii (Blume) Becc.

Sawit pleonanthic, kecil, biasanya bertangkai multi hingga setinggi 4 m. Meninggalkan palmate; selubung berserat; bilah membentuk 3/4 untuk seluruh lingkaran, menorehkan hampir ke dasar menjadi 12-15, berurat-runcing, segmen cuneate sempit dengan puncak emarginate, segmen yang lebih besar hingga 100 cm x 7-12 cm. Antar muka perbungaan; sedikit kapak lateral, bantalan 3-4 paku tebal yang disusun secara digital sepanjang 12-15 cm; gagang bunga dengan profil tubular dan beberapa tubular peduncular tubular; bunga biseksual, sessile; calyx connate, 3-fid, glabrous; corolla dalam 3-fid, 1,5 kali lebih panjang dari kelopak, dengan alur dan punggung yang berbeda di dalamnya; benang sari 6, filamen terhubung untuk membentuk tabung 3-lobed, masing-masing lobus dengan puncak bifid; putik 3-karat, glabrous, bersatu distal untuk membentuk gaya tunggal. Buah berbiji merah mengkilap dengan sisa-sisa gaya di puncak.

Komentar dan Keingintahuan
Kegunaan: Daun muda yang digunakan untuk membungkus rokok, untuk tujuan yang bundel segmen daun direndam dalam air panas, dikelantang di bawah sinar matahari, dan ditumbuk dan dihaluskan pada pot yang dipanaskan sampai menjadi putih. Potongan halus daun muda kadang-kadang dicampur dengan opium, mungkin karena baunya. Segmen sentral terluas digunakan untuk membungkus buah-buahan dan makanan lainnya. (Sumberdaya Tumbuhan Asia Tenggara)

Tanaman ini disebutkan dalam Ambonese Herbal, katalog 1657 tanaman obat Ambon, sebuah pulau di kepulauan Indonesia saat ini. Itu adalah panduan untuk 1.300 tanaman yang digunakan untuk mengobati penyakit di Indonesia abad ke-17, yang disusun oleh seorang karyawan Perusahaan Hindia Belanda. Dikatakan L. rumphii digunakan untuk mengobati tuberkulosis dan kolitis, dan para peneliti medis modern sekarang melihatnya sebagai sumber yang mungkin untuk obat antibiotik, antidiare, dan anti-infeksi. (PACSOA)

Sebuah telapak tangan kipas berukuran sedang dan padat dari Sulawesi (Celebes) dan Maluku di Indonesia yang akan menumbuhkan batang ramping setinggi sekitar 3 m (10 kaki). Banyaknya, daun besar berbentuk setengah lingkaran hingga bundar dan hanya memiliki enam hingga sepuluh segmen besar berbentuk baji. Celebes Fan Palm bekerja dengan baik di bawah naungan dan sinar matahari penuh di iklim subtropis tropis atau bebas es. Kekokohan dan ukurannya yang wajar menjadikannya pohon palem yang ideal untuk taman rumah.

Tanaman ini telah digunakan untuk mengobati TBC dan radang usus.
Tanaman sedang diteliti sebagai sumber yang mungkin untuk obat antibiotik, antidiare, dan anti-infeksi

Bagian tengah terluas dari daun muda digunakan untuk membungkus buah-buahan dan makanan lainnya

Daun-daun muda telah digunakan untuk membungkus rokok, untuk tujuan yang bundel segmen daun direndam dalam air panas, dikelantang di bawah sinar matahari, dan ditumbuk dan dihaluskan pada pot yang dipanaskan sampai menjadi putih
Potongan-potongan halus daun muda telah dicampur dengan opium, mungkin karena baunya


Licuala rumphii (Blume) Becc.

0 Response to "Licuala rumphii (Blume) Becc."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel