google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre - PLANTER AND FORESTER

Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre

Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre
Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre


Magnolia vrieseana adalah spesies pohon dari keluarga Magnoliaceae yang endemik di Indonesia, terjadi di Sulawesi dan Maluku.
Magnolia vrieseana adalah pohon besar yang selalu hijau dengan daun spiral dan terminal panjang yang meninggalkan bekas luka melingkar saat jatuh. Bunga-bunga ditumbuhkan pada tunas pendek di axils daun dan memiliki kelopak krem atau putih.
Kayu dari tanaman ini banyak dicari di Sulawesi dan sering digunakan untuk membuat ukiran oleh orang Toraja.
Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre




Cempaka hutan kasar adalah salah satu tanaman identitas Indonesia.

Bunga ini merupakan flora endemik khas Sulawesi.Persebaran cempaka hutan kasar meliputi daerah Sulawesi dan Maluku.


Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre


Nama ilmiah cempaka hutan kasar adalah Elmerrillia ovalis. Tumbuhan ini termasuk dalam suku magnoliaceae dan keluarga Elmerrillia.Nama tumbuhan ini memiliki beberapa sinonim yaitu Elmerrillia ovalis (Miq.) Dandy, Elmerrillia vrieseana (Miq.) Dandy, Magnolia ovalis (Miq.) Figlar, Talauma ovalis Miq., dan Talauma vrieseanaMiq.


Morfologi

Cempaka hutan kasar adalah tumbuhan yang berjenis tanaman berkayu.Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 45 meter dengan diameter pangkal batang dapat mencapai 2 meter.Tumbuhan cempaka hutan kasar mempunyai batang yang lurus dan berwarna coklat muda serta pada bagian tertentu ada kulit pohon yang mengelupas.Batang tumbuhan ini berbentuk silinder.

Cempaka hutan kasar memiliki daun berjenis daun tunggal, disebut daun tunggal karena setiap tangkai daunnya hanya menyokong satu buah daun saja.Bagian daun cempaka hutan kasar terdiri dari helaian daun dan tangkai daun Tangkai daunnya hanya pendek dibagian pangkal daun. Daun jenis cempaka ini berbentuk lonjong. Bagian permukaan bawah daun cepaka hutan kasar terdapat bulu-bulu halus yang merata. Tulang daun cempaka hutan kasar memiliki struktur menyirip. Bagian pangkal daun tumbuhan ini tidak bertoreh.

Bunga cempaka hutan kasar terdiri dari tangkai bunga, mahkota bunga, dan alat perkembangbiakan. Warna mahkota bunga berwarna kuning atau putih dengan jumlah kelopak bunya sebagaian besar ganjil.Cempaka hutan kasar memiliki buah dengan bentuk lonjong dan terdapat empat biji pada setiap buah yang dimilikinya. Tumbuhan ini berkembangbiak secara generatif menggunakan biji.

Spesies ini dikenal sebagai "uru" di daerah sekitar Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah. Di Minahasa, nama Indonesia adalah "cempaka hutan kasar" yang berarti "cempaka hutan berbutir kasar" dan menyinggung keberadaan alami spesies ini sebagai lawan cempaka yang dibudidayakan dan kayu berbutir kasarnya dibandingkan dengan "cempaka hutan halus" (" hutan halus-cempaka ", Magnolia tsiampacca), spesies umum lainnya dengan kayu berharga di Sulawesi.















0 Response to "Magnolia vrieseana (Miq). Baill ex Pierre"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel