google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Phoenix pusilla Gaertn. - PLANTER AND FORESTER

Phoenix pusilla Gaertn.


Phoenix pusilla Gaertn.

Phoenix pusilla Gaertn.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: Angiospermae
Clade: Monocots
Clade: Commelinids
Pesanan: Arecales
Keluarga: Arecaceae
Genus: Phoenix
Spesies: P. pusilla
Nama binomial
Phoenix pusilla
Roxb.

Phoenix pusilla Gaertn.


Phoenix pusilla (pusilla, Latin, mungil atau lemah) atau Ceylon kurma adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga palem, endemik ke India selatan dan Sri Lanka (sebelumnya Ceylon), mereka ditemukan di dataran rendah, pegunungan dan bukit. Tidak lebih tinggi dari 5 m, spesies ini biasanya bertangkai tunggal tetapi rumpun memang terjadi secara alami. Pada diameter 25 cm, batang ditutupi dengan bekas daun-dasar yang berbeda, membentuk pola 'anyaman'. Batangnya yang dapat dibedakan telah menjadikannya populer dalam kultivasi. Mereka toleran terhadap kekeringan dan tumbuh lambat.

Di Sri Lanka, tanaman ini dikenal sebagai Indi-gaha,. Nama ini kemungkinan besar berasal dari "indo", yang berarti "asal India". Namun nama-nama Malayalam, Telegu dan Tamil-nya juga mengandung intu atau ita ending. Dalam bahasa Hindi dikenal sebagai Palavat, dan dalam bahasa Malayalam disebut Chiteental.

Sifat obat
Tanaman menenangkan vataated vata, pitta, sensasi terbakar, demam, kelemahan jantung, tukak lambung dan kelemahan umum.

Habitat dan Distribusi
Sri Lanka dan Ghats Timur Tamil Nadu dan wilayah selatan Kerala di India.

Roxburgh (1832) menggambarkan P. farinifera (= P. pusilla) sebagai 'asli tanah kering dan tandus, terutama dari tanah berpasir yang agak jauh dari laut dekat Coringa (pantai Coromandel di India timur selatan)'. Namun, P. pusilla tidak terbatas pada daerah pantai di India tetapi juga ditemukan di pedalaman di pinggiran rawa-rawa dan mengangkat tepian di sepanjang perbatasan sawah, hingga ketinggian 700 m. Di Sri Lanka, P. pusilla ditemukan di dataran rendah kering di utara dan timur (di mana sebelumnya disebut sebagai P. farinifera Roxb.), Dan dataran rendah yang lebih basah dan negara pegunungan di barat daya hingga ketinggian 500 m (di mana sebelumnya disebut sebagai P. zeylanica Trimen)


Phoenix pusilla Gaertn.

Deskripsi
Palem soliter atau berkelompok. Batang setinggi 6 m dan diam 30 cm. Berdaun hingga 3 m; pseudopetiole dengan panjang 70 cm x lebar 1,5 - 3 cm di pangkal, dibulatkan secara abax; selubung daun berserat, coklat kemerahan; dasar daun persisten, berorientasi vertikal pada batang, c. Lebar 8 cm di pangkalan; acanthophylls disusun secara individual dalam satu atau lebih bidang orientasi, sekitar 7 - 18 pada setiap sisi rachis, kuning-hijau, sangat tajam, hingga 11 cm; selebaran kurang lebih tersusun tidak beraturan, berbentuk empat sisi secara proksimal, sekitar 30 - 100 pada setiap sisi rachis, berbentuk spathulate memanjang dengan apeks yang sangat tajam, seperti jarum, dengan panjang 10 - 45 x 0,5 - 3 cm; leaflet bergabung dengan rachis yang ditandai dengan pulvinus kuning-oranye; lamina berwarna, gelap, hijau mengkilap, dan lentur dalam tekstur. Staminate perbungaan tegak; profil coriaceous, 12 - 30 x 4 - 8 cm; tangkai panjang 5 - 25 cm; rachilla diatur dengan sudut lebar ke arah rachis, sekitar 50 - 70 jumlahnya, hingga 21 cm. Bunga-bunga staminate bulat telur, kuning-putih; tinggi kelopak 1 - 1,5 mm; kelopak 4 - 5 x 2 - 3 mm bulat telur, dengan apeks bundar. Perbungaan putik tegak, melengkung pada saat kematangan buah; profil coriaceous, membelah dua kali, 17 - 41 x 2,5 - 5,5 cm; tangkai sekitar 25 - 75 cm; rachillae 20 - 120 jumlahnya, hijau oranye, panjang 4 - 30 cm. Bunga pistillate sebagian besar di bagian distal rachilla; tinggi kelopak ke 1,2 mm; kelopak 2 x 3 - 4 mm. Buah ovoid, 11 - 15 x 5 - 8 mm, matang dari hijau menjadi merah menjadi ungu-hitam, berdaging sedang, manis. Ovoid biji dengan apeks bundar, berwarna merah muda kecoklatan ketika segar, mengeringkan cokelat kastanye, 8 - 12 x 6 mm, dengan intrusi testa di daerah raphe (postament) sering berbentuk Y di bagian melintang; embrio lateral yang berlawanan raphe; endosperma homogen
Sinar matahari penuh, posisi mengalir dengan baik di daerah tropis sampai daerah beriklim hangat. Frost dan tahan garam.

Komentar dan Keingintahuan
Kegunaan: Leaflet P. pusilla, yang pernah dilepas dari pelepahnya, direbus dan dikeringkan, digunakan untuk berbagai produk tenunan di Sri Lanka selatan dan barat (De Zoysa, cetak). Buah-buahan manis sering dimakan oleh anak-anak

0 Response to "Phoenix pusilla Gaertn."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel