google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl, Pecut Kuda - PLANTER AND FORESTER

Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl, Pecut Kuda


Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl


Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl

Stachytarpheta cayennensis adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga verbena yang dikenal dengan banyak nama umum dalam bahasa Inggris, termasuk snakeweed biru, snakeweed Cayenne, snakeweed biru tua, bluetop, porterweed daun-daun, rattail, vervain daun kasar, rattail, vervain palsu daun kasar, ekor tikus biru , Teh Brasil, Cayenne vervain, verbena palsu, joee, nettleleaf velvetberry, dan Cayenne porterweed. Nama-nama dalam bahasa lain termasuk honagasō (Jepang), gervão-urticante (Portugis Brasil), piche de gato, rabo de zorro (Spanyol), herbe á chenille, herbe bleue, antrian de rat (Prancis), ōi, ōwī (Hawaiian), dan tiāki (Māori). Ini asli ke Amerika, dari Meksiko selatan melalui Amerika Tengah dan Selatan ke Argentina, serta banyak pulau di Karibia. Ini dikenal di banyak bagian lain dunia sebagai spesies yang diperkenalkan, termasuk wilayah di Afrika, India, Indonesia, Australia, Florida di Amerika Serikat, dan banyak Kepulauan Pasifik. Distribusinya sekarang dianggap pantropis. Di banyak tempat, seperti Kaledonia Baru , telah menjadi spesies invasif.

Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl

Tanaman ini adalah ramuan abadi atau semak yang tumbuh hingga 2 atau 2,5 meter. Memiliki batang yang lurus dan bercabang, terkadang dengan pangkal kayu. Daun diatur sebaliknya. Pisau memiliki panjang hingga 8 hingga 10 cm, berbentuk oval dengan tepi bergigi tajam, dan bertekstur kasar atau kusut pada permukaan atas. Perbungaannya adalah lonjakan yang sangat sempit hingga 40 hingga 45 sentimeter yang ditutupi oleh bracts yang runcing. Corolla bunga mekar sesekali dari sela-sela bracts. Bunganya berwarna ungu tua hingga lavender dengan pusat pucat, dan tanaman berbunga putih diketahui. Bunga-bunga bertahan satu hari sebelum layu.  Pabrik itu dinamai Cayenne, ibu kota Guyana Prancis.

Di beberapa tempat tanaman ini dinaturalisasi secara sederhana. Ini bisa berupa gulma biasa, "preman kebun", hama tanaman, atau spesies invasif dengan efek pada ekosistem lokal. Ini disesuaikan dengan baik untuk lahan terganggu, dibudidayakan, dan terbuang. Tumbuh di padang rumput, di lahan pertanian, dan di pinggir jalan. Di ladang yang digembalakan, ia merambat dengan cepat karena hewan ternak merasa tidak enak, menghindarinya, dan secara selektif menggembalakan tanaman lain. Di daerah hujan dapat membentuk lapisan tebal, tetapi mudah bertahan di daerah kering.

Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl

Di Florida, Stachytarpheta ini sering dikacaukan dengan spesies asli yang berkaitan erat, S. jamaicensis. Ini memiliki tampilan bunga yang menarik yang menarik kupu-kupu; dalam kisaran aslinya diamati untuk menarik 98 spesies yang berbeda. Ini keliru dijual sebagai hias asli, ditanam, dan dibiarkan memegang. Ia kemudian berpotensi menjadi gulma yang berbahaya. Hibrida dari dua spesies juga terjadi ketika diperkenalkan. Penanaman yang disengaja untuk tujuan hias adalah cara yang umum bahwa tanaman ini menyebar. Ini juga diperkenalkan ketika benih diangkut dalam limbah kebun, air hujan, pakan ternak, dan pengiriman benih yang terkontaminasi, dan pada kendaraan.

Metode kontrol termasuk menjaga tanaman ditebang atau menariknya ke atas, berhati-hati untuk menghilangkan akar besar. Herbisida seperti glifosat digunakan.

Tanaman ini memiliki beberapa kegunaan dalam pengobatan tradisional. Beberapa orang Amerika Latin mengenali ekstrak tanaman sebagai pengobatan untuk meringankan gejala malaria. Jus rebus atau teh yang terbuat dari daun atau seluruh tanaman diambil untuk meredakan demam dan gejala lainnya. Ini juga digunakan untuk gangguan disentri, nyeri, dan hati. Teh daun diambil untuk membantu mengendalikan diabetes di Peru dan daerah lainnya. Tes laboratorium menunjukkan bahwa tanaman tersebut memiliki sifat anti-inflamasi






0 Response to "Stachytarpheta cayennensis (L.C, Rich) Vahl, Pecut Kuda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel