google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Livistona decora - PLANTER AND FORESTER

Livistona decora


Livistona decora 

Livistona decora

Livistona decora adalah spesies palem endemik di hutan sclerophyll di Queensland, Australia. Itu hanya diketahui dari Pulau Magnetic di dekat Kota Townsville, dan selatan di sepanjang pantai sejauh Pantai Rainbow. Spesies ini sekarang banyak dibudidayakan di daerah kering di seluruh dunia sebagai tanaman hias.

Tinggi Livistona hingga 18 m. Daun adalah costapalmate dengan tangkai daun hingga 300 panjang, dengan duri hitam di sepanjang margin. Panjang perbungaan mencapai 350 cm, menghasilkan buah hitam mengkilap hingga diameter 20 mm.

Lokasi : Kebun Raya Bogor

Habitat dan Distribusi

Australia, endemik. Queensland. Dari Magnetic Is. dekat Townsville, selatan ke Tewantin dan Rainbow Beach.

Livistona decora 

Paling umum di dataran rendah pesisir dan dekat-pantai di koloni padat besar atau dalam kelompok yang tersebar, di hutan terbuka, hutan hujan pesisir dan hutan hujan kering pada ketinggian rendah hingga sedang, dan dengan populasi pedalaman terisolasi pada ketinggian sedang yang terkait dengan mata air permanen atau aliran musiman, 0 -550 m. alt. .
Livistona decipiens tumbuh di sepanjang tepi hutan, dalam perlindungan parit dan di rawa dekat laut.

Deskripsi
"Leaflet pada pelepah sangat tipis dan seperti pita memberi telapak tangan ini penampilan yang unik dan hampir menangis. Tangkai daun tua akhirnya jatuh memperlihatkan cincin menarik yang tersisa dari dasar tangkai daun tua."

Palem  fungsional dioecious. Batang setinggi 18 m, 25-30 cm. 

dalam diam. tinggi payudara, bekas luka daun sempit, ruas lebar sampai 30 cm. 
lebar, halus, coklat di bagian yang baru terbuka, berwarna abu-abu karena usia, dengan celah vertikal dangkal, tangkai daun sering dipertahankan di pangkal batang. 

Daun 30-60 dalam mahkota ± globose; tangkai daun 150-280 cm. panjangnya, 18-24 mm. lebar, adaxially datar atau sedikit cekung, hijau di seluruh, margin dengan duri hitam melengkung tunggal hingga 20 mm. panjang di bagian proksimal; serat pangkal daun cukup menonjol, kasar, terurai; lamina costapalmate, tersegmentasi secara teratur, ± garis melingkar, 120-185 cm. panjang, coriaceous, adaxially hijau terang, hijau abaxially lebih ringan, segmen diperpanjang sepanjang costa; lamina dibagi untuk 82-88% dari panjangnya, dengan 70-84 segmen, kedalaman celah apikal 44-54% dari panjang segmen, lobus apikal terjumbai; vena paralel 6-7 setiap sisi pelepah; vena transversal lebih tipis dari vena paralel. 

Perbungaan tidak bercabang di pangkalan, tidak dimorfik secara seksual, 100-350 cm. panjang, tidak melampaui batas mahkota, bercabang menjadi 4 pesanan; 8-13 perbungaan parsial; perbungaan sebagian terpanjang hingga 110 cm, masing-masing dengan satu rachis bract; profil 37 cm. panjangnya, 11-16 cm. lebar, berkayu; kurang dari peduncular bract; rachis bracts glabrous hingga papillate jarang; rachis primer bract longgar selubung, apikal fibrous-lacerate, bracts menundukkan cabang perbungaan parsial pada dasarnya tubular, menjadi bersayap distal, apex menunjuk; di perbungaan parsial paling distal ada 2 sisa vestigial di pangkalan; tangkai kurang lebih terete, 6 cm. lebar di pangkalan, gundul; rachillae 5-20 mm. panjang, papillose. Bunga soliter atau dalam kelompok 2-6, berbentuk corong, 1,5-2 mm. panjang, kuning; sepal ovate-triangular, sekitar 1,3 mm. panjang, selaput, tumpul; kelopak secara luas bulat telur, 1,5-1,8 mm. panjang, berdaging, tumpul; benang sari sekitar 1,5 mm. panjang. 

Buah bundar, 12-18 mm. dalam diam., hitam mengkilap; epicarp dengan pori-pori lentiseluler yang tersebar; garis jahitan memanjang sekitar ½ panjang buah; mesocarp 1-3 mm. tebal, kenyal, lembab, serat dikumpulkan ke arah endokarp; endocarp tipis, rapuh; pedicel sampai 2 mm. panjang; Benih menggumpal, sekitar 10 mm. lebar; intrusi ½-¾ melintasi endosperma.

0 Response to "Livistona decora "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel