google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus - PLANTER AND FORESTER

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Pelikan Australia, The Australian pelican,  Pelecanus conspicillatus adalah burung air besar, a large waterbird,  dalam famili Pelecanidae, tersebar luas di perairan pedalaman dan pesisir Australia dan New Guinea, juga di Fiji, sebagian Indonesia dan sebagai gelandangan di Selandia Baru. Ini adalah burung yang didominasi warna putih dengan sayap hitam dan paruh merah muda. Burung ini tercatat memiliki paruh terpanjang dari semua burung yang hidup. Ini terutama makan ikan, tetapi juga akan memakan burung dan mengais sisa jika ada kesempatan.

Nama Populer - Pop name       Pelikan Australia, The Australian pelican,
Nama Latin - Latin Name        Pelecanus conspicillatus
Family                           :  
Origin - Daerah Asal              

Ciri khas                                  ::  
Keunikan                                  : 
Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa Pelecanus conspicillatus

Habitat Satwa Pelecanus conspicillatus

Habitat  Pelikan Australia Spesies ini dapat hidup di hamparan luas di daratan Australia dan Tasmania. Pelikan Australia hidup terutama di perairan terbuka yang luas tanpa vegetasi air yang lebat. Habitat yang dapat mendukungnya antara lain danau besar, waduk, billabong dan sungai, serta muara, rawa, daerah tergenang sementara di zona kering, saluran drainase di lahan pertanian, kolam penguapan garam dan laguna pantai. Lingkungan sekitar tidak penting: bisa berupa hutan, padang rumput, gurun pasir, dataran lumpur muara, taman kota hias, atau gurun industri, asalkan ada perairan terbuka yang dapat mendukung pasokan makanan yang cukup. Namun, mereka tampaknya lebih menyukai area di mana gangguan relatif rendah saat berkembang biak. Mereka mungkin juga bertengger di dataran lumpur, gundukan pasir, pantai, terumbu karang, dermaga dan tiang pancang

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Penyebaran Satwa Pelecanus conspicillatus

Penyebaran Spesies ini pertama kali diketahui terjadi di Selandia Baru dari spesimen yang ditembakkan di Yerusalem pada tahun 1890 dan sejumlah kecil tulang subfosil, yang pertama kali ditemukan di Danau Grassmere pada tahun 1947, diikuti oleh catatan individu tersesat lainnya. Tulang-tulang itu kemudian dideskripsikan sebagai (sub) spesies baru, Pelecanus (conspicillatus) novaezealandiae (Scarlett, 1966: "pelikan Selandia Baru") New Zealand pelican karena mereka tampak lebih besar, tetapi Worthy (1998), meninjau materi baru, menentukan bahwa mereka tidak dapat dipisahkan dari penduduk Australia. Fosil ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930.

Pelikan Australia tidak mengikuti jadwal pergerakan reguler tertentu, hanya mengikuti ketersediaan persediaan makanan. Kekeringan sering kali mendahului pergerakan. Ketika Danau Eyre yang biasanya tandus terisi selama 1974 hingga 1976, misalnya, hanya segelintir burung pelikan yang tersisa di sekitar kota-kota pesisir: ketika danau-danau pedalaman yang besar mengering kembali, populasinya menyebar sekali lagi, ribuan kawanan terlihat di pantai utara. Pada beberapa kesempatan, mereka tertiup angin ke lokasi baru. Ini adalah pengunjung yang cukup teratur ke pantai selatan New Guinea, serta Kepulauan Bismarck dan Kepulauan Solomon. Itu terjadi sebagai gelandangan ke Pulau Christmas, Vanuatu, Fiji, Palau dan Selandia Baru. Gangguan populasi terjadi pada tahun 1978 di Indonesia, dengan pelikan Australia mencapai Sulawesi, Jawa dan mungkin juga Sumatera

Morfologi Satwa Pelecanus conspicillatus

Morfologi Pelikan AustraliaPelikan Australia berukuran sedang menurut standar pelikan, dengan lebar sayap 2,3 hingga 2,6 m. Beratnya bisa berkisar dari 4 hingga 13 kg, meskipun sebagian besar pelikan ini memiliki berat antara 4,54 dan 7,7 kg. Berat rata-rata empat pelikan Australia tanpa kelamin adalah 5,5 kg, menjadikannya spesies burung terbang Australia terberat secara rata-rata, meskipun pejantan dari bustard Australia yang lebih dimorfik secara seksual memiliki berat rata-rata dan bobot yang sedikit lebih tinggi (kedua burung, tentu saja, jauh lebih kecil dari kasuari dan emu).

Paruh pucat dan merah muda sangat besar, bahkan menurut standar burung pelikan, dan merupakan paruh terbesar di dunia unggas. Paruh berukuran rekor adalah panjang 50 cm.
Betina sedikit lebih kecil dengan paruh yang lebih kecil, yang dapat berukuran sekecil 34,6 cm saat dewasa. Total panjangnya ditambah dengan paruh menjadi 152–188 cm, yang membuatnya berada di samping pelikan Dalmatian sebagai pelikan terpanjang. Ia memiliki paruh terbesar dari semua burung.
 
Pelikan menunjukkan panjang paruh dan ukuran kantong
Secara keseluruhan, pelikan Australia didominasi warna putih. Ada panel putih di sayap atas dan V putih di pantat dengan warna hitam di sepanjang pemilihan pendahuluan. Selama masa pacaran, kulit orbital dan bagian distal dari paruh berwarna oranye dengan kantung berubah menjadi biru tua, merah muda dan merah tua. Burung dewasa yang tidak kawin memiliki paruh dan lingkaran mata berwarna kuning pucat dan kantong berwarna merah muda pucat. Burung remaja mirip dengan burung dewasa, tetapi dengan warna hitam diganti dengan warna coklat dan bercak putih di sayap atas berkurang. Secara keseluruhan, penampilan mereka agak mirip dengan beberapa pelikan lainnya, meskipun spesiesnya alopatrik

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus

Perilaku Makan Satwa Pelecanus conspicillatus

Perilaku makan Pelikan Australia makan dengan menyelam sambil berenang di permukaan air. Mereka bekerja dalam kelompok untuk mengarahkan ikan ke perairan yang lebih dangkal, di mana mereka memasukkan uang sensitif mereka untuk merebut mangsanya. Beberapa tempat makan di perairan besar telah memasukkan hingga 1.900 individu burung. Kadang-kadang mereka juga mencari makan sendirian.

Mangsa utama mereka adalah ikan dan mereka biasanya memakan spesies pendatang seperti ikan mas, ikan mas Eropa, dan ikan bertengger Eropa. Jika memungkinkan, mereka juga memakan ikan asli, dengan preferensi yang tampak seperti Leiopotherapon unicolor bertengger.

Namun, pelikan Australia tampaknya bukan piscivora, piscivore  dan rasanya lebih sopan daripada pelikan lainnya. Ia secara teratur memakan serangga dan banyak krustasea air, terutama yabby umum dan udang dari genus Macrobrachium. Pelikan ini juga mengambil burung lain dengan frekuensi tertentu, seperti burung camar perak, ibis putih Australia, dan teal abu-abu, termasuk telur, anak burung, burung layang-layang, dan burung dewasa, yang dapat mereka bunuh dengan menjepitnya di bawah air dan menenggelamkannya.
Reptil dan amfibi juga diambil jika tersedia. Kabarnya bahkan anjing kecil telah tertelan. Pelikan Australia adalah kleptoparasit sesekali dari burung air lainnya, seperti burung kormoran. Kanibalisme pelikan muda juga telah dilaporkan

Perilaku Reproduksi Satwa Pelecanus conspicillatus
Perilaku Reproduksi Pelikan Australia,   Pelikan Australia mulai berkembang biak pada usia dua atau tiga tahun. Musim kawin bervariasi, terjadi pada musim dingin di daerah tropis (utara 26 ° S) dan musim semi di bagian selatan Australia. Perkembangbiakan dapat terjadi kapan saja setelah curah hujan di daerah pedalaman.

Sarangnya adalah cekungan dangkal di tanah atau pasir, terkadang dengan lapisan rumput. Platform berumput dibangun di Danau Alexandrina di Australia Selatan. Jarang, sarang yang sedikit lebih rumit juga ditemukan di atas semak Muehlenbeckia florulenta.

Bersarang bersifat komunal, dengan koloni yang terletak di pulau-pulau (seperti Pulau Peron Utara) atau daerah terlindung di sekitar danau atau laut. Pelikan Australia yang berkembang biak akan menghasilkan satu hingga empat (biasanya dua) telur putih kapur berukuran 93 mm × 57 mm, yang sering tampak tergores dan kotor.

Telur diinkubasi selama 32 hingga 35 hari. Anak burung pelikan yang belum berbulu saat menetas, meski dengan cepat menumbuhkan bulu abu-abu. Setelah mereka menetas, yang lebih besar akan diberi makan lebih banyak, dan yang lebih kecil pada akhirnya akan mati karena kelaparan atau saudara kandung. Untuk dua minggu pertama anak ayam akan diberi cairan muntahan, tetapi untuk dua bulan sisanya akan diberi makan ikan dan beberapa invertebrata. Polong makan terbentuk di dalam koloni saat anak ayam berumur sekitar 25 hari. Pelikan muda menjadi dewasa sekitar usia tiga bulan.

Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus
Klasifikasi Satwa Pelecanus conspicillatus
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Pelecaniformes
Family: Pelecanidae
Genus: Pelecanus
Species: Pelecanus conspicillatus
Binomial name
Pelecanus conspicillatus Temminck, 1824

Status Konservasi Pelecanus conspicillatus

Pelikan Australia tidak terancam secara global. Mereka biasanya cukup umum di habitat yang sesuai. Pada genangan sementara Danau Eyre pada Maret 1990, lebih dari 200.000 burung dewasa ditemukan sedang berkembang biak. Spesies ini dilindungi secara hukum dan tampaknya tidak menunjukkan efek merugikan langsung dari polusi.

Di beberapa daerah, seperti pantai di Monkey Mia, Australia Barat dan di The Entrance, New South Wales, pelikan mungkin berasosiasi dengan manusia dan bahkan mungkin meminta bantuan, tetapi mereka cukup sensitif terhadap gangguan manusia saat bersarang. Mereka akan dengan mudah beradaptasi dengan badan air buatan seperti waduk selama tidak ada perahu biasa di dalamnya. Karena popularitas olahraga air terbuka, habitat pelikan Australia menderita jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lebih banyak lahan basah yang bervegetasi di seluruh Australia. Pelikan Australia dievaluasi sebagai spesies yang paling tidak diperhatikan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN. The Australian pelican is evaluated as a least-concern species on the IUCN Red List of Threatened Species.

Lokasi Pemotretan Satwa Pelecanus conspicillatus

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus







0 Response to "Pelikan Australia, The Australian pelican, Pelecanus conspicillatus"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel