google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu, spesies burung hantu ikan terkecil. - PLANTER AND FORESTER

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu, spesies burung hantu ikan terkecil.

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu, spesies burung hantu ikan terkecil. 

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

"Burung hantu ikan buffy Ketupa ketupu, memiliki jumbai telinga yang menonjol di sisi kepala. Bulu sayap dan ekornya memiliki garis-garis lebar berwarna kekuningan dan coklat tua." 

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu
The buffy owl ikan, Buffi Fish Owl, Ketupa ketupu, juga dikenal sebagai burung hantu ikan Melayu Malay fish owl, adalah burung hantu ikan alias Fish Owl dalam keluarga Strigidae . Ini asli Asia Tenggara dan hidup terutama di hutan tropis dan lahan basah. Karena distribusinya yang luas dan populasi yang diasumsikan stabil, ia terdaftar sebagai Kekhawatiran Terkecil di Daftar Merah IUCN sejak 2004

Nama Populer - Pop name    :  Beluk Ketupa, Buffy Fish Owl, Malay Fish Owl, Burung Hantu Ikan
Nama Latin - Latin Name        Ketupa ketupu (Horsfield, 1821)
Family                           Strigidae
Origin - Daerah Asal                 : Asia, Indonesia, Malaysia
Ciri khas                                     :  burung hantu ikan buffy memiliki jumbai telinga yang menonjol di sisi kepala
Keunikan                                     :  Pemakan ikan yang malas untuk menyelam, alias lebih suka mencuri ikan di kolam peliharaan

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa  Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl,

Habitat Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Habitat  Burung Hantu Beluk Ketupa mendiami hutan tropis dan lahan basah air tawar di dekat sungai, danau, dan situs budidaya hingga ketinggian 1.600 m (5.200 kaki). Ia juga tinggal di perkebunan, dan taman pedesaan dan perkotaan

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Penyebaran Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Penyebaran Burung hantu ikan kerbau didistribusikan dari Bangladesh , Myanmar, Thailand, Malaysia dan Singapura ke Kamboja , Laos , Vietnam , dan Kepulauan Sunda . Di Pulau Cocos (Keeling) , tidak berbiak. 

Asia Tenggara dan hidup terutama di hutan tropis dan lahan basah. Karena distribusinya yang luas dan populasi yang diasumsikan stabil, ia terdaftar sebagai Kekhawatiran Terkecil di Daftar Merah IUCN sejak 2004

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Morfologi Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Morfologi Burung hantu ikan buffy berwarna coklat kekuningan dengan bulu coklat tua di punggungnya. Wajahnya lebih pucat dan alisnya berwarna coklat muda. Dengan ukuran dewasa 40 hingga 48 cm dan berat 1.028 hingga 2.100 g, ini adalah spesies burung hantu ikan terkecil. 

Baca juga :

Seperti semua burung hantu ikan, burung hantu ikan buffy memiliki jumbai telinga yang menonjol di sisi kepala. Bulu sayap dan ekornya memiliki garis-garis lebar berwarna kekuningan dan coklat tua. Bentuk sayapnya sangat bulat. Bagian bawahnya berwarna coklat kekuningan, kaya kekuningan atau kemerahan dengan garis-garis lebar kehitaman. Kakinya yang panjang tidak berbulu

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Burung hantu ikan memiliki cakar yang besar, kuat, dan melengkung serta lunas yang tajam membujur di bawah cakar tengah dengan semua memiliki ujung tajam yang sangat mirip dengan burung hantu elang. 

Tidak seperti burung pemangsa diurnal pemakan ikan, mereka tidak menenggelamkan bagian mana pun dari tubuh mereka saat berburu, lebih suka hanya meletakkan kaki mereka di air, meskipun burung hantu ikan mengarungi perairan dangkal. 
Bulu burung hantu ikan tidak lembut saat disentuh dan tidak memiliki sisir dan pinggiran seperti rambut pada bulu primer, yang memungkinkan burung hantu lain terbang diam-diam untuk menyergap mangsanya. Karena kurangnya spesialisasi bulu ini, ketukan sayap burung hantu ikan mengeluarkan suara. 

Kurangnya cakram wajah yang dalam pada burung hantu ikan merupakan indikasi lain dari tidak pentingnya suara relatif terhadap penglihatan pada burung hantu ini,karena kedalaman cakram wajah (serta ukuran telinga bagian dalam) berhubungan langsung dengan pentingnya suara bagi perilaku berburu burung hantu. Juga berbeda dari kebanyakan jenis burung hantu lainnya, paruh ditempatkan di wajah di antara mata bukan di bawahnya, yang dikatakan memberi burung hantu ikan ini dengan "ekspresi yang sangat murung dan menyeramkan". 

Adaptasi serupa, seperti keengganan untuk menyelam di luar kaki mereka dan kurangnya bulu yang meredam suara juga terlihat pada burung hantu pemancing Afrika, yang tampaknya tidak terkait langsung. Karena pergantian yang rapi satu sama lain dalam jangkauan, pada suatu waktu burung hantu ikan kuning kecoklatan dan buffy dianggap spesies yang sama tetapi ada sejumlah perbedaan fisik, anatomis, habitat, dan perilaku di antara mereka.tagihan ditempatkan di wajah di antara mata daripada di bawahnya, yang dikatakan memberi burung hantu ikan ini dengan "ekspresi yang sangat murung dan menyeramkan". Adaptasi serupa, seperti keengganan untuk menyelam di luar kaki mereka dan kurangnya bulu yang meredam suara juga terlihat pada burung hantu pemancing Afrika, yang tampaknya tidak terkait langsung. 

Karena pergantian yang rapi satu sama lain dalam jangkauan, pada suatu waktu burung hantu ikan kuning kecoklatan dan buffy dianggap spesies yang sama tetapi ada sejumlah perbedaan fisik, anatomis, habitat, dan perilaku di antara mereka.ditempatkan di wajah di antara mata daripada di bawahnya, yang dikatakan memberi burung hantu ikan ini dengan "ekspresi yang sangat murung dan menyeramkan". Adaptasi serupa, seperti keengganan untuk menyelam di luar kaki mereka dan kurangnya bulu yang meredam suara juga terlihat pada burung hantu pemancing Afrika, yang tampaknya tidak terkait langsung. Karena pergantian yang rapi satu sama lain dalam jangkauan, pada suatu waktu burung hantu ikan kuning kecoklatan dan buffy dianggap spesies yang sama tetapi ada sejumlah perbedaan fisik, anatomis, habitat, dan perilaku di antara mereka.seperti keengganan untuk menyelam di luar kaki mereka dan kurangnya bulu yang meredam suara juga terlihat pada burung hantu pemancing Afrika, yang tampaknya tidak terkait langsung. 

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu
Karena pergantian yang rapi satu sama lain dalam jangkauan, pada suatu waktu burung hantu ikan kuning kecoklatan dan buffy dianggap spesies yang sama tetapi ada sejumlah perbedaan fisik, anatomis, habitat, dan perilaku di antara mereka.seperti keengganan untuk menyelam di luar kaki mereka dan kurangnya bulu yang meredam suara juga terlihat pada burung hantu pemancing Afrika, yang tampaknya tidak terkait langsung. Karena pergantian yang rapi satu sama lain dalam jangkauan, pada suatu waktu burung hantu ikan kuning kecoklatan dan buffy dianggap spesies yang sama tetapi ada sejumlah perbedaan fisik, anatomis, habitat, dan perilaku di antara mereka

Perilaku Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Perilaku satwa Burung Beluk Ketupa Berbagai vokalisasi telah dikaitkan dengan burung hantu ikan buffy. Di antara yang direkam termasuk suara mendesis dan kutook yang berderak , diulang dengan cepat sekitar tujuh kali. Juga mencatat telah menjadi dering, keras pof-pof-pof dan tinggi sebuah, elang seperti memata-matai serangkaian catatan. Burung hantu ikan buffy agak berisik sebelum berkembang biak, dan pasangan dapat terlibat dalam duet selama beberapa menit setiap kali. Pada siang hari, ia sering berteduh sendirian di pepohonan yang rindang. 

Perilaku Makan Satwa
Perilaku makan Beluk Ketupa Burung hantu ikan buffy terutama memakan ikan , kepiting , katak , reptil kecil, dan burung. Ia juga mencari makan di bangkai .  Isi perut yang ditemukan pada burung hantu ikan kerbau Jawa antara lain serangga, semut bersayap dan rayap bersayap , ikan mas ( Carassius auratus ), ular kucing cincin emas ( Boiga dendrophila ), gharial palsu yang belum dewasa ( Tomistoma schlegelii ), unggas hutan merah ( Gallus gallus ) , tikus hitam ( Rattus rattus), dan kelelawar buah . 

Tercatat memakan sisa-sisa buaya dan musang bau Sunda ( Mydaus javanensis ). Burung hantu ikan buffy tidak menghasilkan pelet yang keras seperti kebanyakan burung hantu. Sebaliknya, tulang, sisa-sisa katak dan serangga dikeluarkan berkeping-keping dan jatuh ke tanah di bawah tempat bertengger. Sisa mangsa hanya ditemukan di dalam sarang, tidak pernah di sekitar atau di bawah sarang seperti yang biasa ditemukan pada burung hantu lainnya. Burung hantu ikan buffy berburu terutama dari tepi sungai, menukik turun banyak seperti elang ikan tetapi tidak pernah membasahi bulunya. Ia juga berjalan ke sungai dangkal dan anak sungai, juga mengambil makanan di lokasi tersebut. 

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Perilaku Reproduksi Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Perilaku Reproduksi Burung Beluk Ketupa, Telur burung hantu ikan kerbau sebagian besar ditemukan pada bulan Februari hingga April di Jawa Barat, lebih jarang pada bulan Mei, dan di Semenanjung Malaya juga pada bulan September hingga Januari. 

Burung hantu ikan buffy sering bersarang di atas pakis besar ( Asplenium nidus ), tetapi sarangnya juga telah tercatat di cabang dahan tinggi yang tertutup pakis dan lumut, di atas bedeng anggrek dan di lubang pohon. Lebih jarang, situs berbatu telah digunakan sebagai tempat bersarang, bahkan di belakang air terjun. 

Sarang biasanya hanya berupa goresan di permukaan pakis tanpa struktur atau lapisan, karena burung hantu tidak membangun sarang. Sarang burung terlantar yang dibangun oleh spesies lain telah digunakan, termasuk sarang burung brahmana ( Haliastur indus). Hanya satu telur per musim kawin yang pernah tercatat di sarang burung hantu ikan buffy, memberi mereka ukuran cengkeraman terkecil dari burung hantu di samping burung hantu elang berperut bintik ( B. nipalensis ) dan burung hantu elang berpalang ( B. sumatranus), yang juga hanya pernah direkam dengan satu telur kopling. 

Telurnya bulat, lonjong dan berwarna putih kusam. Dimensi rata-rata telur di Jawa bagian barat adalah 57,4 mm x 47 mm. Inkubasi telur berlangsung selama 28 hingga 29 hari dan menjadi dewasa setelah enam minggu. 

Spesies Burung Beluk Ketupa umumnya bernasib baik untuk burung raptorial besar dan secara tidak sengaja telah dibantu oleh perikanan komersial dan kolam hias, yang mereka kunjungi pada malam hari untuk berburu. Terkadang, mereka mendapat penganiayaan dari pemilik kolam tersebut karena mengambil stok ikan mereka.

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Klasifikasi Satwa  Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Strigiformes
Family: Strigidae
Genus: Ketupa
Species: Ketupa ketupu
Binomial name
Ketupa ketupu (Horsfield, 1821)

Strix ketupu adalah nama ilmiah yang diusulkan oleh Thomas Horsfield pada tahun 1821 untuk burung hantu ikan buffy yang dikumpulkan di Jawa.

Ketupa diusulkan sebagai nama generik oleh René-Primevère Lesson pada tahun 1831 untuk spesies burung hantu ikan dari Jawa dan India. Pada abad ke-19 dan ke-20, beberapa spesimen zoologi burung hantu ikan buffy dideskripsikan:

Ketupa minor oleh Johann Büttikofer pada tahun 1896 adalah dua ekor burung hantu ikan kecil yang dikumpulkan di pulau Nias dengan tali sayap 29,5–30 cm, ekor 14–14,5 cm dan paruh pendek 3,5 cm.
Bubo ketupu aagaardi karya Oscar Neumann pada tahun 1935 adalah spesimen burung hantu ikan pucat dari Bangnara di Thailand dengan panjang sayap 31,5–34,5 cm.
Bubo ketupu pageli juga oleh Neumann pada tahun 1935 adalah burung hantu ikan kemerahan dari pegunungan di timur laut Kalimantan dengan tali sayap 31–33 cm.
Keempatnya sekarang dikenal sebagai subspesies Ketupa ketupu:

  1. Ketupa ketupu aagaardi seperti yang terjadi dari Benggala Barat, Assam hingga Thailand selatan dan Vietnam
  2. Ketupa ketupu ketupu seperti yang terjadi dari Semenanjung Malaya sampai Kepulauan Riau, Sumatera, Belitung, Jawa, Bali dan sebagian besar Kalimantan
  3. Ketupa ketupu pageli seperti yang terjadi di Kalimantan bagian utara
  4. Ketupa ketupu minor sebagai endemik pulau Nias.
Telah disarankan untuk menggabungkan genus Ketupa menjadi genus Bubo berdasarkan keterkaitannya yang erat dalam DNA mitokondria dan kemiripannya secara umum. Hasil analisis filogenetik sembilan jenis burung hantu bertanduk menunjukkan bahwa jenis Ketupa merupakan kelompok monofiletik.

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu

Status Konservasi Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Spesies burung hantu dilindungi oleh Protection of Wild Life Act 1972 dan terdaftar oleh Convention on International Trade in Endangered Species di Appendix II. Pelanggaran tindakan ini merupakan pelanggaran yang dapat dihukum dan dikenakan denda.

Selama penyitaan pada tahun 2008 di sebuah fasilitas penyimpanan di Johor, 14 burung hantu ikan kerbau beku ditemukan yang seharusnya diekspor secara ilegal ke China. Di Jakarta, burung hantu buffy fish ditawarkan untuk dijual di tiga pasar burung pada 2010 dan 2012.
Pada tahun 2015, 323 ekor burung hantu ikan kerbau ditawarkan untuk dijual melalui grup perdagangan raptor online.
Burung hantu ikan buffy juga diperdagangkan di pasar satwa liar di Bandung, Garut, Surabaya, dan Denpasar.

Lokasi Pemotretan Satwa Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester

Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu




0 Response to "Beluk Ketupa, Buffi Fish Owl, Ketupa Ketupu, spesies burung hantu ikan terkecil. "

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel