google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Landak sumatra, The Sumatran porcupine, Hystrix sumatrae - PLANTER AND FORESTER

Landak sumatra, The Sumatran porcupine, Hystrix sumatrae

Landak sumatra, The Sumatran porcupine,  Hystrix sumatrae

Landak sumatra, Hystrix sumatrae

Landak sumatra, Hystrix sumatrae adalah sejenis spesies hewan pengerat ,,rodensia dari famili Hystricidae. Ini adalah hewan endemis pulau Sumatra, Indonesia, yang oleh penduduk juga diburu untuk dimakan.

Nama Populer - Pop name    :  Landak, The Sumatran porcupine
Nama Latin - Latin Name      : Hystrix sumatrae
Family                         Hystricidae
Origin - Daerah Asal               : Sumatra, Indonesia

Ciri khas                                  :  Dilindungi Duri Tajam
Keunikan                                 :  
Landak adalah hewan pengerat terbesar ketiga setelah capybara dan berang-berang.Landak termasuk dalam ordo rodensia yang memiliki dua famili, yaitu Hystricidae dikenal juga sebagai old world porcupine, sedangkan Erethizontidae dikenal sebagai new world porcupine (Macdonald 2006).

Landak (Hystrix) termasuk hewan mamalia dengan ukuran tubuh sedang. Dalam ordo rodensia, landak memiliki ukuran tubuh yang relatif besarbiladibandingkan dengan rodensia lain serta memiliki struktur anatomi yang unik. Landak memiliki rambut yang lembut di daerah kepaladan tubuh bagian depan serta bagian ventral. Pada bagian punggung tubuh, bagian samping, dan ekor landak, rambut lembut tersebut berdiferensiasi menjadi duri yang tajam.

Ekor landak juga ditutup oleh rambut yang mengalami modifikasi menjadi duri yang dapat berderak.

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Landak Sumatra banyak ditemukan di hutan, dataran rendah, kaki bukit, dan area pertanian. Pakan landak Jawa dapat berupa rumput, daun, ranting, akar, buah-buahan, sayur-sayuran bahkan landak juga dapat mengunyah tanduk rusa untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuhnya. Ciri-ciri fisik yang khas pada landak Sumatra adalah tubuhnya yang diselimuti rambut halus (seperti rambut pada mamalia lain), rambut peraba, dan duri. Rambut halus dan duri terdapat di seluruh bagian tubuh landak, kecuali pada bagian hidung, mulut, daun telinga, dan telapak kaki.

Fungsi dari rambut halus adalah sebagai pelindung dari cuaca panas maupun dingin, membantu mengatur proses homeostatis tubuh, dan sebagai reseptor sensoris. Rambut peraba berwarna hitam dan putih terdapat di bawah hidung dan di sekitar pipi landak. Rambut peraba merupakan rambut khusus yang tumbuh dari folikel hipodermis. Folikel-folikel tersebut dikelilingi oleh saraf yang responsif terhadap rangsangan mekanik seperti sentuhan atau gerakan.

Habitat Satwa

Habitat  Landak Sumatra banyak ditemukan di hutan, dataran rendah, kaki bukit, dan area pertanian. :

Penyebaran Satwa

Penyebaran di Pulau Sumatra Indonesia.

Landak sumatra, Hystrix sumatrae


Morfologi Satwa

Morfologi Landak SUmatra, Ciri-ciri fisik yang khas pada landak Sumatra adalah tubuhnya yang diselimuti rambut halus (seperti rambut pada mamalia lain), rambut peraba, dan duri. Rambut halus dan duri terdapat di seluruh bagian tubuh landak, kecuali pada bagian hidung, mulut, daun telinga, dan telapak kaki.

Perilaku Satwa
Perilaku Landak merupakan salah satu hewan mamalia dengan ordo rodensia dan  famili Hystrixdae (Cigremiset al. 2008). Landak memiliki sifat soliter dan nokturnal. Selain itu, landak memiliki ciri khas pada rambutnya.Secara umum, landak memiliki dua macam rambut, yaitu rambut halus dan rambut yang mengeras atau duri.Seekor landak memiliki kurang lebih 30.000 duri ditubuhnya (Roze 1989).Duri-duri landak merupakan alat pertahanan utama dari predator

Perilaku Reproduksi Satwa


Klasifikasi Satwa 

Kingdom  : Animalia
Phylum    : Chordata
Class       :  Mammalia
Order       : Rodentia
Family     : Hystricidae
Genus     : Hystrix
Species  : H. sumatrae
Binomial name
Hystrix sumatrae (Lyon, 1907)

Status Konservasi

Menurut CITES (The Convention on International Trade in Endangered
Spesies of Wild Fauna and Flora) tahun 2008, status landak adalah least concern atau tidak terlalu diperhatikan statusnya (Lunde dan Aplin 2008)

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

0 Response to "Landak sumatra, The Sumatran porcupine, Hystrix sumatrae"

Post a comment

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel