google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine, Tanaman Hias Merambat yang Berbunga Indah berbentuk Lonceng yang harum - PLANTER AND FORESTER

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine, Tanaman Hias Merambat yang Berbunga Indah berbentuk Lonceng yang harum

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine, Tanaman Hias Merambat yang berbentuk Lonceng Eksotik yang harum

Tanaman Pergola

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine 
Cobaea scandens , The Cup and Saucer vine , Cathedral Bells , Mexican ivy , atau Monastery bells yang mungkin dalam bahasa Indonesianya adalah  tanaman anggur cangkir dan piring, lonceng katedral, ivy Meksiko, atau lonceng biara, adalah spesies tanaman berbunga di keluarga phlox Polemoniaceae. Ini asli Meksiko, dengan penampakan terisolasi di tempat lain di tengah tropis dan Amerika Selatan.

Bunganga menarik perhatian dengan bentuknya yang eksotik.  Diameter bunga dapat mecapai 5 - 7 cm dengan mahkota bunga yang terbagi menjadi 5.

Baca juga : 

Aristolochia littoralis D.Parodi, Calico, Tanaman Hias Merambat Berbunga Indah 

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine 

Kelopak bunganya pun tidak kalah menarik. Dengan warna hijau muda nan lembut dan berhiaskan urat urat yang samar, seolah olah menjadi mahkota bunga lapisan kedua.

Bunganya berwarna ungu pekat atau putih untuk kultivar alba. Bunganya sangat indah dipandang dan saat mekar juga menebarkan aroma keharuman yang mirip madu.

Bentuk bunga yang meggantung memang sangat mirip dengan Lonceng, sehingga diberi nama Cathedral Bells. Perhatikan baik baik, dan memang tidak salah kalau diberi sesuai bentuknya yang mirip Lonceng.

Selain itu, kalau diperhatikan juga mirip Cangkir untuk menikmati teh para bangsawan saat itu, sehingga diberi nama The Cup and Saucer vine lengkap dengan tatakannya yang dianalogkan mirip dengan kelopaknya.

Pertumbuhan tanaman merambat ini sangat cepat dan jarang terserang hama atau penyakit.  Batangnya dapat tumbuh hingga sejauh 10 meter bahkan lebih dan merambat dengan sulur.

Jika anda ingin menghadirkan tanaman Cobaea scandens, atau Sang Cangkir The Cup and Saucer vine , atau Sang Lonceng Cathedral Bells, sebaiknya anda mempersiapkan pergola atau tempat merambat yang kuat supaya mampu menopang tajuk dan biomassa tanaman yang merambat cepat ini.

Jangan menyediakan media tempat rambat yang memungkinkan tanaman ini untuk merambat terlalu tinggi, karena akan menyulitkan bagi anda untuk menikmati keindahan dan keharuman aroma bunganya.

Pemangkasan diperlukan dengan mempertahankan ketinggian tanaman sekitar 3 meter untuk memudahkan perawatan, mengatur percabangan, menikmati bunganya, memanen buah dan bijinya.

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine 
Nama Populer - Pop name    :  Cup and Saucer Vine, Cathedral Bells , Mexican ivyMonastery bells

Nama Latin - Latin Name        :  Cobaea scandens Cav.
Family                           :  Polemoniaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Mexico
Letak Landscape                         Tanaman Pergola garasi, Gerbang Pintu atau Pembatas
Tipe Tanaman Hias                     : Tanaman Merambat Liana dengan bunga Indah
Propagasi perbanyakan                 : Stek, Biji 
Media Tanam                     : Tanah Kebun, Pupuk kandang
Perlakuan khusus                     : Pemangkasan dan Pemupukan 

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine 

Yang sangat mencengangkan, Charles Darwin pada tahun 1875 melakukan studi mendetail tentang berbagai tanaman memanjat dan melilit, memberikan respon dan rangsangan seperti cahaya dan sentuhan, dan memberi mereka berbagai permukaan sambil mengamati pergerakan mereka dengan cermat dari waktu ke waktu. Dia terkesan dengan kekuatan dan kecepatan luar biasa dari Cobaea scandens.

Menurut hasil pengamatannya, Cobaea scandens adalah pendaki yang menyusun dan meletakkan dengan sangat baik sulur-sulur pada tanaman yang bagus memiliki panjang sebelas sekitar 22 cm, dengan tangkai daun memiliki dua pasang selebaran, panjangnya sekitar 5 cm. Sulur dan tanaman berputar lebih cepat dan lebih kuat daripada pembawa sulur lainnya yang diamatai dan yang mampu menyaingi tanaman Cobaea scandens  adalah Passiflora.

Baca juga :

Ciri ciri dan Identifikasi tanaman 

Habitus Tanaman

Tinggi Tanaman  : merambat hingga > 10 meter

Diameter Tajuk    : merambat hingga > 10 m

Tanaman Liana yang bersifat Climber memanjat  dan merambat dengan sulur mempunyai batang merambat yang kuat. 

Scandens berarti memanjat alias climbing.

Batang utama sulur Cobaea yang panjang, lurus, dan meruncing memiliki cabang-cabang bergantian; dan setiap cabang terbagi beberapa kali, dengan cabang-cabang yang lebih halus setipis bulu yang sangat tipis dan sangat fleksibel, sehingga apabila tertiup angin mampu bertahan dengan kuat dan sangat elastis.

Pada sulur yang panjangnya sekitar 25 cm, terdapat sekita  sembilan puluh empat kait kecil yang disusun dan dibagi dan mengait dengan indah ini.

Batang dan Percabangan Tanaman

Penampang melintang batang, bulat  teres dan masif  sukulen saat masih muda.

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine

Daun Tanaman

Daun  Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine rata rata berukuran  10 cm terdiri dari empat helai daun dan sulur yang dilengkapi kait kecil untuk menempel pada penyangga.

Bentuk daun - Leaf Shape                                : Oval - Ovate
Susunan daun - Leaf Arrangement :                 : Opposite
Susunan daun dari batang - Leaf Arr. on Stem : Petiolate
Tulang daun - Leaf Venation                             : Reticulate
Pinggir daun - Leaf Margins                              : serrate rata
Pangkal daun                                                    : Divergent atau Rounded
Ujung daun   - Leaf Tip                                      : Acute
Warna daun - Leaf Colour                                 : Hijau, hijau tua
Tangkai daun atau petiole                                  : Petiole pendek
Ukuran daun - Leaf Size                                    : Panjang 8 - 15 cm, lebar 3 - 8 cm
Permukaan daun                                               : rata

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine

Bunga Tanaman

Bunga besar yang menghadap ke depan, yang diserbuki oleh kelelawar di habitat aslinya, berbentuk lonceng dan cangkir sehingga disebut Cup and saucer. Bunga dewasa beraroma wangi.

Tipe pembungaan terletak bunga pada batang pada ketiak daun (flos axilaris)
Warna bunga Keunguan dan putih.
Tangkai bunga atau pedicellus dan dasar bunga atau receptaculum : tempat melekat semua organ bunga yang indah.
Hiasan bunga alias  perianthium, terdiri dari :Kelopak acalyx(lembaran kelopak atau sepal dan tajuk bunga atau lembaran mahkota seperti terbagi menjadi 5  dan bagian dalam mahkota dengan garis garis yang tegas dan jelas.

Organ kelamin jantan  androecium, terdiri dari Benang sari atau stamen dan serta kotak serbuk sari alias  anthera terlihat jelas.
Organ kelamin betina Gymnacium atau putik pistilum, terdiri dari: Carpela daun buah, serta Stylus  dan Stigma  kepala putik duduk di dasar bunga. 

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine

Buah Tanaman

Posisi buah di ketiak cabang tanaman dan menggantung
Susunan buah sesuai dengan susuan bunga dan tersebar
Buah Tunggal
Warna buah hijau saat muda dan berubah tua saat matang
Ukuran Buah panjang 10 -15 cm dan diamater 2 - 4 cm 
Kelopak bunga masih terbawa dan melekat hingga terbentuk buah.

Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine

Kesesuaian Lahan dan Adaptasi
Ketinggian tempat altitude        : 1 - 2.500 m dpl
Kesesuaian suhu                      : 10 - 34 derajat celcius
Kesesuaian tanah                     : Tanah humus, podoslik, andosol, grumosol
Kesesuaian curah hujan           : 1.000 - 2.500 mm per tahun
Kesesuaian cahaya                  : Semi Shade, Full Sun
Pertumbuhan Tanaman            : sangat cepat
Kebutuhan Air                           : Moderat
Kebutuhan Perawatan              : Pemangkasan dan minim perawatan

Cobaea scandens Cav.  Seed, Biji Cup and Saucer Vine

Perbanyakan dan Penyemaian
Perbanyakan tanaman dengan biji, Stek, Layering
Untuk metode  stek, potong cabang yang berwarna hijau kecoklatan sekitar 3 atau 4 ruas.  Ruas ke 1 dan ke 2, ditanam ke tanah  dan akan tumbuh akar sedangkan ruas ke 3 dan 4 yang akan tumbuh tunas. Potong semua daun yang tumbuh distek dan semaian stek tutup dengan plastik untuk mengatur kelembaban.
Sekitar 10 - 12 hari, tunas yang tetap berwarna hijau kecoklatan dan tidak kering akan tumbuh tunas dan setelah 30 hari siap dipindahkan ke pot individu.
Jika menanam dari benih atau biji yang terpilih, terlebih dahulu benih direndam di air hangat dengan suhu sekitar 50 - 60 derajat pisahkan biji yang mengapung dan buang.  
Biji yang disemai adalah biji yang tenggelam dan bernas serta bebas hama dan penyakit, Semai di bak semai dengan media yang sebelumnya sudah disiram cukup dengan jarak tanah 1  x 1 cm dan tutup dengan plastik kedap.  
Benih akan berkecambah sekitar 8 - 12 hari. Buang benih yang tidak berkecambah dan pindahkan benih yang berkecambah ke pot individu.

Tips

Tanaman ini banyak dibudidayakan karena kebiasaan melilit dan bunganya yang sangat indah, panjang rata rata 5 cm, yang berubah dari putih menjadi ungu purple

Di daerah beriklim sedang, paling baik ditanam sebagai tanaman setengah tahunan yang kua dan di daerah tropis bisa berbunga sepanajng masa.

Yang menjadi perhatian karena tanaman ini merambat cepat, persiapkan pergola yang kuat dengan lubang 10 x 10 cm atau diberi jarak 20 x 20 cm sebagai panjatan dan tempat rambatnya.

Anda bisa juga menanam tanaman ini di Pot ukuran minimal 50 liter dan merambatkannya di pergola atau garasi atau dapat juga sebagai tanaman  pembatas.

Bunga Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine  Itu telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit dan ada 2 kultivar Ada bentuk putih, C. scandens f. alba,

Klasifikasi Tanaman

Clade         : Asterids
Order         : Ericales
Family        : Polemoniaceae
Genus        : Cobaea
Species      : Cobaea scandens
Binomial name
Cobaea scandens Cav.

Sinonim

Manfaat Tanaman
Manfaat tanaman sebagai tanaman hias merambat berbunga indah, Tanaman Pergola untuk Carport atau pembatas lahan

Lokasi Pemotretan

Lokasi pemotretan di Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Hand Phone
Camera model : 
F Stop : 
Exposure time : 
ISO Speed : 
Focal lengh : 
Lens : 
Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine


Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 
Planter and Forester

0 Response to "Cobaea scandens Cav. Cup and Saucer Vine, Tanaman Hias Merambat yang Berbunga Indah berbentuk Lonceng yang harum"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel