google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Stifftia chrysantha J.C.Mikan, Tanaman Berbunga Indah Yang Unik dan Cantik - PLANTER AND FORESTER

Stifftia chrysantha J.C.Mikan, Tanaman Berbunga Indah Yang Unik dan Cantik

Stifftia chrysantha J.C.Mikan, Tanaman Berbunga Indah Asal Brazil Yang Unik dan Cantik

Stifftia chrysantha J.C.Mikan

Stifftia chrysantha J.C.Mikan
Tanaman berbunga unik dan sangat cantik ini saya dokumentasikan saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Stiffia chyrsantha adalah spesies tanaman berbunga dari keluarga bunga matahari alias  Astraceae, dan endemik di Brazil.

Tanaman  Stiffia chyrsantha  merupakan tanaman Native dari Brazil Northeast, Brazil South, Brazil Southeast dan selanjutnya di Introduced ke TrinidadTobago

Hampir semua Asteraceae berbunga di kepala yang lebat atau capitula dan pseudanthia yang dikelilingi oleh bracts involucral.

Jika dilihat dari kejauhan, setiap kapitulum mungkin tampak seperti bunga tunggal. Bunga luar atau bagain bunga tepi yang membesar di kapitula yang menyerupai kelopak, dan bracts involucral mungkin terlihat seperti kelopak.

Nama Asteraceae berasal dari jenis genus Aster, dari bahasa Yunani Kuno, yang berarti bintang, dan mengacu pada bentuk perbungaan yang mirip bintang.

Ini mengacu pada sifat komposit dari capitula, yang terdiri dari beberapa atau banyak bunga individu.

Kalau diperhatikan lebih jauh, memang bentuk bunga Stifftia chrysantha  seperti satu membulat tetapi sebenarnya terdiri dari beberapa bunga yang menyatu.

Tanaman Stifftia chrysantha J.C.Mikan memiliki batang berkayu dengan kulit kayu yang kasar, dan dapat tumbuh hingga 2 m sampai 3 m. 

Yang saya temui, pohon tidak terlalu tinggi sekitar 3 meter dan diameter juga sekitar 3 meter dan penuh dengan bunga yang sedang mekar.

Baca juga : Saraca indica, Tanaman Peneduh Berbunga Indah dan berkhasiat Memperlancar Haid

Daun Stifftia chrysantha J.C.Mikan
Daun

Daun berbentuk elliptic berwarna hijau tua dengan pinggiran rata alias serrate. Daun tersusun alternate atau berseling seling .  

Pucuk daun berwarna coklat kemerahan dan semakin tua akan berwarna hijau tua dan mengkilat dengan permukaan daun halus dan vena retikulat yang menyirip.

Bentuk Batang Stifftia chrysantha

Baca juga : Kopsia arborea, Tanaman Peneduh Berbunga seperti Melati yang berkhasiat untuk meredakan Sakit Amandel (Tonsillitis)

Batang dan Percabangan 

Batang berwarna coklat muda dengan kulit kayu yang agak tebal. Percabangan kalau tidak dipangkas akan tumbuh tidak beraturan dan akan menyebabkan cahaya matahari tidak masuk ke dalam tanaman.

Bentuk Percabangan Stifftia chrysantha

Saya perhatikan ada sulur sulur dan percabangan kecil mirip cabang cacing yang tumbuh memenuhi bagian tanaman. Ini menjadi ciri khas percabangan Stifftia chrysantha.

Percabangan Tanaman Stiffia chyrsantha

Sulir atau cabang seperti cacing ini sangat banyak dan tumbuh dari percabangan utama, sekunder dan tertier. Ukurannya kecil dan mirip seperti akar yang menjuntai.

 Bunga Stifftia chrysantha
Bunga Stifftia chrysantha
Bunga dari Stifftia chrysantha saya perhatikan ada beberapa proses.  Saat baru mekar berwarna orange, mekudian muncul bunga bunga kecil dengan tangkai berwarna putih kekuningan dan akhirnya luruh.

Pembungaan lengkap terdiri dari komposit dengan Florets 30 - 40 per capitulum; phyllaries glabrous; capitula solitary; pappus sedikit kemerahan atau kekuningan hingga oranye.

Bunga Stifftia chrysantha yang abru mekar


Bunga yang baru mekar berwarna orange dan berwarna cerah. 

Bunga  Stifftia chrysantha yang sudah diserbuki 

Bunga yang sudah diserbuki akan luruh dan meninggalkan sisa sisa seperti rambut yang berwarna putih krem.

Bunga yang sudah luruh
Rambut rambut akan luruh dan muncul bentuk seperti  buah dan kelopak bunga yang berbentuk seperti matahari atau bintang alias ciri khas Asteraceae.

Baca juga : Tanaman Peneduh Melaleuca viminalis sebagai tanaman Penyaring Polusi Udara dan Suara

Klasifikasi Binomial dari Stifftia chrysantha adalah

Kingdom    : Plantae
Phyllum      :    Tracheophyta
Class          :    Magnoliopsida
Order          : Asterales
Family        : Asteraceae
Genus        : Stifftia

Sinonim dari Stifftia chrysantha Mikan ada beberapa :
Augusta grandiflora Leandr.Sacram.
Mocinia mutisioides DC.
Plazia brasiliensis Spreng.
Stifftia chrysantha var. chrysantha
Stifftia chrysantha var. flavicans 
Stifftia chrysantha var. flavicans Dedecca
Stifftia insignis Regel

Nama Mikan di belakang Stifftia chrysantha merupakan pemberi nama tanaman indah berbunga oranye ini.
Johann Christian Mikan lahir Teplitz, meninggal di Praha adalah seorang ahli botani Austria-Ceko, ahli zoologi dan entomologi, putra Joseph Gottfried Mikan
Mikan adalah seorang profesor sejarah alam di Universitas Praha, salah satu dari tiga naturalis terkemuka di Ekspedisi Brazil Austria.

Johann Christian Mikan menulis Monographia Bombyliorum BohemiƦ, iconibus illustrata pada 1796, Entomologische Beobachtungen, Berichtigungen und Entdeckungen pada 1797, dan Delectus Florae et Faunae Brasiliensis, dll pada 1820. Mikan menggambarkan banyak spesies baru, termasuk the black lion tamarin..

Mikan diperingati atas nama ilmiah spesies ular Amerika Selatan, Dipsas mikanii.
Genus Mikania Willd. (Asteraceae) diberi nama untuk ayahnya Joseph Gottfried Mikan (1743–1814), profesor botani dan kimia di Universitas Praha.

Tanaman Stiffia chyrsantha Asli Brazil yang Indah

Tanaman yang diberi nama oleh Mikan ini memang cantik dan layak untuk di tanam sebagai tanaman hias.

Semoga bermanfaat.
 

0 Response to "Stifftia chrysantha J.C.Mikan, Tanaman Berbunga Indah Yang Unik dan Cantik"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel