google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mucuna bennettii F. Muell., Flame of Irian Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah Menyala yang sangat Eksotis dan magnificient - PLANTER AND FORESTER

Mucuna bennettii F. Muell., Flame of Irian Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah Menyala yang sangat Eksotis dan magnificient

Mucuna bennettii F. Muell., Flame of Irian, Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah Menyala yang sangat Eksotis dan Magnificient

Mucuna bennettii F. Muell

Mucuna bennettii F. Muell. atau lebih dikenal dengan sebutan Flame of Irian merupakan salah satu tanaman yang endemik di Papua dan menajdi salah satu koleksi yang sangat eksotis.

Tanaman merambat ini banyak ditanam untuk menghiasi pergola dan melindungi Carport sehingga mengurangi efek tampias karena hujan.

Mucuna bennettii , umumnya dikenal sebagai Flame of Irian, New Guinea creeper atau Scarlet Jade Vine, atau bahasa lokalnya Bunga Kukui macan adalah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae , yang berasal dari Papua Indonesia, Sulawesi, Papua Nugini, hingga Vanuatu. 

Mucuna bennettii F. Muell atau Flame of Irian

Popular name : Flame of Irian, Bunga Kuku macan, Scarlet Jade Vine, New Guinea Creeper
Latin Name : Mucuna bennettii F. Muell 
Family : Fabaceae
Origin                  : Papua, Sulawesi, Maluku, Indonesia, Papua New Guinea, Vanuatu
Landscape : Tanaman Hias Merambat 
Ornamental type : Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah
Propagation : Biji, Stek
Media : Campuran Tanah kebun , Kompos, dan Pupuk Kandang
Special Treatment : Pemupukan dan pemangkasan

Tanaman Mucuna bennettii ini saya dokumentasikan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Indonesia dan termasuk tanaman favorit kesukaan yang memang sangat indah bunganya. 

Flame of Irian tumbuh optimal pada hutan dataran rendah dengan tipe tanah yang lembab dan banyak mengandung humus. Lebih menyukai udara yang panas dengan suhu berkisar 30-35 derajat Celsius.  Pada area dengan pertumbuhan yang cocok atau sesuai, Scarlet Jade Vine ini akan sangat rajin berbunga karena memiliki masa berbunga 3-5 kali dalam sebulan

Habitus tanaman Mucuna bennettii tanaman merambat dan memanjat dan batang semakin tua akan semakin berkayu dan mencapai diameter hingga 20 cm.  Ukuran yang cukup bahkan sangat besar untuk ukuran tanaman merambat ataupun memanjat.

Sesuai dengan tipe pertumbuhan, kerapatan daun, seringnya berbunga dan kekuatan serta besarnya tanaman, maka tanaman merambat ini cocok untuk pergola yang berbahan besi dan mampu menaungi dan melindungi dari panas matahari dengan baik.

Nama Mucuna bennettii alias Scarlet Jade Vine disematkan oleh  Ferdinand von Mueller pada tahun 1876. Baron Sir Ferdinand Jacob Heinrich von Mueller adalah seorang dokter Jerman-Australia , ahli geografi , dan yang paling terkenal, seorang ahli botani . 

Beliau ditunjuk sebagai ahli botani pemerintah untuk koloni Victoria oleh Gubernur Charles La Trobe pada tahun 1853, dan kemudian menjadi direktur Royal Botanic Gardens, Melbourne, Beliau juga mendirikan National Herbarium of Victoria dan memberi nama banyak tumbuhan Australia.

Yang saya takjub adalah pada tahun 1876, beliau Ferdinand Von Mueller sudah melanglang buana mengelilingi dunia untuk memberi nama tanaman dan membawa spesiemennya untuk bahan herbarium. 

Luar biasa...

Daun Mucuna bennettii
Daun Mucuna bennettii

Daun tanaman Flame of Irian berbentun Trifoliate dengan 3 anak daun yang berbentuk Ovate mendekati deltoid dengan tulang daun menyirip.

Daun muda Mucuna bennettii
Daun berwarna hijau terang saat muda dengan petiole sekitar 3 - 4 cm dan dalam susunan trifoliate petiole berukuran 1 - 2 cm. 

Daun daun tersusun di batang yang merambat secara berselang seling.

Baca juga : Petrea volubilis, Tanaman Merambat Berbunga Biru yang Cantik dan Menawan 


Batang Mucuna bennettii
Batang Mucuna bennettii

Batang Irian Flame atau Mucuna bennettii berkayu dan besarnya bisa mencapai diameter 20 cm dengan penyebaran cabang yang merambat atau memanjat hingga 30 meter dari pokok tanaman.

Batang Mucuna bennettii
Ukuran cabang bisa mencapai 20 cm di batang utama dan di percabangan sekunder, tertiary atau tersier dan sampai ujung bervariasi dari yang kecil saat baru tumbuh dan menjalar sekitar 0.5 cm hingga 15 cm bahkan lebih.

Batang berwarna coklat dengan kulit tebal yang sulit dikelupas dan semakin tua, kulit akan semakin menebal dan mirip kulit pohon berkayu.

Jika akan digunakan sebagai tanaman pergola atau tanaman Carport, maka ukuran besi penyangga harus besar dan kuat hingga mampu menopang percabangan Mucuna bennettii yang sangat cepat. Perhatikan gambar di bawah ini, Besi siku bahan pergola dengan tebal 2 mm dan lebar 3 mm saja melengkung tidak mampu menahan kekuatan percabangan Mucuna bennettii.

Besi untuk pergola harus kuat untuk tanaman Mucuna bennettii

Jika tidak ingin menjalar terlalu jauh dan menjaga hanya cabang yang kecil yang menjalar, maka harus dilakukan pemangkasan secara rutin dan memilih cabang cabang yang akan dipelihara untuk menjadi bunga.

Percabangan Irian flame memang kuat dan mampu merobohkan pohon yang ada di sekitarnya.

Flame of Irian Mucuna bennettii

Bunga Mucuna bennettii

Salah satu yang menjadi daya tarik dan memang sangat mencolok dari tanaman flame of Irian adalah warna bunga yang merah merona hingga mendekati hitam sebagai ciri khasnya. Puluhan kuntum bunga yang bergerombol dan bertingkat sekilas menjadikan susunan bunga yang menyerupai jilatan lidah api yang membara di antara pepohonan, karena inilah maka Mucuna bennettii disebut Flame of Irian.

Bunga Irian Flame Mucuna bennettii F. Muell 

Gugusan bunga mekar oranye-merah yang sangat indah dan menjuntai dengan ukuran bunga yang besar dan penampilannya yang eksotis.
Bentuk bunga tunggal yang seperti Kuku Macan sehingga disebut Bunga Kuku Macan

Bagian rangkaian bunga terdiri dari susunan bunga yang berbentuk seperti kuku macan alias tiger nail sehingga tanaman ini juga mendapat julukan Bunga Kuku Macan.

Ada yang bunganya mirip dengan Mucuna bennettii F. Muell tetapi bunganya berwarna hijau terang, spesies dari tanaman ini adalah Strongylodon macrobotrys, umumnya dikenal sebagai Jade Vine, Emerald Vine atau Turquoise Jade Vine yang banyak tumbuh di Philipina.

Baca juga : Quassia amara, Amargo, Tanaman Berbunga Merah yang Berkhasiat mengobati Malaria dan Gigitan Ular

Biji Mucuna bennettii

Buah dan Biji Mucuna bennettii

Spesies mucuna sering memiliki polong dengan kulit yang berbulu dan bijinya berbentuk bulat oval berwarna coklat gelap saat matang.

Keindahan Bunga  Mucuna bennettii

Informasi lain mengenai Spesies mucuna sering memiliki bulu yang mengiritasi yang ada pada polong biji dan terkadang pada bunga dan bagian lainnya. Bulu atau rambut ini terdiri dari 1-2 sel basal kecil dan sel atas seperti jarum besar. Sel bagian atas mudah pecah, menusuk kulit dan menyuntikkan senyawa kimia yang ada di rambut. Enzim proteolitik Mucunain dikatakan sebagai agen aktif

Rambut bisa mencemari pakaian atau benda lain, dan tetap aktif saat dikeringkan, meski bisa rusak karena panas.

Rasa gatal yang hebat, dengan kemerahan pada kulit dan papula kecil atau urtikaria terjadi beberapa menit setelah kontak dengan bagian tanaman yang berbulu. Tidak ada bahaya serius, kecuali bulu-bulu tersebut masuk ke mata, dalam hal ini, dalam situasi yang ekstrim, menyebabkan kebutaan. Untuk menghilangkan rambut dari kulit, pita perekat dan mencuci dengan air dan sabun dianggap bermanfaat. Dermatitis dapat diobati dengan salep kortikosteroid. 

Hati hati dengan bulu bulu yang ada di tanaman spesies Mucuna yang banyak di alam.

Flame of Irian bisa ditemukan di kawasan cagar alam Pegunungan Arfak, Manokwari, Provinsi Papua Barat. Beragamnya vegetasi tumbuhan liar membuat kawasan ini kaya akan tanaman berkhasiat obat yang dapat dikembangkan untuk keperluan medis seperti menyembuhkan beberapa penyakit.

Masyarakat suku Arfak sendiri memiliki pengetahuan pengobatan tradisional (etno-medicine) dalam memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan tertentu sebagai penyembuh penyakit atau menjadi bahan ramuan pada ritual-ritual adat, salah satunya tanaman flame of Irian alias Mucuna bennettii.

Spesies mucuna yang merupakan family Fabaceae umumnya tumbuh paling baik pada posisi teduh di tanah yang kaya humus, lembab tetapi dengan drainase yang baik.

Spesies ini ditemukan di alam liar di tanah liat berbatu, batu kapur, granit, vulkanik dan tanah sedimen.

Spesies dari family Fabaceae memiliki hubungan simbiosis dengan bakteri tanah tertentu; bakteri ini membentuk nodul di akar dan mengikat nitrogen di atmosfer. Sebagian dari nitrogen ini digunakan oleh tanaman yang sedang tumbuh tetapi beberapa juga dapat digunakan oleh tanaman lain yang tumbuh di dekatnya.

Tanaman ini mudah diperbanyak, baik dengan stek batang maupun dengan biji. Selamat mencoba untuk memperbanyak. Jika kesulitan bisa menghubungi Planter and  Forester.

Manfaat dan Khasiat Obat Herbal Mucuna bennettii 
Tanaman Mucuna bennettii  getahnya diminum oleh laki-laki pada acara-acara seremonial.
Ini mungkin sebagai tes ketahanan atau untuk beberapa efek pada pikiran. Getah berair, tidak berwarna atau seperti susu pada awalnya perlahan berubah menjadi merah dan kemudian menjadi hitam.

Sebagai tanaman obat, akar yang dihancurkan diambil secara internal untuk mengobati sesak napas.

Penggunaan lainnya, Mucuna bennettii batangnya dirangkai dan disusun untuk digunakan sebagai pengikat dan untuk konstruksi jembatan alam tradisional karena kekuatan dan besarnya sulur dan bagian merambatnya.

Getahnya dan sulurnya digunakan untuk kaitan tas bertali

Magnificient Flower of Flame Of Irian.


0 Response to "Mucuna bennettii F. Muell., Flame of Irian Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah Menyala yang sangat Eksotis dan magnificient"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel