google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Peneduh Berbunga Indah seperti Melati, Kopsia Arborea - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Peneduh Berbunga Indah seperti Melati, Kopsia Arborea

Kopsia Arborea
Kopsia Pohon

Nama Populer                  : Kopsia, Kopsia Pohon, Kopsia Melati
Nama Latin                       : Kopsia arborea Blume.
Family                               : Apocynaceae
Genus                               : Kopsia
Origin - Daerah Asal         : Indonesia, India, China, Burma, Thailand, Vietnam, Philippina 
                                            Sebagian Australia. 
Tata Letak Landscape      : Tanaman di taman atau pinggir jalan
Tipe Tanaman Hias           : Pohon Pelindung, Pohon Peneduh
Propagasi Perbanyakan   : Biji, Stek, Cangkok
Media tanah                      : Tanah Kebun dan Humus
Perlakuan khusus             : Pemangkasan 

Tanaman Kopsia arborea ini saya temui di kemang Pratama dan Fakultas kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan pohon Kopsia sedang berbunga dan berbuah. Fase yang lengkap.

Pohon Kopsia arborea
Habitus
Pohon tumbuh hingga ketinggian lebih kurang 15 meter, diameter batang 20 cm dengan diameter tajuk pohon sekitar 10 meter, dan bentuk tajuk membulat.  Hal ini mungkin karena rutin dilakukan pemangkasan.

Daun Kopsia arborea
Daun
Daun berwarna hijau gelap dengan tulang daun menyirip dan berbentuk lanceolat.  Tepi daun rata dan sedikit bergelombang.
Daun tersusun berpasangan dengan tangkai daun yang pendek.

Bunga Kopsia arborea

Bunga 
Bunga Kopsia arborea berwarna putih dan mirip sekali dengan bunga melati. kelopak bunga ada 4 atau 5 dengan bagian tengah berwarna kekuningan.
Sebelum penyerbukan putik terlihat menonjol dan berwarna kuning muda. 

Tampilan Lengkap Bakal Bunga, Bunga Kuncup dan Bunga Mekar Kopsia arborea
Bakal bunga berbentuk lancip dengan panjang 1 - 1.5 cm. Saat baru keluar berwarna hijau dan jika sudah membentuk bakal bunga berwarna putih dan berbentuk seperti jarum.

Buah Kopsia arborea
Buah
Buah Kopsia arborea berbentuk elipsoid alias bulat elip dan berwarna hijau saat muda dan berubah hitam saat matang.  Buah berukuran panjang antara 4 - 5 cm dan diameter 1 - 1.2 mm. 

Habitat
Pohon Kopsia arborea kalau melihat dari bentuk pohonnya memilki kemampuan tumbuh dengan range yang lebar artinya bisa tumbuh dengan segala jenis tanah meskipun yang optimal adalah di daerah dengan tanah subur.
Di Perumahan Kemang Pratam yang memang Kebun Raya Kemang Pratama, pohon Kopsia arborea sangat cocok demikian juga di Fakultas Kehutanan IPB, pohon Kopsia arborea juga tumbuh subur.

Ketinggian tempat untuk pertumbuhan dengan range 1 - 1500 meter dpl, artinya bisa juga tumbuh di tepian pantai yang masih ada kandungan liatnya hingga pegunungan. Adaptif di segala suhu dengan range 10 - 36 derajat celcius. Suhu ekstrim, seperti dibawah 10 atau di atas 36 derajat, tetap bisa tumbuh tetapi akan sangat merana.

Bunga dan Buah Kopsia arborea
Penyebaran
Tanaman Kosia arborea tumbuh tersebar di daratan Asia hingga Australia. Di Indonesia saya pernah mendokumentasikan di Kalimantan dan Sumatera, dan posisinya ada di hutan hujan tropis. Di beberapa negara tetangga seperti India, China, Birma, Thailand dan Malaysia tanaman Kopsia arborea menjadi tanaman peneduh di tepi jalan. Demikian juga di Phililppina termasuk Indonesia.

Manfaat dan Khasiat Kesehatan
Kopsia arborea digunakan sebagai obat tradisional untuk pencahar atau enema yaitu prosedur pemasukan cairan ke dalam kolon melalui anus.Enema dapat ditujukan untuk merangsang peristaltik kolon supaya dapat buang air besar, membersihkan kolon untuk persiapan pemeriksaan operasi.

Selain itu Kopsia arborea juga digunakan untuk pengobatan  Radang amandel (bahasa Inggris: tonsillitis) adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Secara klinis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tetapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan (disfagia)

Semoga bermanfaat.
Planter and Forester

0 Response to "Tanaman Peneduh Berbunga Indah seperti Melati, Kopsia Arborea"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel