google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Pohon Berbunga Indah, Sikat Botol alias Melaleuca viminalis sebagai Penyaring Udara dan Suara - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Pohon Berbunga Indah, Sikat Botol alias Melaleuca viminalis sebagai Penyaring Udara dan Suara

Sikat Botol Kalistemon
Callistemon viminalis

Nama Populer          : Sikat Botol Kalistemon
Nama Latin      : Callistemon viminalis, Melaleuca viminalis,
Family      : Myrtaceae
Origin - Daerah Asal : Australia
Letak Landscape : Halaman Depan, Tepi jalan, Tanaman Peneduh, Shade tree
Tipe Tanaman Hias  : Tanaman Pelindung, Shade tree
Propagasi perbanyakan : Stek, biji
Perlakuan khusus     : Pemupukan dan Pemangkasan
Sikat Botol Melaleuca viminalis
Tanaman Sikat Botol Kalistemon atau Calistemon viminalis adalah tanaman peneduh yang berbunga cantik.

Tanaman ini tumbuh hingga ketinggian sekitar 6 -10 meter dengan lebar tajuk sekitar 6 meter.
Daun Sikat Botol Melaleuca viminalis

Daunnya berbentuk jarum dengan panjang sekitar 10 cm dan tumbuh di ujung batang.

Cabang tumbuh memanjang dan melambai ke bawah.
Bunga Sikat Botol  Melaleuca viminalis yang siap Mekar
Bunganya menyerupai sikat botol sehingga disebut Sikat Botol dengan panjang 7 – 15 cm. bunga ini akan berubah menjadi kapsul berwarna coklat yang menyimpan biji calon tanaman baru.
Bunga Sikat Botol Melaleuca viminalis
Tanaman yang berbunga sepanjang tahun ini memiliki bunga unik, seperti sikat botol berwarna merah. Daun hijau berbentuk lonjong terlihat menjurai dan sangat atraktif jika tertiup angin.
Tanaman ini memerlukan pemangkasan untuk mengatur percabangan dan penyinaran dan merangsang pembungaan.
Sikat Botol Melaleuca viminalis
Dalam landskap atau landscape digunakan sebagai centre point. Tanaman ini tumbuh baik di tanah yang banyak mengandung pasir. Pada ilkim sejuk, bunga akan rajin muncul. Perbanyakan dengan setek batang, cangkok dan biji.
Kuncup Bunga Sikat Botol Melaleuca viminalis
Melaleuca viminalis, umumnya dikenal sebagai Weeping bottlebrush atau creek bottlebrush merupakan tanaman dalam keluarga myrtle, Myrtaceae dan endemik di New South Wales, Queensland  dan Australia Barat.

Bentuknya semak atau pohon dengan percabangan dan multi stem, kulit keras, sering dedaunan terjumbai dan sejumlah besar bunga-bunga bottlebrush merah cerah di musim berbunga.
Tanaman Ini mungkin melaleuca yang paling sering dibudidayakan di kebun dan kultivarnya sering ditanam di banyak negara.

Pemberian nama Melaleuca viminalis pertama kali dinamai pada tahun 2009 oleh Lyndley Craven di Novon ketika Callistemon viminalis dipindahkan ke genus saat ini.

Julukan khusus viminalis berasal dari kata Latin vimen yang berarti osier atau ranting pliant yang merujuk pada kebiasaan menggantung atau terlihat seperti menangis dari bunga tipe branchlets pada spesies ini

Sikat botol atau Melaleuca viminalis memiliki 2 (dua) subspesies:Melaleuca viminalis (Sol. Ex Gaertn.) Byrnes subsp. viminalis yang merupakan sikat botol yang berbentuk semak dengan percabangan banyak hingga berbentuk pohon kecil  yang tumbuh setinggi 15 meter dan sering berbunga sepanjang tahun
Sikat Botol Melaleuca viminalis
Melaleuca viminalis subsp. rhododendron Craven, pohon batang tunggal yang tumbuh setinggi 35 meter  yang sebagian besar berbunga pada bulan September dan Oktober, dan hanya terjadi di distrik Injune di Queensland.
Sikat Botol Melaleuca viminalis
Sebagai informasi, Callistemon viminalis dianggap sebagai sinonim dari Melaleuca viminalis oleh Royal Botanic Gardens, Kew’

Manfaat Ekologi
Melaleuca viminalis menyediakan makanan untuk nektivora  Dalam zoologi, nektarivora adalah hewan yang memperoleh energi dan kebutuhan nutrisi dari makanan yang terdiri terutama atau eksklusif dari nektar kaya gula yang dihasilkan oleh tanaman berbunga.
Bunga SIkat Botol
Sangat cocok di tanam di tepi sungai untuk mengatasi erosi karena adaptasinya untuk bertahan dari arus yang kuat selama peristiwa banjir memungkinkannya memperlambat aliran air banjir dan mengurangi erosi, sehingga meningkatkan kualitas air di aliran dan sungai. Bentuk Akar yang berbelit dan seperti benang kusut di dalam tanah membuat spesies ini juga memperkuat tanah tepi sungai, semakin mampu mengurangi potensi erosi.

Banyak ditanam sebagai tanaman di tepi jalan yang berfungsi menyaring suara dan udara. Tanaman hias berbentuk pohon berbunga indah yang banyak manfaat.

 








0 Response to "Tanaman Hias Pohon Berbunga Indah, Sikat Botol alias Melaleuca viminalis sebagai Penyaring Udara dan Suara"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel