google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Jeruk Keprok, Jeruk Khas Indonesia - PLANTER AND FORESTER

Jeruk Keprok, Jeruk Khas Indonesia

Seri Buah

Jeruk Keprok

Kali ini kebetulan mendapatkan menu buah di kantor Jeruk keprok yang manis dan menyegarkan.

Jeruk Keprok Indonesia

Buah jeruk menjadi favorit banyak orang, termasuk di Indonesia. Buah yang satu ini bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Jenisnya yang beragam menjadikan buah yang satu ini tidak membosankan disajikan sebagai hidangan. Di Indonesia, ada dua jenis jeruk yang paling sering dijual. 

Nama Populer - Pop name    :  Jeruk Keprok
Nama Latin - Latin Name     : Citrus sp.
Family                         : Rutaceae
Origin - Daerah Asal                 : China
Lokasi Pembelian                       : Naga Pasar Swalayan
Harga per Kg                        : Rp. 36.500 per kg
Rasa Buah                           : Manis 
Jumlah Per kg                     : 5 - 6 buah Per kg
Penyimpanan                     : Lemari pendingin 
Catatan lain                         : Berbeda asal, berbeda harga

Baca juga :

Jeruk Keprok Indonesia, Jeruk Keprok Medan
Secara umum, selain berasa manis segar, Jeruk keprok juga mempunyai rasa manis sedikit asam dan segar, warna kulit menarik dan mudah dikupas. 

Berat jeruk keprok 125-274 gram, bentuk buah jeruk keprok  pada umumnya bulat ada yang gepeng, ciri khas mempunyai  konde, tekstur permukaan agak kasar, warna kulit pada dataran tinggi bisa sampai oranye. 

Tangkai Jeruk Keprok Medan

Mempunyai dinding buah tebal dengan lapisan kulit luar yang kaku, ketebalan kulit 3.13-4.63 mm.

Kalau memilih Jeruk Keprok, saya suka yang agak gepeng tidak terlalu bulat dan di bagian belakang atau saya sebut pantatnya, sedikit ada lekukan dan tidak datar.

Jeruk keprok seperti yang saya sebutkan dan pilih, biasanya 70 - 80 persen manis dibandingkan dengan jeruk keprok yang berbentuk bulat atau oval proporsional ke atas dan bukan ke samping. 

Baca juga :


Pilih Jeruk keprok dengan bagian pantat yang datar atau masuk ke dalam 

Klasifikasi Tanaman
Class         : Rosidae
Order         : Sapindales
Family        : Rutaceae
Genus        : Citrus
Species      : Citrus reticulata
Binomial name
Citrus reticulata Blanco


Ciri ciri dan Identifikasi Buah 

Jeruk Keprok Medan
Jeruk keprok merupakan sebuah jeruk yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pohon jeruk ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya. 

Bunganya dapat diserbuki dengan bantuan lebah, penyerbukan sendiri, atau secara partenokarpi (khusus pada jeruk varietas satsuma yang tanpa biji).

Jeruk ini merupakan leluhur dari berbagai jenis spesies dan varietas jeruk di dunia.

Citrus reticulata memiliki beberapa varietas diantaranya adalah satsuma atau mikan (Citrus unshiu), clementine, clemenule, atau nules (Citrus × clementina), dan tangerine (Citrus tangerina)

Di Indonesia, sentra produksi jeruk keprok dapat dijumpai di Batu, Jember, dan Banyuwangi di Jawa Timur, Garut di Jawa Barat, Timor Tengah Selatan di NTT, dan Bali

Ada beberapa daerah juga penghasil Jeruk Keprok dan terkenal serta menjadi sebutan nama Jeruk keprok.
  1. Jeruk Keprok Medan
  2. Jeruk Keprok Pontianak
  3. Jeruk Keprok Jatim
  4. Jeruk Keprok jabar
  5. Jeruk Keprok bengkulu
Baca juga :

 Tampilan Buah Utuh

Tampilan buah utuh Jewruk Keprok

Tinggi buah         : 10 - 15 cm
Diameter Buah    : 10 - 15 cm
Dari bentuk penampakan buahnya. Ciri khas utama dari jeruk ini adalah memiliki ‘konde’ di bagian kulitnya. Buah ini biasanya berwarna bulat dan sedikit gepeng. Berat jeruk keprok berukuran 125—274 gram per buahnya.

Buah jeruk siam berukuran lebih kecil, yakni 99,8—112,2 gram per buahnya. Jeruk siam berbentuk bulat, ujung buahnya juga bundar.

Ukuran Buah

Bagian bekas Tangkai Jeruk Keprok

Kulit Buah

Kulit buah tipis hingga tebal

Dari segi kulit buah. Kulit buah jeruk keprok berwarna cemerlang. Warna jeruk keprok beragam mulai dari hijau kekuningan sampai oranye. Buah jeruk keprok berwarna oranye biasanya ditemukan pada jenis buah yang ditanam di dataran tinggi.

Kulit buah jeruk keprok juga lebih tebal. Ketebalan kulitnya ini bisa mencapai 3,13—4,63 milimeter. Oleh karena itu, bagian kulit jeruk keprok ini cenderung kaku dan lebih sulit dibuka. Tekstur permukaan jeruk keprok juga lebih kasar. Pori-pori jeruk keprok bisa mencapai lebih besar dari 1,2 milimeter.

Berbeda dengan jeruk siam yang memiliki warna kulit hijau kekuningan. Tekstur kulit pun lebih mengilat ketimbang jeruk keprok. Pori-pori jeruk siam bisa hanya berukuran 0,8 milimeter atau bahkan lebih kecil.

Selain itu, kulit buahnya juga lebih tipis, yakni berkisar antara 1,8—2,5 milimeter. Karena kulit buah yang tipis, jeruk siam lebih mudah dibuka ketimbang jeruk keprok. Pori-pori jeruk siam ini lebih rapat.

Tampilan Buah dibelah




Buah terdiri dari Juring dan tersusun dari jeruk yang kecil kecil berbentuk seperti bulan sabit.

Juring Jeruk Keprok Medan
Bagian dalam, yakni daging buah dan spons. Lapisan spons berwarna putih tersebut disebut albedo. Jeruk keprok dan jeruk siam memiliki perbedaan yang mencolok jika dilihat dari albedo ini.

Jeruk keprok memiliki albedo yang lebih kasar. Di dalam buah terdapat segmen atau bagian buah yang memiliki kulit tipis berwarna putih transparan. Daging buah atau pulp jeruk keprok berwarna kuning oranye. Sementara, pulp jeruk siam lebih lembut.
Penampang Juring dan Biji  

Tampilan Juring dan Biji Jeruk Keprok

Cita Rasa

Jeruk keprok dan siam sangat mudah dijumpai sehari-hari. Kedua jenis jeruk ini dan variannya banyak dijual, mulai dari supermarket hingga pinggir jalan. Tampak serupa, tapi keduanya memiliki perbedaan jika diamati lebih teliti lagi.

Pertama, dari segi rasa. Jeruk keprok memiliki rasa manis yang sedikit masam. Rasa jeruk keprok ini juga cenderung lebih segar karena perpaduan dua rasa tersebut. Berbeda dengan jeruk siam. Rasa jeruk yang satu ini cenderung lebih manis ketimbang jeruk keprok.
                

Tampilan Juring dan Biji Jeruk Keprok

Nilai Gizi dan Nutrisi

Jeruk keprok atau jeruk mandarin mengandung bermacam-macam senyawa kimia seperti vitamin C dan vitamin A, serat, tembaga, dan nutrisi esensial lainnya yang sangat diperlukan tubuh.

  1. Jeruk yang satu ini rendah lemah jenuh, minim kolesterol, dan sodium . Buah ini mengandung flavonoid yang cukup tinggi .
  2. Jeruk keprok juga merupakan sumber aroma, asam organik, dan senyawa fenolik yang baik .
  3. Jika dikonsumsi dalam bentuk jus, kandungan asam askorbatnya akan meningkat .
  4. Komponen utama dalam jus jeruk keprok adalah karbohidrat yang berupa sukrosa, glukosa, dan fruktosa yaitu sekitar 75% .
  5. Sedangkan komponen penyusun yang lainnya berupa asam organik, ion anorganik, vitamin, flavonoid, volatil, dan lipid.

Tampilan Juring dan Biji Jeruk Keprok

Dalam 100 gram jeruk keprok terdapat nutrisi sebagai berikut 
Jeruk keprok, (jeruk mandarin), mentah mengandung 53 kalori : 90% dari Karbohidrat, 5% dari Lemak, 5% dari Protein

Kandungan gizi Jeruk keprok, (jeruk mandarin), mentah Per 100 grams. Sangat tinggi kandungan Vitamin C tertinggi dengan 26.7 mg(44%), Vitamin A 681.1 IU(14%) , dan Serat makanan 1.8 g(7%)

Manfaat Buah

Selain daging buahnya, kulit jeruk keprok ternyata juga memberi manfaat bagi kesehatan.

Melalui analisis fitokimia dari ekstrak metanol pada kulit jeruk keprok menunjukkan adanya kandungan karbohidrat, asam amino, flavonoid, alkaloid, tanin, turunan fenolik, dan steroid

Manfaat Jeruk Keprok
Tak diragukan lagi jika senyawa-senyawa yang tersimpan dalam daging buah jeruk keprok maupun kulitnya berkhasiat bagi kesehatan.
Beberapa manfaat yang bisa diambil dari jeruk keprok antara lain.
Mencegah Berbagai Penyakit
Batu Ginjal
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rajin mengkonsumsi buah jeruk, termasuk jeruk keprok, dapat mengurangi risiko terjadinya batu ginjal . Batu ginjal ini sedikit demi sedikit akan dikeluarkan tubuh bersama dengan urin. Batu ginjal bisa terbentuk jika kadar sitrat dalam urin rendah. Kadar sitrat dalam tubuh bisa ditingkatkan bila Anda rajin mengkonsumsi jeruk secara teratur.

Kanker
Para ahli mempelajari bahwa ekstrak jus mandarin mempunyai sifat antikanker karena mengandung flavonoid . Flavonoid menekan gel yang mendukung pertumbuhan kanker dan menonaktifkan senyawa yang bisa memicu kanker [7,18]. Jus jeruk keprok menghentikan siklus sel sehingga menyebabkan penurunan ploliferasi sel dan meningkatkan kematian sel autofagic . Selain itu, karotenoid yang ditemukan pada jeruk keprok varietas satsuma merupakan senyawa efektif untuk mencegah kanker. Jenis karotenoid tersebut adalah β-cryptoxanthin. Karotenoid ini secara klinis terbukti memiliki aktivitas antikarsinogenik pada beberapa jaringan .

Insomnia
Minyak atsiri juga populer dengan sebutan minyak esensial. Minyak atsiri merupakan hasil destilasi dari tanaman tertentu dan memiliki aroma yang khas. Dalam pengobatan tradisional, minyak atsiri yang diperoleh dari kulit jeruk keprok dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi penyakit insomnia. Minyak ini dipercaya mampu merenggangkan syaraf-syaraf yang tegang dan bersifat menenangkan.

Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Pencernaan
Melalui studi yang dilakukan, minyak atsiri yang bersumber dari kulit jeruk keprok juga mampu mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan.   Selain itu, minyak ini bisa juga digunakan sebagai stimulan pencernaan . 
Kandungan serat larut pada jeruk keprok membentuk gel pada saluran pencernaan. Gel ini menarik air ke usus untuk melunakkan feses dan mencegah terjadinya konstipasi

Jeruk keprok juga mengandung serat yang tidak larut.
Serat yang tidak larut dapat melewati usus tanpa merusaknya. Dengan demikian, risiko terjadinya sindrom iritasi usus dapat dicegah 

Kulit dan Rambut
Kulit
Ekstrak buah jeruk keprok dan kulit jeruk keprok banyak digunakan dalam perawatan kulit. Zat ini biasanya ditambahkan pada produk-produk kosmetik
Melalui uji in vitro antioksidan, antikolagenase, dan antielastase menggunakan ekstrak metanol, terbukti bahwa ekstrak kulit jeruk keprok mampu merawat kulit.
Ekstrak ini berfungsi sebagai agen antikerut sehingga mencegah penuaan dini.

Rambut
Kekurangan vitamin dapat berdampak pada keadaan rambut. 
Vitamin A berfungsi melembabkan dan melindungi rambut dari kerontokan . Sementara itu, kekurangan vitamin C dapat berpengaruh pada pertumbuhan batang rambut .

Jeruk keprok merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik.
Jadi, bila Anda menginginkan rambut yang lebat dan sehat, jeruk keprok bisa dijadikan salah satu alternatif menu diet sehat harian Anda.

Lokasi Pemotretan

Lokasi pemotretan di Kemang Pratama

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400
Focal lengh : 300 mm
Lens : Nikon AF-S 105mm F/2.8G IF-ED VR Micro-NIKKOR

Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 

Planter and Forester



2 Responses to "Jeruk Keprok, Jeruk Khas Indonesia"

Arsip Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel