google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Puma, Cougar, Puma concolor, Big Cat. - PLANTER AND FORESTER

Puma, Cougar, Puma concolor, Big Cat.

Seri : Animal 

Puma
Cougar, Puma concolor
Puma, Cougar, Puma concolor
Puma, Puma concolor atau cougar atau singa gunung adalah binatang mamalia yang tergolong dalam kelompok kucing besar. Puma umumnya dijumpai di kawasan benua Amerika. Puma mempunyai genetik yang lebih dekat dengan kucing dibandingkan dengan singa.

"Puma" adalah nama umum yang digunakan di Amerika Latin dan sebagian besar Eropa. Istilah puma juga digunakan di Amerika Serikat.

Penggunaan pertama puma dalam bahasa Inggris dimulai pada tahun 1777, diperkenalkan dari bahasa Spanyol, dan sebelumnya dari bahasa Quechua pada abad ke-16, yang artinya Powwerful alias kuat

Nama Populer - Pop name    : Puma, Cougar
Nama Latin - Latin Name      Puma concolor
Family                         Felidae
Origin - Daerah Asal               : Amerika

Ciri khas                                  :  Hidup di gunung gunung
Keunikan                                 :  Memiliki nama yang cukup banyak, lebih dari 40 nama
Baca juga :

Di Amerika Serikat bagian barat dan Kanada, ini juga disebut "singa gunung", nama yang pertama kali digunakan dalam penulisan pada tahun 1858.

Nama lain termasuk Panther alias macan kumbang, Painer alias pelukis dan "catamount". Penjelajah Spanyol awal di Amerika menyebutnya gato montés (berarti  cat of the mountain alias  kucing gunung), dan león berarti Lion atau singa.

Cougar memegang rekor Guinness untuk hewan dengan jumlah nama terbesar, dengan lebih dari 40 dalam bahasa Inggris saja.

Puma, Cougar, Puma concolor
Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 
Habitat Satwa

Habitat  dan Distribusinya yang luas berasal dari kemampuan adaptasinya di hampir semua tipe habitat; Ia hidup di semua tipe hutan, serta di dataran rendah dan gurun pegunungan, serta di daerah terbuka dengan sedikit vegetasi.

Di Pegunungan Santa Ana, ia lebih menyukai ngarai curam, lereng curam, bebatuan tepi, dan semak lebat

Banyak sekali kasus penyerangan cougar terhadap manusia yang tercatat, motif penyerangan adalah karena mereka putus asa karena sumber makanan berkurang akibat hilangnya habitat. Mereka sering menyerang anak kecil dan orang yang sedang bersepeda atau berlari karena gerakan-gerakan tersebut mirip dengan gerakan yang biasanya dilakukan mangsa cougar.

Penyebaran Satwa

Penyebaran Puma Cougar memiliki jangkauan terbesar dari semua hewan darat liar di Amerika. Jangkauannya mencakup 110 derajat lintang, dari Wilayah Yukon utara di Kanada hingga Andes selatan.

Diperkirakan dan dipercaya oleh banyak orang bahwa para cougars dari AS bagian barat mengkolonisasi kembali wilayah bekas cougar timur di timur laut Amerika Serikat, dan ada bukti yang berkembang yang mendukung klaim ini, yang menunjukkan populasi cougars barat yang kecil namun terus bertambah di negara bagian timur laut, kebanyakan cougars bermigrasi dari Amerika Serikat bagian barat tengah, meskipun mungkin juga dari Kanada.

Morfologi Satwa

Morfologi Puma, Kepala Puma bulat dan telinganya tegak. Bagian depan, leher, dan rahangnya yang kuat berfungsi untuk menangkap dan menahan mangsa besar. Ia memiliki lima cakar yang bisa ditarik di kaki depannya (satu cakar embun) dan empat di cakar belakangnya. Kaki dan cakar depan yang lebih besar merupakan adaptasi dari mangsa yang mencengkeram (clutching prey). 

Puma adalah anggota Felidae yang ramping dan gesit. Mereka adalah spesies kucing terbesar keempat di dunia; dewasa berdiri sekitar 60 sampai 90 cm tinggi di bahu. 
Puma jantan dewasa sekitar 2,4 m panjang dari hidung ke ujung ekor, dan betina rata-rata 2,05 m, dengan keseluruhan berkisar antara 1,50 sampai 2,75 m hidung ke ekor disarankan untuk spesies secara umum. Dari panjang ini, ekor biasanya menyumbang 63 hingga 95 cm.

Puma Jantan umumnya memiliki berat 53 hingga 100 kg, rata-rata 68 kg. Puma Betina biasanya memiliki berat antara 29 dan 64 kg, rata-rata 55 kg.

Ukuran Puma atau cougar paling kecil mendekati ekuator dan lebih besar kearah kutub. Cougar terbesar yang pernah tercatat, ditembak pada tahun 1901, memiliki berat 105,2 kg; klaim 125,2 kg dan 118 kg telah dilaporkan, meskipun kemungkinan besar dibesar-besarkan.

Rata-rata, cougars jantan dewasa di British Columbia memiliki berat 56,7 kg dan betina dewasa 45,4 kg, meskipun beberapa cougars jantan di British Columbia memiliki berat antara 86,4 dan 95,5 kg.

Puma, Cougar, Puma concolor

Perilaku Makan Satwa

Perilaku Makanan cougar umumnya adalah rusa, tupai, ikan, dan lain-lain.

Cougar menyerang mangsanya dengan menyergap atau menyerang tiba-tiba karena ia memiliki stamina yang tidak terlalu bagus. Hal tersebut menyebabkan cougar harus menghemat energi, seperti singa dan kucing.

Predator generalis yang sukses, cougar akan memakan hewan apa pun yang dapat ditangkapnya, mulai dari serangga hingga hewan berkuku besar (lebih dari 500 kg). Seperti kucing lainnya, ini adalah karnivora wajib, artinya harus memakan daging untuk bertahan hidup. Rata-rata bobot mangsa vertebrata yang diserang puma meningkat seiring dengan bertambahnya bobot badan puma; secara umum, lebih rendah di daerah yang lebih dekat dengan ekuator.

Spesies mangsa terpentingnya adalah berbagai spesies rusa, khususnya di Amerika Utara; rusa bagal, rusa berekor putih, rusa besar, dan bahkan rusa jantan diambil. Spesies lain yang diambil termasuk bighorn dan domba Dall, kuda, rusa fallow, karibu, kambing gunung, coyote, American badger dan pronghorn.

Sebuah survei penelitian Amerika Utara menemukan 68% mangsa adalah hewan berkuku, terutama rusa. Hanya macan kumbang Florida yang menunjukkan variasi, seringkali lebih memilih babi liar dan armadillo.

Perilaku Reproduksi Satwa
Perilaku Reproduksi  Puma Betina mencapai kematangan seksual antara usia satu setengah hingga tiga tahun. Mereka biasanya rata-rata mengeluarkan satu anak setiap dua hingga tiga tahun selama masa reproduksi mereka, meskipun periode tersebut bisa sesingkat satu tahun.

Puma Betina berada dalam estrus selama sekitar 8 hari dari siklus 23 hari; masa gestasi sekitar 91 hari. Puma Betina kadang-kadang dilaporkan sebagai monogami, tetapi ini tidak pasti dan poligini mungkin lebih umum. Kopulasi singkat tapi sering. Stres kronis dapat mengakibatkan tingkat reproduksi rendah saat di penangkaran maupun di lapangan.

Hanya Puma Betina yang terlibat dalam pengasuhan. Ukuran anak antara satu sampai enam ekor anak; biasanya dua. Gua dan ceruk lain yang menawarkan perlindungan digunakan sebagai sarang sampah. Terlahir buta, anak-anaknya pada awalnya bergantung sepenuhnya pada ibunya, dan mulai disapih pada usia sekitar tiga bulan. Saat mereka tumbuh, mereka mulai pergi keluar bersama ibu mereka, pertama-tama mengunjungi lokasi pembunuhan, dan setelah enam bulan mulai berburu mangsa kecil sendiri.

Tingkat kelangsungan hidup anak kucing hanya lebih dari satu ekor per anak. Puma yang baru lahir memiliki bintik-bintik yang memudar dan akhirnya menghilang pada usia 2 1/2 tahun. Remaja tetap bersama ibunya setidaknya selama dua tahun. 

Klasifikasi Satwa 
Kingdom    :  Animalia
Phylum      Chordata
Class         : Mammalia

Order         : Carnivora
Family        : Felidae
Subfamily   : Felinae
Genus        : Puma
Species      : Puma concolor
Binomial name
Puma concolor (Linnaeus, 1771)

Kata cougar dipinjam dari bahasa Portugis çuçuarana, melalui bahasa Prancis; itu aslinya berasal dari bahasa Tupi. Bentuk saat ini di Brasil adalah suçuarana.

Pada abad ke-17, Georg Marcgrave menamakannya cuguacu ara. Terjemahan Marcgrave direproduksi pada tahun 1648 oleh rekannya Willem Piso. Cuguacu ara kemudian diadopsi oleh John Ray pada tahun 1693. Pada tahun 1774, Georges-Louis Leclerc, Comte de Buffon mengubah cuguacu ara menjadi cuguar, yang kemudian diubah menjadi "cougar" dalam bahasa Inggris.

Felis concolor adalah nama ilmiah yang diusulkan oleh Carl Linnaeus pada tahun 1771 untuk seekor kucing dengan ekor panjang dari Brasilia.

Paruh kedua nama, "concolor" adalah bahasa Latin untuk of uniform color atau warna seragam. Itu ditempatkan di genus Puma oleh William Jardine pada tahun 1834.
Genus ini adalah bagian dari Felinae. Cougar paling dekat hubungannya dengan jaguarundi, serta cheetah modern di Afrika dan Asia Barat

Status Konservasi

Puma atau Cougar ini terdaftar sebagai perhatian dalam Daftar Merah IUCN  (as least concern on the IUCN Red List)   sejak tahun 2008. Ia juga terdaftar di CITES Appendix II.

Perburuan dilarang di California, Kosta Rika, Honduras, Nikaragua, Guatemala, Panama, Venezuela, Kolombia, Guyana Prancis, Suriname, Bolivia, Brasil, Chili, Paraguay, Uruguay, dan sebagian besar Argentina.

Menetapkan koridor satwa liar dan melindungi area jangkauan yang memadai sangat penting untuk keberlanjutan populasi cougar. Simulasi penelitian menunjukkan bahwa ia menghadapi risiko kepunahan yang rendah di daerah yang lebih besar dari 2.200 km2 (850 mil persegi). Antara satu dan empat individu baru yang memasuki suatu populasi per dekade secara nyata meningkatkan persistensi, sehingga menyoroti pentingnya koridor habitat

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

0 Response to "Puma, Cougar, Puma concolor, Big Cat."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel