google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Green Tree Monitor, Biawak Hijau, Varanus prasinus yang sangat menawan - PLANTER AND FORESTER

Green Tree Monitor, Biawak Hijau, Varanus prasinus yang sangat menawan

 Green Tree Monitor, Biawak Hijau,  Varanus prasinus yang sangat menawan

The emerald tree monitor Biawak Pohon Hijau zamrud, Varanus prasinus atau   Green tree monitor, Biawak pohon hijau, adalah biawak arboreal berukuran kecil hingga sedang. Ia dikenal karena warnanya yang tidak biasa, yang terdiri dari corak dari hijau ke pirus, diatapi dengan pita punggung melintang yang gelap. Pewarnaan ini membantu menyamarkannya di habitat arboreal. Warnanya juga membuat monitor pohon zamrud sangat dihargai baik di perdagangan hewan peliharaan maupun di kebun binatang

Green Tree Monitor, Biawak Hijau, Varanus prasinus 

Nama Populer - Pop name    :  Green Tree Monitor, Biawak Hijau, The emerald tree monitor 
Nama Latin - Latin Name      :  Varanus prasinus
Family                         :  Varanidae
Origin - Daerah Asal               :  Indonesia, Papua

Ciri khas                                  :  Berwarna Hijau Terang, seperti Emerald
Keunikan                                 :  Ekornya cukup panjang dan berfungsi untuk memukul

Green Tree Monitor, Biawak Hijau, Varanus prasinus 

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Habitat Satwa

Habitat  dari Biawak Hijau, Saat terancam, Biawak pohon zamrud akan kabur melalui vegetasi atau menggigit jika terpojok.

Hal ini adalah salah satu dari sedikit sifat Biawak yang sosial, hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari jantan dominan, beberapa betina, dan beberapa jantan dan remaja lainnya.

Penyebaran Satwa

Penyebaran Biawak pohon zamrud,The emerald tree monitor  dan kerabat dekatnya dapat ditemukan di Indonesia dan Papua Nugini serta beberapa pulau yang berdekatan, dan Kepulauan Selat Torres bagian utara.

Biawak pohon hijau atau Biawak Hijau dilaporkan berkembang biak dengan baik  di lingkungan dataran rendah, termasuk hutan tropis yang selalu hijau, rawa-rawa palem dan perkebunan kakao

Morfologi Satwa

Morfologi Biawak Hijau, Biawak  pohon zamrud memiliki panjang sekitar 75–100 cm dengan tubuh ramping yang membantunya menopang dirinya di dahan sempit. Ia menggunakan ekor yang dapat memegang dan cakar panjang untuk mencengkeram cabang.

Tidak seperti varanid lainnya, biawak ini mempertahankan ekornya untuk memukul sekaligus  untuk pertahanan saat terancam. Telapak kaki Biawak pohon zamrud memiliki sisik yang membesar yang membantu Sang Biawak saat memanjat.

Perilaku Makan Satwa

Perilaku makan Biawak Hijau, Makanan Biawak pohon zamrud terdiri dari arthropoda penghuni pohon besar, seperti tonggeret, serangga tongkat, kecoak, kumbang, lipan, laba-laba dan kepiting, serta burung dan mamalia kecil. 

Sebelum menelan serangga tongkat, biawak merobek kakinya. Spesimen penangkaran merobek anggota badan hewan pengerat sebelum memakannya; sebagai hasilnya, mereka mampu menelan mamalia dengan ukuran yang cukup besar: 

Seekor Biawak Hijau seberat 135 gram didokumentasikan memakan hewan pengerat seberat 40 gram, hampir sepertiga ukurannya. Ahli paleontologi dan profesor Universitas Kuil Michael Balsai telah mengamati Varanus prasinus memakan buah (pisang) di penangkaran seperti yang dilakukan oleh ahli herpetologi dan penulis Robert G. Sprackland.

Perilaku Reproduksi Satwa
Perilaku Reproduksi Satwa Biawak Hijau, Jumlah telur terdiri dari hingga lima telur, masing-masing memiliki berat 10,5–11,5 g dan berukuran sekitar 2 kali 4,5 cm. 

Sebanyak tiga telor diletakkan sepanjang tahun; Telor Telor diletakkan oleh biawak pada bulan Januari, Maret, April, November, dan Desember. 

Biawak  pohon zamrud betina bertelur di sarang rayap arboreal. Telur menetas antara 160 dan 190 hari kemudian, biasanya dari bulan Juni hingga November, setelah itu anak-anak Biawak Hijau  memakan rayap dan telur rayap dalam beberapa menit setelah menetas. Kematangan seksual dicapai dalam waktu sekitar satu tahun

Klasifikasi Satwa 
Kingdom : Animalia
Phylum    : Chordata
Class       : Reptilia
Order       :  Squamata
Family     : Varanidae
Genus     : Varanus
Subgenus : Hapturosaurus
Species: Varanus prasinus
Binomial name
Varanus prasinus Schlegel, 1839

Varanus prasinus pertama kali dijelaskan sebagai Monitor viridis oleh John Edward Gray pada tahun 1831; namun, holotipe asli Gray (RMNH 4812 di Museum Sejarah Alam Nasional di Leiden) telah hilang dan spesies tersebut dideskripsikan ulang oleh Schlegel delapan tahun kemudian sebagai V. prasinus menggunakan spesimen yang ditemukan.

Nama generik Varanus berasal dari kata Arab waral, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "monitor". Nama spesifiknya, prasinus, adalah bahasa Latin untuk warna hijau.

Varanus prasinus adalah anggota subgenus Euprepiosaurus. Ia berkerabat dekat dengan beberapa spesies arboreal lainnya; bila digabungkan, ini sering disebut sebagai kelompok spesies Varanus prasinus atau spesies kompleks. 

Selain Varanus prasinus, kelompok spesies yang semuanya allopatric ini antara lain 

  1. Varanus beccarii (Kepulauan Aru), 
  2. Varanus boehmei (Pulau Waigeo), 
  3. Varanus bogerti (D'Entrecasteaux Archipelago), 
  4. Varanus keithhornei (Cape York Peninsula), 
  5. Varanus kordensis (Pulau Biak), 
  6. Varanus  macraei (Pulau Batanta), 
  7. Varanus reisingeri (Pulau Misool) dan 
  8. Varanus telenesetes (Pulau Rossel)

Status Konservasi


Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester


0 Response to "Green Tree Monitor, Biawak Hijau, Varanus prasinus yang sangat menawan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel