google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Macropus agilis - PLANTER AND FORESTER

Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Macropus agilis

Animal Kingdom
Seri Fauna
 
The Agile Wallaby
Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Macropus agilis

Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Macropus agilis
The agile wallaby, Kanguru Tanah, Kangguru Tanah atau Walabi tangkas, Macropus agilis juga dikenal sebagai walabi berpasir, adalah spesies walabi yang ditemukan di utara Australia, Papua dan New Guinea. Ini adalah walabi paling umum di utara Australia. 

Kanguru Tanah atau Walabi yang gesit berwarna pasir, menjadi lebih pucat di bawah. Kadang-kadang menyendiri dan di waktu lain bersosialisasi dan merumput di rumput -grazes on grasses  dan tanaman lain. Status Konservasi : Walabi yang gesit ini adalah  not considered threatened atau tidak dianggap terancam punah.

Nama Populer - Pop name    :  Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Walabi
Nama Latin - Latin Name      :  Macropus agilis
Family                         :  Macropodidae
Origin - Daerah Asal               :  Papua, PNG, Australia

Ciri khas                                  :  Berekor panjang 
Keunikan                                 :  Berkaki dan "bertangan" kuat

Baca juga :

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Habitat Satwa

Habitat  Kanguru Tanah Di Australia, habitat khasnya adalah hutan terbuka yang kering, semak belukar, bukit pasir, dan padang rumput. Itu sering hadir di sekitar sungai dan billabong. Saat pasokan rumput terbatas, terkadang rumput menjelajah di semak-semak atau berpindah ke lahan pertanian, termasuk perkebunan tebu.

Di Papua Indonesia, ditemukan di daerah padang rumput dan semak semak hutan belukar.

Penyebaran Satwa

Penyebaran Kanguru Tanah atau Agile Wallaby atau Walabi tangkas ditemukan di Australia utara, Papua Nugini, dan provinsi Papua, Indonesia. Ini adalah walabi paling umum di sebagian besar wilayah utara Australia.

Di Australia utara dan di sepanjang pantai timur Queensland, penyakit ini cukup umum, dan terdapat populasi yang terisolasi di tenggara Queensland di sekitar Coomera, Jacobs Well dan Hope Island.

Itu juga ada, meskipun tidak umum, di Pulau Stradbroke dan di Pulau Woogoompah di Kepulauan Teluk Moreton Selatan, dan mungkin masih ada di Pulau Peel.

Morfologi Satwa

Morfologi dari Kanguru Tanah atau Walabi tangkas atau Agile Wallaby 
  1. Walabi jantan yang gesit jauh lebih besar dari betina, memiliki panjang kepala dan tubuh hingga 85 cm dan berat 16 hingga 27 kg sedangkan betina tumbuh hingga 72 cm dan berat 9 hingga 15 kg.
  2. Ekor kedua jenis kelamin baik jantan maupunbetina  panjang dan fleksibel, memberikan total panjang dua kali lipat panjang kepala dan tubuh.
  3. Kanguru Tanah memiliki telinga yang relatif besar, yang pinggirannya berwarna hitam, dan ujung ekornya juga berwarna hitam.
  4. Punggung Kangguru tanah berwarna coklat pasir sedangkan bagian bawahnya berwarna keputihan.
  5. Agile Wallaby memiliki garis gelap di antara telinga, garis pipi pucat di setiap sisi wajah dan garis pucat lainnya di paha.
Perilaku Satwa
Perilaku satwa salah satunya perilaku makan, Secara umum, Kanguru tanah atau Walabi tangkas adalah hewan soliter, tetapi terkadang membentuk kelompok saat makan di padang rumput terbuka, perilaku yang dapat membantu kesadaran predator.
Kanguru Tanah atau Walabi yang gesit memberi makan terutama pada malam hari dari rumput, kacang-kacangan, dan tanaman herba lainnya, tetapi mungkin juga mencari makan di siang hari, terutama di musim hujan. 
Pada musim kemarau, kisaran ternak tumbuh lebih besar karena kualitas penggembalaan menurun atau vegetasi alam sangat menurun, dan pola makan diperluas hingga mencakup bunga, buah, ranting, daun tumbang, akar, dan kulit kayu.

Pada musim kemarau di Taman Nasional Boodjamulla di Queensland, ketika makanan terbatas, diamati mencabut bibit pohon Livistona - Livistona palms  dengan giginya, memakan akar dan batangnya, dan membuang daunnya.
Jika makanan disaat musim hujan dan semi sudah tersedia, ia memakan buah buah palm atau biji kelapa sawit , tetapi di musim kemarau ia juga meremukkan dan memakan bijinya yang keras.
 
Ia juga mengkonsumsi benih lain yang telah melewati usus burung pemakan buah.  Kadang-kadang menggali lubang di anak sungai kering dan billabong untuk mencari air, dan ini dianggap dapat membantunya agar tidak dibunuh oleh buaya air asin (Crocodylus porosus) yang dapat ditemukan di samping sungai.


Perilaku Reproduksi Satwa
Perilaku Reproduksi Kanguru Tanah, domana proses Pembiakan terjadi setiap saat sepanjang tahun, dengan betina menjadi reseptif segera setelah melahirkan. Perilaku Kanguru Tanah Jantan perebutan dan perseteruan dengan suara suara khas wallaby seperti adu mulut, melompat ke udara, dan secara sinis mencambuk ekor. 
Setelah berkenalan dan berkomunikasi dan berpacaran singkat, perkawinan terjadi setelah diapause embrio terjadi, di mana embrio tetap dalam keadaan dormansi sebelum ditanamkan. 
Masa kehamilan sekitar 30 hari, setelah itu walabi muda lahir dan menuju ke kantong induknya. Kanguru Tanah atau Walabi muda tetap di sana selama 7-8 bulan dan disapih sekitar 11 bulan.
Induk yang pekerja keras, sayang anak dan tidak kenal capek.

Klasifikasi Satwa 
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Mammalia

Order         :  Diprotodontia
Family        :  Macropodidae
Subfamily   :  
Genus        :  Macropus
Species      :  Macropus agilis
Binomial name
Macropus agilis ( Gould, 1842)

Empat subspesies Agile Walabi atau Kanguru Tanah yang ada adalah:

Macropus agilis  agilis, subspesies yang mencalonkan, ditemukan di Northern Territory.
Macrous agilis jardinii ditemukan di pantai utara dan timur Queensland.
Macropus agilis nigrescens ditemukan di wilayah Kimberley dan Arnhem Land di Australia Barat.
Macropus agilis papuanus ditemukan di selatan di Papua Indonesia dan tenggara Papua Nugini dan beberapa pulau di sekitarnya.

Status Konservasi
Status Konservasi dari Kanguru Tanah adalah Least Concern - LC.
Walabi yang gesit memiliki jangkauan yang luas dan umum pada sebagian besar rentang tersebut. Kanguru Tanah atau Wallaby tidak menghadapi ancaman besar; Namun, di New Guinea ditembak untuk daging hewan liar dan di Australia kadang-kadang dibunuh oleh petani karena bersifat sebagai hama.

Kanguru Tanah sebagian ada di sejumlah kawasan lindung di Australia, tetapi tidak demikian halnya di New Guinea. Secara keseluruhan, populasinya diperkirakan menurun, tetapi total populasinya besar dan laju penurunannya lambat, sehingga IUCN menganggap spesies ini tidak terlalu memprihatinkan alias Least Concern.

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/8
Exposure time : 1/320 sec.
ISO Speed : ISO 200 
Focal lengh : 270 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

0 Response to "Kanguru Tanah, The Agile Wallaby, Macropus agilis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel