google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens - PLANTER AND FORESTER

The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens

Seri Fauna 
The Red Panda 
Ailurus fulgens


The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens

Panda merah adalah satu-satunya anggota yang hidup dari genus Ailurus dan keluarga Ailuridae . Ini sebelumnya telah ditempatkan dalam keluarga rakun dan beruang -the raccoon and bear families , tetapi hasil analisis filogenetik memberikan dukungan yang kuat untuk klasifikasi taksonomi di keluarganya sendiri, Ailuridae, yang merupakan bagian dari keluarga super Musteloidea , bersama dengan keluarga musang , rakun dan sigung -  the superfamily Musteloidea, along with the weasel, raccoon and skunk families . 

Panda merah memiliki kebiasaan setelah bangun tidur, panda merah membersihkan bulunya seperti kucing, menjilati cakar depannya, lalu menggosok punggung, dada, dan sampingnya. Mereka juga menggosok punggung dan perut di sepanjang sisi pohon atau bebatuan. Kemudian mereka berpatroli di wilayah mereka, menandai dengan urin dan sekresi berbau musk yang lemah dari kelenjar anal mereka. Mereka mencari makanan yang mengalir di sepanjang tanah atau melalui pepohonan. Panda merah dapat menggunakan kaki depannya secara bergantian untuk membawa makanan ke mulutnya atau memasukkan makanan langsung ke mulutnya

Nama Populer - Pop name    :  The Red Panda, Panda Merah, Lesser Panda, Common Panda.

Nama Latin - Latin Name      :  Ailurus fulgens
Family                         :  Ailuridae
Origin - Daerah Asal               : Himalaya, China, Burma, India, Nepal

Ciri khas                                  :  Berwarna rambut yang lucu
Keunikan                                 :  Banyak diburu karena diambil bulunya.

Baca juga :

Dalam bahasa inggris, panda merah disebut dengan lesser panda, true panda dan common panda.
Ilustrasi dalam kamus Cina Zhonghua Da Zidian, Orang Lepcha menyebutnya sak nam. Di Nepal, ini disebut bhālu birālo (kucing beruang) dan hābre.

Orang Sherpa di Nepal dan Sikkim menyebutnya ye niglva ponva dan wah donka.

Kata wậː adalah Sunuwari yang berarti beruang; dalam bahasa Tamang, beruang merah kecil disebut tāwām.

Di wilayah Kanchenjunga di Nepal timur, orang Limbu mengenal panda merah sebagai kaala secara harfiah dark - gelap karena bulu di bagian bawah; penduduk desa asal Tibet menyebut mereka hoptongar

Predator panda merah termasuk macan tutul salju (Panthera uncia), mustelida, dan manusia. Jika mereka merasa terancam atau merasakan bahaya, mereka mungkin mencoba melarikan diri dengan memanjat tiang batu atau pohon. Jika mereka tidak bisa lagi melarikan diri, mereka berdiri dengan kaki belakang mereka untuk membuat diri mereka tampak lebih besar dan menggunakan cakar tajam di kaki depan mereka untuk mempertahankan diri. Seekor panda merah menjadi daya tarik pengunjung di Jepang karena kemampuannya berdiri tegak selama sepuluh detik sekaligus.

Umur panda merah berkisar antara delapan dan 10 tahun, tetapi individu-individu diketahui mencapai 15 tahun

The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens

The Red Panda, Panda merah,  Ailurus fulgens  adalah binatang Carnivorous timur Himalaya dan barat daya Cina . Itu terdaftar sebagai Terancam Punah di Daftar Merah IUCN karena populasi liar diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa dan terus menurun karena hilangnya dan fragmentasi habitat , perburuan , dan depresi perkawinan sedarah . Terlepas dari namanya, ia tidak berkerabat dekat dengan panda raksasa 
The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens

Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Panda merah memiliki spesialisasi sebagai pemakan bambu dengan cakar semi-retractile yang kuat, melengkung dan tajam yang berdiri ke dalam untuk menggenggam cabang pohon yang sempit, daun, dan buah. Seperti panda raksasa, ia memiliki "ibu jari palsu", yang merupakan perpanjangan dari tulang pergelangan tangan. Saat menurunkan kepala pohon terlebih dahulu, panda merah memutar pergelangan kakinya untuk mengontrol turunnya, salah satu dari sedikit spesies pemanjat yang melakukannya.

Panda merah bersifat teritorial; itu soliter kecuali selama musim kawin. Biasanya sunyi kecuali untuk beberapa suara komunikasi berkicau, tweet, dan bersiul. Telah dilaporkan menjadi hewan nokturnal dan krepuskular, tidur di cabang pohon atau di cekungan pohon pada siang hari dan meningkatkan aktivitasnya pada sore dan sore hari. Ia tidur berbaring di dahan dengan kaki menjuntai saat panas, dan meringkuk dengan ekor menutupi wajah saat dingin.

Ini sangat peka terhadap panas, dengan suhu ambang panas yang optimal antara 17 dan 25 ° C.

Habitat Satwa

Habitat  Panda Merah, Panda merah hidup antara ketinggian 2.200 dan 4.800 m, mendiami daerah bersuhu sedang antara 10 dan 25 ° C dengan sedikit perubahan tahunan. Ini lebih menyukai pegunungan campuran gugur dan hutan konifer, terutama dengan pohon-pohon tua dan tumbuhan bawah bambu yang lebat.

Penyebaran Satwa

Penyebaran Panda Merah Lokasi dengan kepadatan panda merah tertinggi termasuk daerah di Himalaya yang telah diusulkan sebagai tempat perlindungan bagi berbagai spesies endemik di zaman Pleistosen. Kisaran distribusi panda merah harus dianggap terpisah, bukan kontinu. Sebuah populasi terpisah mendiami Dataran Tinggi Meghalaya di timur laut India.

Panda merah endemik di hutan beriklim sedang di Himalaya, dan tersebar dari kaki bukit Nepal barat hingga Cina di timur.

Batas paling timurnya adalah Pegunungan Qinling di Provinsi Shaanxi di Cina.

Jangkauannya meliputi Tibet selatan, Sikkim dan Assam di India, Bhutan, pegunungan utara Burma, dan di barat daya Cina, di Pegunungan Hengduan di Sichuan dan Pegunungan Gongshan di Yunnan.

The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens

Morfologi Satwa

Morfologi dari The Red Panda, Panda merah memiliki bulu coklat kemerahan, ekor panjang lusuh, dan gaya berjalan goyah karena kaki depannya lebih pendek; Ini kira-kira seukuran kucing domestik, meski dengan tubuh yang lebih panjang. Itu arboreal dan makan terutama pada bambu, tetapi juga makan telur, burung, dan serangga. Ini adalah hewan soliter, terutama aktif dari senja hingga fajar, dan sebagian besar tidak banyak bergerak di siang hari. Ia juga disebut panda kecil, kucing beruang merah, dan beruang kucing merah -  the lesser panda, the red bear-cat, and the red cat-bear.

Panjang kepala dan tubuh panda merah berukuran 50 hingga 64 cm, dan panjang ekornya 28 hingga 59 cm. Pria memiliki berat 3,7 hingga 6,2 kg dan betina 3 hingga 6,0 kg.

Panda merah memiliki bulu panjang, lembut, coklat kemerahan di bagian atas, bulu kehitaman di bagian bawah, dan wajah cerah dengan tanda robek dan lencana putih mirip dengan rakun, tetapi setiap individu dapat memiliki tanda yang berbeda. Tengkoraknya bulat dengan telinga tegak berukuran sedang, hidungnya hitam, dan matanya kehitaman. Giginya kuat.

Ekornya yang panjang dan lebat dengan enam cincin oker melintang bergantian memberikan keseimbangan dan kamuflase yang sangat baik di habitat dengan pepohonan yang tertutup lumut dan lumut. Kakinya berwarna hitam dan pendek dengan bulu tebal di telapak kaki. Bulu ini berfungsi sebagai insulasi termal pada permukaan yang tertutup salju atau es dan menyembunyikan kelenjar aroma, yang juga terdapat di anus.

Perilaku Makan Satwa

Perilaku makan Red Panda, Panda merah adalah pemanjat yang sangat baik, dan mencari makan sebagian besar di pepohonan. Mereka kebanyakan makan bambu, dan mungkin memakan mamalia kecil, burung, telur, bunga, dan buah beri. Di penangkaran, mereka diamati memakan burung, bunga, daun maple dan murbei, serta kulit kayu dan buah maple, beech, dan mulberry.

Seperti panda raksasa, mereka tidak dapat mencerna selulosa, sehingga mereka harus mengkonsumsi bambu dalam jumlah besar untuk bertahan hidup. Makanan mereka terdiri dari sekitar dua pertiga bambu, tetapi mereka juga memakan jamur, akar, biji pohon ek, lumut, dan rerumputan. Kadang-kadang, mereka melengkapi makanan mereka dengan ikan dan serangga. Mereka melakukan sedikit lebih dari makan dan tidur karena diet rendah kalori mereka.

Rebung lebih mudah dicerna daripada daun, menunjukkan tingkat kecernaan tertinggi di musim panas dan musim gugur, kecernaan menengah di musim semi, dan kecernaan terendah di musim dingin. Variasi ini berkorelasi dengan kandungan nutrisi pada bambu.

Panda merah mengolah bambu dengan buruk, terutama selulosa dan komponen dinding selnya. Ini berarti pencernaan mikroba hanya memainkan peran kecil dalam strategi pencernaan mereka. Untuk bertahan hidup dengan pola makan berkualitas buruk ini, mereka harus memakan bagian tanaman bambu berkualitas tinggi, seperti daun dan pucuk yang empuk, dalam jumlah banyak, lebih dari 1,5 kg daun segar dan 4 kg pucuk segar setiap hari.

Makanan ini melewati saluran pencernaan dengan cukup cepat (sekitar 2–4 jam) untuk memaksimalkan asupan nutrisi harian. Panda merah dapat merasakan pemanis buatan, seperti aspartam, dan merupakan satu-satunya nonprimata yang diketahui dapat melakukannya.

Perilaku Reproduksi Satwa
Perilaku Reproduksi Panda Merah,  Panda merah dapat bereproduksi pada usia sekitar 18 bulan, dan matang sepenuhnya pada usia dua hingga tiga tahun.

Orang dewasa jarang berinteraksi di alam liar kecuali untuk kawin. Kedua jenis kelamin dapat kawin dengan lebih dari satu pasangan selama musim kawin dari pertengahan Januari hingga awal Maret.

Beberapa hari sebelum lahir, betina mulai mengumpulkan material, seperti semak belukar, rumput, dan daun; membangun sarang, yang biasanya terletak di pohon berlubang atau celah batu. Setelah masa kehamilan 112 hingga 158 hari, betina melahirkan pada pertengahan Juni hingga akhir Juli untuk satu hingga empat (biasanya 1-2) bayi tuli dan buta dengan berat masing-masing 110 hingga 130 g.

Setelah lahir, induknya membersihkan anaknya, dan kemudian bisa mengenali masing-masing dari baunya. Pada awalnya, dia menghabiskan 60% hingga 90% waktunya bersama anak-anaknya. Setelah minggu pertama, ibu mulai menghabiskan lebih banyak waktu di luar sarang, kembali setiap beberapa jam untuk merawat dan merawat anaknya. Dia sering memindahkan anak-anaknya di antara beberapa sarang, yang semuanya dia jaga kebersihannya.

Anak-anaknya mulai membuka mata pada usia sekitar 18 hari. Sekitar 90 hari, mereka mencapai bulu dewasa penuh dan pewarnaan, dan mulai keluar dari sarang. Mereka juga mulai makan makanan padat pada saat ini, menyapih pada usia sekitar enam hingga delapan bulan. Anak-anaknya tinggal bersama induknya sampai anak berikutnya lahir di musim panas berikutnya. Jantan jarang membantu membesarkan anak, dan hanya jika mereka hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil

Klasifikasi Satwa 
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Mammalia

Order         :  Carnivora
Family        :  Ailuridae
Subfamily   : 
Genus        :  Ailurus F. Cuvier, 1825
Species      :  Ailuridae fulgens
Binomial name
Ailurus fulgens F. Cuvier, 1825

Subspecies
Ailuridae fulgens fulgens (Himalayan red panda) F. Cuvier, 1825
Ailuridae fulgens styani (Chinese red panda) Thomas, 1902

Status Konservasi
Panda merah terdaftar sebagai terancam punah di IUCN Red List  dengan status Endangered (EN) - risiko kepunahan sangat tinggi di alam liar, sesuai kriteria A sampai E untuk Endangered. Sejak 2008 karena populasi global diperkirakan sekitar 10.000 individu, dengan tren populasi yang menurun; hanya sekitar setengah dari total luas habitat potensial 142.000 km2 yang benar-benar dimanfaatkan oleh spesies tersebut.

Karena sifatnya yang pemalu dan tertutup, dan sebagian besar merupakan kebiasaan nokturnal, pengamatan panda merah menjadi sulit. Oleh karena itu, angka populasi di alam liar ditentukan oleh perkiraan kepadatan populasi dan bukan penghitungan langsung. Itu dilindungi di semua negara, dan perburuan ilegal. Itu tercantum dalam CITES Appendix I

Lokasi Pemotretan Satwa

Lokasi pemotretan di Taman Safari Bogor, Bogor, Jawa Barat

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/60 sec.
ISO Speed : ISO 800 
Focal lengh : 70 mm
Lens : Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

0 Response to "The Red Panda, Panda Merah, Ailurus fulgens"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel