google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Bidara, Ziziphus mauritiana Lam. Tanaman Berkhasiat Herbal Dahsyat - PLANTER AND FORESTER

Bidara, Ziziphus mauritiana Lam. Tanaman Berkhasiat Herbal Dahsyat

Bidara,  Ziziphus mauritiana Lam.  

Tanaman Berkhasiat Herbal Dahsyat

Nama Populer     : Pohon  Bidara, Widara,  

Nama Latin         Ziziphus mauritiana Lam, Rhamnus jujuba L.,iziphus jujuba (L.
                                          Gaertn 
Family         Rhamnaceae
Origin - Daerah Asal : Indonesia, Asia Tenggara, Malaysia, Thailand
Letak Landscape         : Tanaman Pelindung, Tanaman Tepi Jalan
Tipe Tanaman Hias     : Pohon Tanaman Pelindung, Tanaman Satwa dan Tanaman Obat
Propagasi perbanyakan : Stek, Biji dan cangkok
Media Tanam     : Tanah Kebun 
Perlakuan khusus     : Pemangkasan dan Pemupukan 

Buah Bidara Ziziphus mauritiana Lam
Bidara atau widara Ziziphus mauritiana Lam.
Tanaman penuh manfaat yang menjadi koleksi Kemang Pratama.
Tanaman dengan Buah yang diperjual belikan sebagai buah segar, untuk dimakan langsung atau dijadikan minuman segar.



Pohon Bidara di Taman Nasional Baluran

Kesesuaian Lahan

Tanaman ini terutama tumbuh baik di wilayah yang memiliki musim kering yang jelas. Kualitas buahnya paling baik jika tumbuh pada lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering; namun hendaknya mengalami musim hujan yang memadai untuk menumbuhkan ranting, daun dan bunga, serta untuk mempertahankan kelembaban tanah selama mematangkan buah. Bidara berkembang luas pada wilayah dengan curah hujan ekstrim di sekitar 300–500 mm pertahun tetapi juga cocok di daerah dengan curah hujan 1500 - 2000 mm per tahun.. 

Pohon BIdara tumbuh di daerah yang kering

Untuk keperluan komersial, pohon bidara dapat dikembangkan hingga ketinggian 1.000 m dpl.; akan tetapi di atas ketinggian ini pertumbuhannya kurang baik.

Tahan iklim kering dan penggenangan, bidara mudah beradaptasi dan kerap tumbuh meliar di lahan-lahan yang kurang terurus dan di tepi jalan. Tumbuh di pelbagai jenis tanah: laterit, tanah hitam yang berdrainase baik, tanah berpasir, tanah liat, tanah aluvial di sepanjang aliran sungai (riparian)

Tanaman Bidara Ziziphus mauritiana Lam


Daun Bidara 
Daun-daun penumpu berupa duri, sendirian dan lurus (5–7 mm), atau bentuk pasangan dimorfis, di mana yang kedua lebih pendek dan melengkung, kadang-kadang tanpa duri.
Daun Bidara Ziziphus mauritiana


Daun-daun tunggal terletak berseling. Helai daun bundar telur menjorong atau jorong lonjong, 2–9 cm x 1,5–5 cm; bertepi rata atau sedikit bergerigi; rata dan mengkilap di sisi atas, dan mengawasi keputihan di sisi bawahnya; dengan tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar; bertangkai pendek 8–15 mm

Daun Bidara Ziziphus mauritiana

Bunga Bidara

Perbungaan berbentuk payung menggarpu tumbuh di ketiak daun, panjang 1–2 cm, berisi 7–20 kuntum. 


Bunga-bunga berukuran kecil, bergaris tengah antara 2–3 mm, kekuningan, sedikit harum, bertangkai 3–8 mm; kelopak bertaju 5 bentuk delta (menyegitiga), berambut di luarnya dan gundul di sisi dalam; mahkota 5, agak seperti sudip, cekung dan melengkung.




Buah Bidara

Buah Bidara Ziziphus mauritiana

Buah berbentuk bulat hingga bulat telur, hingga 6 cm × 4 cm pada kultivar-kultivar yang dibudidayakan, tetapi kebanyakan berukuran jauh lebih kecil pada pohon-pohon yang tumbuh liar; berkulit halus atau kasar, mengkilap, tipis namun liat, hijau, kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak; daging buahnya putih, renyah, dengan banyak sari buah yang agak masam hingga manis rasanya, menjadi menepung pada buah yang matang penuh. 
Buah Bidara yang masak



Biji terlindung dalam tempurung yang berbingkul dan beralur tak teratur, berisi 1–2 inti biji yang coklat bentuk jorong


Buah bidara ini juga dikeringkan, dijadikan manisan, atau disetup.
Buah muda dimakan dengan garam atau dirujak.

Nikmatnya Buah Bidara


Saya mencoba makan Buah dari pohon koleksi yang ditanam di Kantor Pemasaran dengan buah yang masih agak pahit rasanya.

Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.
Daun-daunnya yang muda dapat dijadikan sayuran.

Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.


Rebusan daunnya diminum sebagai jamu. Daun-daun ini membusa seperti sabun rumah sakit dengan air, dan digunakan untuk memandikan orang yang sakit demam.
Ada juga yang menggunakan daun-daun Bidara digunakan untuk memandikan mayat.
Kayunya keras berwarna merah dan kulit kayu yang bermanfaat untuk tonikum dan sistem pencernaan.

Buah Bidara Berkhasiat Herbal

Pohon yang nyala dalam Al Quran memang banyak khasiatnya.

Pohon ini di mana di dalam Al-Qur'an juga terdapat anjuran penggunaannya di dalam hadits. Dia digunakan dalam berbagai prosesi ibadah, misalnya daunnya disunnahkan untuk digunakan ketika mandi wajib bagi wanita yang baru suci haid. Juga ketika memandikan jenazah dan menghilangkan najis dari tubuh mayat, jenazah diminta dimandikan dengan udara yang konkret daun bidara.Daun bidara juga kadang kala dipergunakan dalam proses Ruqyah untuk merawat orang yang kesurupan

Saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran, Tanaman Bidara Ziziphus mauritiana menjadi Icon di Savana Bekol.

Bidara,  Ziziphus mauritiana Lam.  Tanaman Berkhasiat Herbal Dahsyat


Tanaman ini dikenal pula dengan pelbagai nama daerah seperti
Jawa dan Sunda : Widara atau Dara
Medan                 : Bukol
Bali                      : Bekul
Timor                   : Kom, kon
Alor                      : Bĕdara
Makasar Budgis   : Bidara
Bima                    : Rangga
Sumba                 : Kalangga .

Sebutan di negara-negara lain di antaranya: bidara, jujub, epal siam Malaysia; manzanitas Phillipina, zee-pen Burma; putrea Kamboja); dari Laos; phutsaa, ma tan Thailand; tao, tao nhuc Vietnam. 

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple; serta Jujubier dalam bahasa Prancis.

Bunga Bidara
Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Ziziphus mauritiana Lam

Menilik pada beberapa penelitian, hampir semua bagian dari bidara memiliki manfaat untuk kehidupan. Berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat dalam daun bidara ini. Belum lagi terdapat sifat dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat daun bidara dan cara untuk menerapkan diterapkan dengan benar. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini telah lama dijadikan sebagai bahan obat herbal karena berbagai kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi diproduksi juga dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Untuk kolesterol kadar normal, Anda perlu memahami jenis kolesterol dan fungsinya. Pada kolesterol, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh karena itu, hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk mengalirkan kolesterol ke seluruh tubuh. Ada dua jenis lipoprotein yang utama, yaitu:

Lipoprotein densitas rendah (LDL), LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Jika kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal sebagai 'kolesterol jahat'.

Baca juga : Lunasia amara alias Sanrego, Tanaman Herbal Berkhasiat Obat

Lipoprotein densitas tinggi (HDL), HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dikenal sebagai 'kolesterol baik'.



Di bawah ini adalah nilai kolesterol yang terdiri dari LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol total, yang bisa diketahui dari pemeriksaan darah:
LDL            : kurang dari 100 mg / dL.
HDL           : 60 mg / dL atau lebih.
Trigliserida : kurang dari 150 mg / dL.
Total kolesterol: kurang dari 200 mg / dL.

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika kamu mengonsumsi serat yang larut dalam udara. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara dan cara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mencampakkan keluarnya melalui feses.

Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara bagi kesehatan berikutnya membantu mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan saponin pada daun bidara berkhasiat memberikan efek menenangkan. Manfaat daun bidara dan cara pengobatan ini dapat dengan mengonsumsi daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

Merawat Rambut dan mengatasi kerusakan rambut

Manfaat daun bidara dan cara perawatan yang baik juga dapat dijadikan perawatan untuk rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai tonik rambut. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah kerusakan rambut dan kerontokan.

Mengatasi Jerawat dan membersihkan kulit

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bagus untuk kecantikan, termasuk dalam mengatasi jerawat. Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit tetap sehat.

Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

Mempercepat Penyembuhan Luka dan Anti Bakteri

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Berbagai lukas seperti luka sayatan, lecet hingga luka akibat goresan dapat disembuhkan dengan daun bidara ini.

Selain itu, kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya ini cukup dengan meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Mengatasi Sariawan dan Bibir pecah pecah

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya dengan tepat juga dapat mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga dapat menjaga bibirmu tetap terhindar dari pecah-pecah.

Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut dapat menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.

Mencegah Penuaan Dini dan untuk Kecantikan

pada Kulit Masih berkaitan dengan kecantikan, selain dapat mengatasi jerawat manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bisa mencegah penuaan dini. Menggunakan masker daun bidara dapat mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata yang merupakan gejala penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

Menyembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan dan Wasir

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang tepat juga baik untuk berbagai masalah pencernaan, terutama maag. Hal ini karena daun biadara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung.

Selain itu, risiko gangguan pencernaan lainnya juga dapat diatasi oleh daun bidara, karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Serta mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.

Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kamu mengalami wasir.



1 Response to "Bidara, Ziziphus mauritiana Lam. Tanaman Berkhasiat Herbal Dahsyat"

  1. Wah, saya baru tahu tanaman bidara ini. Ternyata manfaat buahnya banyak sekali ya. Kayaknya saya belum pernah mencobanya. Hebatnya pohon ini mudah beradaotasi di mana2 ya, lahan kering aja bisa hidup dia :) TFS, pak.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel