google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Microgreens, Sayuran Mungil, Sayuran Sehat Penuh Manfaat - PLANTER AND FORESTER

Microgreens, Sayuran Mungil, Sayuran Sehat Penuh Manfaat

Microgreens, Sayuran Mungil, Sayuran Sehat Penuh Manfaat

Microgreens

Pernahkah anda melihat sayuran beraneka ragam berbentuk mungil yang dinikmati dalam kondisi segar?.

Tidak perlu pot pot besar untuk membuat sayuran, cukup dengan wadah mungil dan media tertentu yang banyak tersedia, maka tersedialah sayuran sehat di rumah anda.

Produksi sayuran mini dan mungil yang lagi trends saat ini dikenal sebagai Microgreens atau Vegetables Confetti atau Mirco Herb.


Microgreens Kankung Ipomoea aquatica
Microgreens
Microgreens adalah menanam sayuran dari penyemaian benih yang dipanen pada saat masih sangat muda yaitu berkisar umur 7 - 14 hari setelah berkecambah dan muncul daun muda yang baru membuka.

Perihal masa berkecambah, tergantung dari jenis sayuran yang ditanam.  Microgreens akan memberikan sensasi rasa yang biasanya memiliki rasa unik dan eksotis dan mencerminkan sayuran yang dimakan.


Cita rasa  yang muncul saat mengkonsumsi sayuran kerdil ini bisa netral, pedas, pahit, asam, bahkan manis dan ada yang bercita rasa rempah rempah.  Pokoknya sekali anda mencoba akan ketagihan.



Benih yang baru berkecambah setelah 2 hari disemai
Jenis Sayuran
Sayuran yang umumnya ditanam sebagai sayuran kerdil atau microgreens adalah :
Bayam            : Amaranthus
Seledri            : Apium graveolens
Selada air       : Nasturtium officinale
Brokoli            : Brassica oleracea var. italica
Sawi hijau       : Brassica chinensis var. parachinensis alias Pakcoy
Kubis               : Brassica oleracea var. capitata
Peterseli          : Petroselinum crispum
Kemangi          : Ocimum africanum
Selasih/Basil   : Ocimum basilicum
Kacang Hijau  : Vigna radiata
Kacang tanah : Arachis hypogaea
Kucai              : Allium tuberosum Rottler ex Spreng
Daun Bawang : Allium fistulosum
Lobak              : Raphanus sativus
Arugula              :  Eruca vesicaria ssp. sativa
Ketumbar           : Coriandrum sativum
Kembang Kol     : Brassica oleracea var. botrytis
Bit                       : Beta vulgaris

dan lain lain yang mungkin bisa dipilih karena cita rasanya.


Tanaman Sawi umur kecambah 2 hari seteah semai

Bagaimana cara membuat Microgreens?

Microgreens dibuat dengan cara menyemaikan dan mengecambahkan benih benih tanaman seperti yang sudah disampaikan di atas di dalam suatu wadah plastik atau beling dan kemudian ditutup supaya kelembaban bisa terjaga.

Anda juga bisa 
mengecambahkan benih benih tersebut di dalam wadah persemaian yang bisa dibeli secara on line dan sudah langsung dengan tutupnya. Bahannya bisa dari mika dengan ukuran tertentu. 

Media yang dipergunakan sebaiknya dari Cocopeat, perlit, vermikulit atau rockwool yang sudah dibasahi dengan air secukupnya.  Benih yang akan disemai sebaiknya direndam selama lebih kurang 5 menit di air hangat untuk memecahkan dormansi atau masa tidur benih. Khususnya untuk benih benih famili kacang kacangan.


Saat menabur benih perhatikan jumlah benih yang ditabur. Tabur secara dan jangan sampai menuimpuk supaya pertumbuhan kecambah bisa sempurna.  Anda bisa menggunakan alat saringan teh atau saringan biasa sesuai besar kecilnya benih.


Setelah semua ditabur, tutup wadah dengan supaya kelembaban terjaga.

Kecambah bayam hijau yng baru berumur 2 hari
Waktu kecambah benih berbeda beda.  Ada yang dalam waktu 2 hari sudah berkecambah seperti bayam, kangkung, sawi dan lain lain dan ada yang setelah 3 - 4 hari.

Masa panen kecambah juga berbeda beda tergantung dengan jenis sayuran.  Sayuran kerdil dipanen setelah daun kecil pertamanya membuka sempurna, biasanya setelah 7 - 14 hari.  Umumnya semakin kecil benih, maka pertumbuhan akan semakin cepat.


Panenlah secara bertahap bisa dimulai dari hari ke 7 - 14 hari. Bisa dipanen serentak atau bertahap sesuai kebutuhan.

Biasanya dipanen setelah daun asli terbuka sempurna dan dipanen dengan digunting atau dipotong bagian daun. 

Kalau anda suka bagian akar, bagian ini juga bisa dinikmati setelah dicuci bersih dan rasanya beraneka ragam sesuai jenis sayuran.

Manfaat Sayuran Kerdil Microgreens   


Manfaat kesehatan sayuran hijau mungil ini dipercaya lebih bergizi karena masih kaya akan enzim karena masih memakai nutrisi dari beih atau biji sehingga mudah dicerna.

Sayuran muda masih mengandung mineral, viramin, betakaroten, antioksidan, minyak nabati dan protein yang lengkap dibandingkan sayuran yang sudah tumbuh dewasa.


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam sumber makanan nabati terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit akut dan kronis yang menyerang manusia jaman saat ini. Penyakit penyakit baik fisiologis maupun the real penyakit seperti obesitas, diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, gagal ginjal, reumatik hingga kanker. Seperti antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) yang bekerja untuk membawa kolesterol dari organ hati ke sel-sel tubuh dan HDL (high-density lipoprotein) yang bekerja meningkatkan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh dan trigliserida serta menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

Resiko kontaminasi bakteri pada sayuran microgreens lebih kecil dibandingkan tanaman dewasa dan tanaman hidroponik karena tidak atau minim penggunaan pupuk buatan, pestisida dan tidak tumbuh di media air sehingga mengurangi potensi perkembangan bakteri.
Microgreen kangkung umur 8 hari yang siap dikonsumsi
Yang dikonsumsi dari microgreen adalah bagian batang muda hingga daun dan tidak sampai ke akar sehingga lebih higienis.  Meskipun saya beberapa kali makan hingga akar yang juga memberi cita rasa yang nikmat.

Penggunaan microgreen sebagai bahan makanan sangat bervariasi sesuai kebutuhan dan selera kita.  
Kalau anda suka burger atau sandwich, masukkan ke dalamnya sebagai sayuran tambahan dengan menambahkan saos, taco atau mayonaise.
Kalau anda ingin mencampurkannya di hidangan utama alias sebebagai garnish juga bisa dilakukan. Berbagai sayuran kerdil microgreen memberikan sensasi cita rasa tambahan yang menarik dan melezatkan hidangan utama
Kalau anda suka salad, sup atau oemelt, sayuran microgreen dapat dijadikan taburan atau pemberi cita rasa natural dan menyegarkan.
Kalau anda suka Juice atau smoothies, sayuran microgreen juga bisa menjadi campuran yang menyegarkan.
kalau anda suka makanan tradisonal seperti pecel atau gado gado, sayuran microgreen adalah pilihan yang cocok  sebagai variasi sayuran.

Ayo membuat dan menanam sayuran sendiri yang lebih sehat, zero pestisida, organik,tidak memerlukan lahan yang luas dan panen lebih cepat.



1 Response to "Microgreens, Sayuran Mungil, Sayuran Sehat Penuh Manfaat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel