google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cassia javanica L. alias Trengguli Wanggang, Tanaman Peneduh Berbunga Pink yang Sangat Indah - PLANTER AND FORESTER

Cassia javanica L. alias Trengguli Wanggang, Tanaman Peneduh Berbunga Pink yang Sangat Indah

Trengguli wanggang or Bobondelan

Cassia javanica L.

Pink Flower alias Bunga Warna Pink dari Cassia javanica

Nama populer Pohon Trengguli Wanggang  atau  Bobondelan. 

Nama Populer     : Pohon Trengguli Wanggang, Bobondelan 
Nama Latin         : Cassia javanica L, Cathartocarpus javanicus, Cassia megalantha 
Family         : Fabaceae
Origin - Daerah Asal : Indonesia, Asia Tenggara, Malaysia, Thailand, IndoCina
Letak Landscape         : Tanaman Pelindung, Tanaman Tepi Jalan
Tipe Tanaman Hias     : Pohon Tanaman Pelindung, Tanaman Satwa, Tanaman naungan
Propagasi perbanyakan : Stek, Biji dan cangkok
Media Tanam     : Tanah Kebun 
Perlakuan khusus     : Pemangkasan dan Pemupukan 


Satu lagi koleksi tanaman peneduh di Kemang Pratama yang cukup indah saat berbunga.
Bunganya berwarna pink dan sedikit berbeda dengan saudaranya Trengguli Cassia fistula yang berbunga kuning dan dengan bentuk yang sama.

Beda antara Trengguli Wanggang dan Trengguli atau Tengguli. Letak perbedaan utama adalah di warna bunga sedangkan bentuk batang, bentuk daun dan habitus tanaman sangat mirip.
Pohon Cassia javanica


Tanaman asli Asia Tenggara yang cukup terkenal di lanskap dunia dan dikenal sebagai Java Cassia, Pink Shower, Apple Blossom Tree atau Rainbow Shower Tree.

Habitus Pohon Cassia javanica

Pohon Trengguli Wanggang berpostur tinggi dan mencapai ketinggian hingga 20 - 40 meter dengan tajuk bisa mencapai 15 - 20 meter  Di Kemang Pratama, salah satu pohon cukup tinggi dan ditanam berjajar di tepi sungai Kali Bekasi.

Deretan Pohon Cassia javanica di Kemang Pratama

Pohon yang sering dipangkas, batangnya tidaka akan tinggi, tetapi tajuknya berbentuk bulat. Sedangkan yang tidak dipangkas bisa cukup tinggi.

Daun Cassia javanica

Daun dari Cassia javanica berbentuk paripinnate dengan 12 pasang daun elips.  Daun-daun majemuk menyirip genap, bertangkai 1,5-4 cm. Anak daun 5-15(-20) pasang, bundar telur, jorong atau lonjong, pangkal membundar lebar, berujung runcing, tumpul, atau membundar.

Daun Cassia javanica


Bunga Cassia javanica

Bunganya tersusun sepanjang batang dan sangat indah dan enak wangi.  Perbungan atau bentuk bunga berupa tandan atau malai, terminal di ujung ranting atau lateral di sisi batang, hingga 16 cm panjangnya, berbunga banyak dan bergerombol.


Bunga dengan kelopak yang berbagi-5 dalam, tua tua atau cokelat merah. Daun mahkota 2,5-3,5 cm panjangnya, merah pucat sampai merah tua. Tiga tangkai sari yang terbawah bentuk-S, di atas belokan menggembung berbentuk gelendong yang tebal. 



Karena bunganya sangat wangi, banyak kumbang yang berburu cairan madu.  Satu rangkaian bunga bisa memanjang hingga beberapa meter dan mekar serentak.  Kumbang atai lebah tidak perlu tebang jauh untuk hanya sekedar menghisap madu. 


Burung burung pencari madu alias Burung Hummingbird juga sangat menyukai madu Trengguli Wanggang.

Buah Cassia javanica

Buah polong menggantung, bulat torak, 20–60 cm × 1,5 cm, hitam dan tidak memecah ketika tua, itu terbagi oleh sekat-sekat melintang menjadi ruang-ruang berbiji-1, sekat serupa gabus.



Seperti bentuk perbungaannya, bunga yang menjadi buah juga langsung menempel pada cabang atau batang.  Buah berbentuk polong yang jelas sekali pembagiannya dan semakin tua, batas pembagiannya akan semakin tidak kelihatan dan terlihat rata.

Pembatas buah yang sangat jelas terlihat 

Saat muda, buah berwarna hijau dan saat tua buah akan berwarna hitam kecoklatan.  Di sisi kana dan kiri, juga berbeda bentuk pembaginya. Sisi sebelah dalam, pembatas membentuk alur yang masuk ke dalam buah dengan pembatas 2 sisi dan terlihat jelas, sedangkan sisi yang lainnya hanya berbentuk tonjolan mirip garis memanjang dan timbul.


 Buah Cassia javanica yang sudah matang berwarna hitam kecoklatan.


Ukuran buah bervariasi dengan rata rata 10 - 30 cm dengan diameter sekitar 1,5 - 2 cm berbentuk bulat memanjang.

Buah Cassia javanica yang sudah matang lengkap dengan tangkainya


Buah yang sudah matang keluar bau yang kurang sedap, bentuk polong bulat panjang 12 - 30 cm dengan bagian samping terdapat alur yang celah celah.

Buah matang Trengguli Wanggang Cassia javanica yang sudah dipecah dan susunan biji

Biji biji tersusun dalam polong yang sangat terlindung sehingga biji seringkali masih utuh dan tidak terpecar karena buah Cassia javanica tidak memecah saat matang.

Bijinya tersusun dalam bantalan polong yang rapi dan terlindungi dengan bagian yang lunak dan berlendir

Cassia javanica seed arranged

Biji berbentuk oval dan bercangkang keras dengan panjang 1 cm dan lebar 0.5 - 0.8 cm dengan ketebalan sekitar 1 mm. Jika lendir sudah dibersihkan, biji berwarna coklat muda mendekati krem.

Biji polong yang masak dan biji Cassia javanica digunakan sebagai obat pencahar alias laksativa. Bahan-bahan ini mengandung glikosida antrakinon.

Gelam bagian kulit batang trengguli wanggang dimanfaatkan sebagai penghasil bahan penyamak alias tanin dan dimanfaatkan dalam industri penyamakan kulit, meskipun mutunya berada di bawah gelam tengguli Cassia fistula saudaranya.


di Tulisan berikutnya, akan dibahas Trengguli dekorasi kuning alias Cassia fistula.

Sinonim:
Cassia bacillus Gaertn.
Cassia megalantha Decne.
Cathartocarpus javanicus Pers.

Informasi tentang Trengguli Wanggang, biasa didapati di tempat-tempat yang lebih terbuka di hutan, namun dapat pula tumbuh di hutan primer yang selalu hijau dan rapat. 
Cassia javanica 

Pohon ini juga hidup di hutan gugur daun tropika dan lingkungan yang lebih terbuka seperti savana dan hutan sekunder. Tumbuh hingga ketinggian sekitar 400 m dpl, bobondelan dilaporkan tumbuh di atas tanah-tanah lempung vulkanik yang subur, tanah berpasir, tanah berawa, dan tanah berkapur.

Pohon ini termasuk pohon yang sudah didomestikasi dan dibudidayakan orang, sehingga asal usulnya tidak begitu mudah ditelusuri. Cassia javanica ditemukan hidup secara alami mulai dari India, Burma, Indochina, Tiongkok selatan, Indonesia, Thailand, dan seluruh wilayah biogeografi Malaysia. 

Trengguli wanggang di Jawa Timur hiasan pada bulan Oktober-Desember, dan berbuah di musim kemarau,

Saat tulisan ini dibuat, Trengguli Wanggang sedang berbuah lebat dan ada yahg berbunga lebat. Bulan Agustus 2020. Lokasi di Perumahan Kemang Pratama, Jawa Barat.

Cassia javanica flower

Informasi lain terkait Bunga Cassia javanica yang merupakan salah satu dari Sembilan Pohon Menguntungkan di Thailand dan dianggap membawa keberuntungan, membawa keberkahan dan pangkat jabatan yang tinggi serta dipercaya membawa kemakmuran yang berkelanjutan dan Bunga lambang meraih kemenangan. Bunganya Cassia javanica merupakan bunga Provinsi Chainat, Thailand.

Cassia javanica flower

Subspesies asli Filipina, yang secara lokal disebut balayong, dihormati melalui Festival Balayong di Puerto Princesa, Palawan. Bunga adalah simbol sejarah dominasi feminin, kecantikan wanita, dan cinta dalam bahasa herbal di antara penduduk setempat.

Cassia javanica fruit


Tanaman Koleksi Kemang Pratama.
Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

1 Response to "Cassia javanica L. alias Trengguli Wanggang, Tanaman Peneduh Berbunga Pink yang Sangat Indah"

  1. Nggak jual bibitnya kah? Nyari bibit nya susah banget TT jual buah nya di shopee dong please TT

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel