google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Wisata Kota Banyuwangi, Kota Gandrung dan Kota Kuliner - PLANTER AND FORESTER

Wisata Kota Banyuwangi, Kota Gandrung dan Kota Kuliner

Kota Banyuwangi
Tari Gandrung
Sejarah Banyuwangi tidak lepas dari sejarah Kerajaan Blambangan. Pada pertengahan abad ke-17, Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Hindu Blambangan yang dipimpin oleh Pangeran Tawang Alun.

Green Airport Banyuwangi

Kota Banyuwnagi menjadi kota tujuan wisata dengan aneka tempat wisata di Kota Banyuwangi dengan  didukung fasilitas Airport dan Hotel mulai dari kelas Melati hingga bintang 5.

Hotel El Royale Banyuwangi
Hotel El Royale Banyuwangi
Dukungan pemerintah pusat untuk mengebangkan Kota Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata sangat luar biasa.

Bersama Pak Jokowi

Julukan atau sebutan untuk Kota Banyuwangi setelah tanya tanya ternyata ada 8, dan saya tampilkan 7 saja karena yang 1 agak sedikit ragu ditampilkan disini.

The Sunrise of Java
Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa.

Banyuwangi dari atas
Bumi Blambangan
Sejarah berdirinya Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Blambangan, karena Blambangan merupakan cikal bakal dari Banyuwangi.

Baca juga : Berkunjung dan berwisata ke Taman Blambangan Banyuwangi
Taman Blambangan
Kota Osing
Salah satu keunikan Banyuwangi adalah penduduk yang multikultur, dibentuk oleh 3 elemen masyarakat yaitu Jawa Mataraman, Madura, dan Osing.

Baca juga : Jelajah Cafe, Osing Deles Resto and Cafe di Banyuwangi
Osing Deles Cafe n Resto 
Kota Gandrung
Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Tari Gandrung yang menjadi maskot kabupaten ini.

Pendopo Sabha Swagata
Kota Banteng
Kabupaten Banyuwangi dijuluki kota banteng dikarenakan di Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak banteng jawa.
Taman Nasional Baluran

Kota Pisang
Sejak dahulu Kabupaten Banyuwangi sangat dikenal sebagai penghasil pisang terbesar, bahkan tiap dipekarangan rumah warga selalu terdapat pohon pisang.
sego tempong

Kota Festival
Berawal dari sukses penyelenggaraan kegiatan budaya Banyuwangi Ethno Carnival pertama pada tahun 2011 lalu, maka pada tahun-tahun berikutnya seakan tak terbendung lagi semangat dan kegairahan masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya daerah melalui rangkaian kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival
Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi

Kuliner
Kabupaten Banyuwangi mempunyai bermacam-macam masakan khas Banyuwangi, dan banyak sekali. Bisa nggak ya mencoba semuanya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š


Warung Biru Kuliner Banyuwangi

Sego tempong
Sego cawuk
Pindang Koyor

Pindang Srani
Sego Gecok
Sego Cawuk, kuliner Banyuwangi

Sego Golong
Sate Kalak
Pecel Pitik
Sambel Lucu
Jangan Kelor
Jangan Kesrut
Jangan Pakis
Jangan Lobok
Jangan Lompong
Jangan Bobohan
Jangan Jawar
Jangan Leroban
Jangan Pol
Jangan Klenthang
Jangan Bung
Pelasan Oling
Pelasan Uceng
Peceg Lele
Uyah Asem Pitik
Kupat Lodoh
Pindang koyong
Kuliner Banyuwangi

Bothok Simbukan
Bothok Tawon
Ayam Pedas Genteng
Rujak Letog
Sambel Pedho
Sambel Pindang
Sambel Pete
Oseng-oseng Pare
Bindol Pakem
Tahu Petis
Wiyongkong
Rujak soto
Pecel Thotol
Lak-lak

Tidak kalah enak dan terkenal adalah kopi Banyuwangi yanfg terkenal dengan berbagai Kebun Kopi yang mengelilingi Kota Banyuwangi.

Mulai dari Perkebunan Kopi Kalibendo, Perkebunan kopi Glenmore, Perkebunan kopi, Perkebunan Kopi Malangsari, Perkbunan Kopi Kendeng Lembu, Perkebuna Kopi di Kali Klatak, Perkebunan Kopi PTPN 12 alias rolas kopi dan kebun kebun kopi yang jumlahnya sangat banyak dan menghasilkan kopi baik Arabica maupun Robusta yang premium.

Kopi Banyuwangi sudah melanglang mengelilingi dunia dan sudah diekspor ke Manca Negara seperti Itali, Inggris, Swiss, Australia, Jepang dll.

Pada tahun 2019, Perkebunan Malangsari mengekspor 45 ton kopi robusta ke Italia dari target ekspor 130 ton, Perkebunan Selogiri mengekspor 378 ton kopi ke Itali dan Inggris.

Banyak banget khan...
Banyuwangi dari atas
Selamat mencoba.
























0 Response to "Wisata Kota Banyuwangi, Kota Gandrung dan Kota Kuliner"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel