google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Berbunga Indah, Pohon Sosis Kigelia pinnata, Sausage Tree - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Berbunga Indah, Pohon Sosis Kigelia pinnata, Sausage Tree


Kigelia pinnata Sausage Tree

Pohon Sosis Kigelia africana (Lam.) Benth

Identifikasi Tanaman
Secara Taksonomi Pohon Sosis Kigelia pinnata atau Kigelia africana

Ordo         : Lamiales
Family      : Bignoniaceae
Genus       : Kigelia 
Spesies     : Kigelia pinnata atau Kigelia africana
Jika lengkap dengan pemberi namanya Kigelia africana (Lam.) Benth.

Habitus tanaman berbentuk pohon dengan ketinggian bisa mencapai 20 meter dengan tipe percabangan yang menyebar sehinga sangat cocok untuk tanaman peneduh.
Daun tanaman berbentuk bersilang alias opposite dengan 3 helai daun, berbentuk pinnate dengan rangakaian 6 - 7 anakan daun.
Kigelia pinnata, Sausage Tree
Bunganya berbentuk sangat unik dan menjuntai ke bawah dan saat menjadi buah juga akan menjuntai ke bawah mirip sosis. Makanya disebut Pohon Sosis.
Kigelia pinnata, Flower
Bunga berwarna merah maroon dan ada yang sedikit kemerahan, kehijauan dan kekuningan. Bunga terlihat menggantung dengan beberapa rangkaian bunga dapat dilihat di gambar.
Kigelia pinnata, Sausage Tree, Pohon Sosis

Buah menggantung dan mirip dengan sosis yang tidak terlalu panjang, berwarna coklat dan mungkin baratnya mulai dari yang kecil 1 hingga sekitar10 kg untuk yang besar. 
Kigelia pinnata Fruit, Sausage Tree

Sering disebut Pohon Sosis (Sausage tree) atau Pohon mentimun (cucumber tree) merujuk pada bentuk buah yang panjang seperti Sosis.

Distribusi dan Domestikasi 


Tanaman Pohon Sosis berasal dari Afrika dan berkembang serta menyebar ke seluruh dunia karena keindahan pohonnya sebagai tanaman peneduh yang berbunga indah.

Saya bertemu atau mendokumentasikan tanaman ini  di Bekasi, tepatnya di Kemang Pratama pohon ini saya temui di dekat patung malas, kanan kiri jalan, masing masing 1 pohon dengan ketinggian sekitar 15 meter diameter tajuk sekitar 20 meter. Besar dan gagah.
Kigelia pinnata, Sausage tree Flower
Bunganya menggantung berwarna merah gelap dan terlihat seperti corong atau lonceng.
Kigelia pinnata, Bunga Pohon Sosis, Sausage Tree Flower
Habitat
Habitat tanaman Kigelia pinnata di daerah yang subur dengan kandungan tanah liat tinggi.
Pohon Sosis juga memiliki toleransi terhadap kekeringantetapi akan tumbuh optimal di daerah dengan tanah subur seperti aluvial, andisol paling tidak ultisol dan Inceptisol.

Ketinggian tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan Pohon Sosis, saya melihat Pohon Sosis mulai dataran rendah, Bekasi yang hanya 50 m dari permukaan laut, hingga di Puncak Bogor dengan ketinggian 800 m dpl.

Manfaat Tanaman
Aroma bunga Kigelia ternyata wangi saat malam hari, sehingga menarik kelelawar untuk menikmati nektar dan madu sekaligus melakukan penyerbukan putik dan benangsari.

Kigelia pinnata, Pohon Sosis, Sausage Tree

Bunga tetap membuka di siang hari dan berganti serangga spesies besar seperti lebah kayu. Di Hutan habitat aslinya, buah Kigelia alias pohon sosis dimakan oleh banyak mamalia seperti babi hutan, babon, gajah, kuda nil, monyet dan beberapa mamalia lainnya. Biji buah pohon sosia juga dimakan burung kakatua.
Kigelia pinnata, Sausage Tree, Pohon Sosis

Menurut wikipedia, buah segar dari Kigelia sangat beracun dan bersifat pencahar. Dikonsumsi dengan pengeringan, pemanggangan atau fermentasi. Di Kenya, buah kering diolah untuk membuat Muratina minuman beralkohol yang disajikan saat upacara budaya di Kenya Tengah.
Kigelia pinnata, Sausage Tree Flower

Beberapa burung juga senang membuat sarang di Pohon Kigelia pinnata karena bunganya banyak mengandung makanan untuk mereka.  Selain itu bentuk tajuk pohon yang menyebar dan daunnya masif membuat mereka tersembunyi dari Predator dan pemburu sehingga merupakan tempat yang nyaman untuk berkembang baik.
Kigelia pinnata, Pohon Sosis, Sausage Tree

Cabang pohon dan cabang bunga Pohon Sosis sangat kuat sehingga membuat burung juga tertarik karena pijakan yang kuat pada saat membuat sarang dan menghisap madunya untuk burung burung jenis humming bird alias burung penyerbuk seperti Manyar, Prenjak dan Burung Ciit atau Ciblek.

Kigelia pinnata, Pohon Sosis, Sausage Tree

Bunga tanaman tetap membuka saat siang dan saat malam, sehingga berbagai serangan nocturnal dan diurnal senang dan bebas mengunjungi bunga Kigelia demi nektar dan serbuk sari.
Saya pernah melihat di National Geography, ternyata buah dan biji nya dimakan oleh Gajah dan Jerapah di Afrika..

Buah unik dan banyak manfaat. Pohonnya bagus sebagai tanaman penghias jalan seperti di Kemang Pratama.

Di beberapa museum dan bangunan bersejarah seperti di Istana Gebang Blitar, di Gelora Bung Karno, Keraton  tnaman ini menjadi tanaman di halaman.

Di Kebun Raya Bogor, tanaman Pohon Kigelia saya temui dengan jalur menuju Istana Bogor, tepatnya di tepi jalan setapak serta di dekat pintu masuk utama belok kiri.

Karena buahnya cukup besar, sebaiknya anda berhati hati saat parkir di bawah pohon sosis karena jika kejatuhan buahnya, akan merusak properti anda, baik kendaraan maupun diri anda sendiri.

Buahnya berkulit keras, sehingga dapat dijadikan tempat berbagai macam barang yang unik, dengan cara dikeringkan dan dilubangi bagian atasnya. sederhana khan.

 Di Negara asalnya, Afrika, buah kering da biji kering dari  Pohon Sosis dijadikan bahan untuk membuat minuman beralkohol yang difermentasi dalam pembuatan bir manis.

Kayu dari Pohon sosis dapat digunakan untuk membuat souvenir dan dayung perahu. Kayu yang lurus dan bagus, dapat digunakan untuk kayu konstruksi dan furniture.

Khasiat Obat Herbal

Buah segar beracun dan berfungsi sebagai pencahar, khususnya untuk orang yang mengalami sembeli atau tertelan sesuatu dan berusaha untuk mengeluarkannya.
Sebelum dikonsumsi diwajibkan untuk dikeringkan, kemudian dipanggang atau difermentasi.
Buah Pohon Sosis digunakan dalam perawatan kulit.
Bersyukur saya bisa melihat bunga mulai dari kuncup mekar sampai buahnya yang menggantung mirip sosis.












0 Response to "Tanaman Hias Berbunga Indah, Pohon Sosis Kigelia pinnata, Sausage Tree"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel