google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Oncosperma horridum (Griff.) Scheffer Palem Asli Indonesia - PLANTER AND FORESTER

Oncosperma horridum (Griff.) Scheffer Palem Asli Indonesia

Oncosperma horridum (Griff.) Scheffer Palem Asli Indonesia

Oncosperma horridum
Bayeh alias Oncosperma horridum adalah suatu tumbuhan dari jenis palem-paleman yang kurang bermanfaat. Di Pahang, Malaysia air rebusan akar bayeh bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat untuk demam.

Popular name : Bayeh, Bayah, Lamakor

Latin Name Oncosperma horridum (Griff.) Scheffer 
Family : Arecaceae
Origin                  : Indonesia, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Malaysia, Phillipina
Landscape : Tanaman hias palem dan tanaman pinggir jalan
Benefit                 : Tanaman Berkhasiat obat dan Kayu Konstruksi 
Propagation : Pemisahan anakan, biji
Media : Campuran Tanah kebun , Kompos, dan Pupuk Kandang
Special Treatment : Pengaturan jumlah anakan

Di Indonesia, bayeh dikenal dengan nama bayah dari daerah Aceh, bais sebutan dari Batam, bayas, bayeh sebutan dari Bahasa Melayu Bangka, lamakor dari bahasa Kalimantan, pinang bayeh sebutan dari bahasa Bahasa Minangkabau. 


Karel Heyne juga menceritakan bahwa bayeh tumbuh di dataran tinggi, terutama di sepanjang aliran air. Umum di barat Nusantara.

Informasi Oncosperma horridum

Oncosperma horridum adalah pohon palem ramping, tinggi, berbentuk rumpun, dengan biasanya 6 - 12 batang dewasa per rumpun.  Saat mendokumentasikan tanaman ini di Kebun Raya Bogor, ketinggian tanaman ini mencapai 20 -25 meter. 

Di Kebun Raya Bogor, ada 3 titik lokasi yang ada tanaman Oncosperma horridum.

Tanaman ini sangat dihargai di daerah asalnya khususnya Indonesia di Sumatera dan Kalimantan karena tunas apikal yang dapat dimakan yang dikumpulkan dari hutan alam . Pohon itu juga menyediakan kayu yang bermanfaat.

Habitat Oncosperma horridum

Lembah atau lereng bukit di hutan hujan dengan ketinggian hingga 1.500 meter dengan tajuknya terkadang mencapai kanopi hutan hujan.  

Saat survey untuk mencari lokasi areal Perkebunan dan Hutan Tanaman Industri, sering saya menyaksikan Tumbuhan Palem ini tumbuh menjulang melebihi pepohonan hutan lainnya.

Daun Oncosperma horridum
Daun

Daun palem Oncosperma horridum mirip dengan palem lain tetapi yang membedakan adalah daunnya dipenuhi duri termasuk bagian belakang pelepah.

Batang

Batang berwarna abu abu dipenuhi duri duri berwarna hitam dengan panjang 3 - 15 cm atau bahkan lebih.  Duri ada yang tunggal dan ada yang sampai 3 duri dalam satu titik. 

Batang yang ramping dan penuh duri, dibebani kanopi daun yang cukup lebat terkadang terayun mengikuti tiupan angin.

Bentuk Bunga Oncosperma horridum

Bunga dan Buah

Bunga berbentuk manggar dan dipenuhi oleh buah buah berukuran diameter 1 - 1.5 cm yang jumlahnya sangat banyak.

Buah Oncosperma horridum

Bagian Tunas apikal dari Palem Bayeh dimasak dan dimakan sebagai sayuran. Sangat disukai sebaga makanan tradisional yang dimasak dengan santan dan dicampur dengan daging atau ikan.

Palem Bayeh merupakan salah satu pohon palem paling berharga di beberapa wilayah Indonesia. Memotong tunas berarti mematikan tanaman palem karena tidak dapat menghasilkan cabang samping. Namun, karena palem Oncosperma horridum adalah spesies pembentuk rumpun, beberapa tunas dari rumpun dapat dimakan tanpa membunuh rumpun dan selalu ada penggantinya.

Manfaat kayu Palem Bayeh

Kayu Oncosperma horridum  lebih kuat dan lebih tahan lama dibandingkan kebanyakan pohon palem lainnya. Terutama tahan lama di air. Ini digunakan untuk konstruksi rumah, terutama untuk tiang pancang pondasi rumah yang ditinggikan, dan juga dipecah menjadi papan untuk lantai, pembuatan kapal dan lain lain.

Palem Oncosperma horridum



0 Response to "Oncosperma horridum (Griff.) Scheffer Palem Asli Indonesia "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel