google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Leea indica (Burm.f.) Merr., Tanaman Obat yang Berkhasiat antipiretik dan diaphoretic - PLANTER AND FORESTER

Leea indica (Burm.f.) Merr., Tanaman Obat yang Berkhasiat antipiretik dan diaphoretic

 Leea indica (Burm.f.) Merr., Tanaman Obat yang Berkhasiat antipiretik dan diaphoretic

Leea indica

Leea indica merupakan tanaman obat yang mengandung antipiretik dan diaphoretic dan banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Popular name : Leea indica
Latin Name : Leea indica (Burm.f.) Merr
Family : Vitaceae
Origin                  : Indonesia, Vietnam. SouthEast China, Kamboja, Malaysia, Thailand
Landscape : Tanaman Obat 
Ornamental type : Tanaman Berkhasiat obat
Propagation : Biji, Stek
Media  : Campuran Tanah kebun , Kompos, dan Pupuk Kandang
Special Treatment :


Leea indica, bandicoot berry, adalah semak besar di family Vitaceae.
Tumbuhan ini terlihat sebagai tumbuhan semak yang umum di hutan sekunder dan tumbuh di daerah terbuka di Indonedia, Malaysia Indocina, Australia dan Kepulauan Pasifik dan di seluruh Ghats Barat India.

Leea indica adalah semak tegak sampai pohon kecil, seringkali dengan beberapa batang. Biasanya tumbuh dari 2 - 10 meter, kadang-kadang sampai 16 meter, dengan diameter batang sekitar 19cm. Tanaman sering kali berakar kaku.

Saya mendokumentasikan Leea indica di Kebun Raya Bogor dan habitus tanaman tinggi sekitar 3 meter dan diameter 3 meter.

Tanaman dikumpulkan oleh masyarakat asli dari alam liar untuk penggunaan lokal sebagai makanan dan obat. Ini dibudidayakan secara lokal di India dan Cina untuk tujuan pengobatan, sering ditanam sebagai tanaman hias, dan juga ditanam sebagai penghasil kompos.

Habitat
Tidak terganggu hingga sedikit terganggu lokasi terbuka di hutan dipterokarpa campuran, rawa dan sub-pegunungan hingga ketinggian 1.200 meter. Biasanya di situs aluvial dan dekat atau di sepanjang sungai dan sungai. Juga ditemukan di batu kapur dan tanah yang tidak subur.


Sifat Pertumbuhan
Tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau ternaungi sebagian seperti yang ada di Kebun raya Bogor, lebih memilih tanah yang lembab, subur, dan memiliki drainase dan porositas dengan baik.
Tanaman merespon dengan baik terhadap coppicin.

Daun Leea indica
Daun
Daun tanaman leea indica berbentuk Oblong mendekati Elliptic dengan pinggiran bergerigi dan bergelombang atau serrate atau crenate.

Bunga Leea indica
Bunga
Bunga berukuran kecil berwarna putih kehijauan dan tersusun dalam rangkaian bunga berbentuk Coumpount raceme atau panicle atau Sthyre.

Buah Leea indica
Buah
Buah dari Leea indica besarnya sekitar 1 cm hingga 1.5 cm. Saat muda berwarna hijau gelap dan saat matang berwarna oranye, merah dan merah tua, 

Tanaman ini merupakan tanaman yang edible alias dapat Dimakan
Tunas empuk digunakan sebagai sayuran. Buah. Buah beri ungu-hitam berdiameter 5 - 10mm, kadang-kadang sampai 15mm, berisi 6 biji.

Pucuk Tanaman Leea indica
Khasiat tanaman sebagai Obat
Perasan daun muda digunakan sebagai pencernaan. Tunas muda dikunyah untuk meredakan batuk parah.

Daun yang ditumbuk digunakan untuk memotong tapal dan keluhan kulit pada umumnya. Ramuan ditempatkan di kepala jika terjadi demam, sakit kepala dan sebagai anodyne umum untuk nyeri tubuh. 

Bakal Bunga dan Buah Leea indica

Jus daun dioleskan di kepala sebagai obat pusing atau vertigo. 
Rebusan pucuk dioleskan ke luka. Di provinsi Oro tubuh dipukul beberapa waktu dengan pucuk daun untuk meredakan nyeri tubuh, demam dan sulit tidur.

Akarnya dianggap antipiretik dan diaphoretic. Ramuan akar Leea indica ini digunakan untuk meredakan nyeri otot, dan merupakan ramuan persiapan untuk mengobati keputihan, kanker usus dan kanker rahim.

Susunan Buah Leea indica
Rebusan akarnya diambil untuk meredakan sakit perut, kolik, disentri dan diare.
Akar merupakan bahan untuk pengobatan penyakit frambusia. Akar yang dihancurkan diaplikasikan sebagai tapal untuk mengobati kurap, diare, sakit perut dan luka. Akar yang dihancurkan juga diterapkan pada ruam, sengatan, reaksi alergi dll dari tanaman lain.

Infus perbungaan digunakan dalam pengobatan nyeri dada pada anak-anak.

Leea indica Koleksi Kebun Raya Bogor

Daunnya mengandung banyak unsur fenolik seperti flavonoid, leucoanthocyanidins, asam p-hidroksibenzoat, asam syringic dan asam galat.
Ekstrak etanol tanaman telah terbukti secara selektif menghambat virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) pada konsentrasi penghambatan minimum 0,001—0,1 mg / ml

Penggunaan Agroforestri:
Daunnya berfungsi sebagai penghasil pupuk hijau


 

0 Response to "Leea indica (Burm.f.) Merr., Tanaman Obat yang Berkhasiat antipiretik dan diaphoretic"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel