google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Gomphrena globosa L, Kembang Knop, Herbal yang berkhasiat mengobati Batuk dan Diabetes - PLANTER AND FORESTER

Gomphrena globosa L, Kembang Knop, Herbal yang berkhasiat mengobati Batuk dan Diabetes

Gomphrena globosa L, Kembang Knop, Herbal yang berkhasiat mengobati Batuk dan Diabetes

Gomphrena globosa alias Bunga Knop


Gomphrena globosa L.
Kembang Knop, Bunga Knop

Gomphrena globosa, umumnya dikenal sebagai globe amaranth, makhmali, dan vadamalli, adalah tanaman yang dapat dimakan dari keluarga Amaranthaceae. Perbungaan bunga berbentuk bulat merupakan ciri yang dominan secara visual dan kultivar telah diperbanyak untuk menunjukkan corak magenta, ungu, merah, jingga, putih, merah jambu, dan ungu. Di dalam kepala bunga, bunga asli berukuran kecil dan tidak mencolok.

Penyebaran dan Asal

Gomphrena globosa berasal dari Amerika Tengah termasuk wilayah Panama, dan Guatemala, tetapi sekarang tumbuh secara global.

Sebagai tanaman tahunan tropis - Tropcal annual plant, Gomphrena globosa mekar terus menerus sepanjang musim panas dan awal musim gugur. Ini sangat tahan panas dan cukup tahan kekeringan, tetapi tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh dan kelembaban teratur.Tanaman memperbaiki karbon melalui jalur C4.

Tumbuhan C4 melakukan proses fotosintesis secara umum dengan 2 tahapan, yaitu Reaksi Terang dan Reaksi Gelap. Pada proses reaksi terang energi cahaya dikonversikan menjadi energi kimia dan hasil akhirnya oksigen. Kedua, Reaksi Gelap dimana terjadi reaksi siklik sehingga terbentuk gula dengan bahan dasar CO2 dan energi

Tanaman C4 mempunyai 2 tipe sel fotosintesis yakni mesofil dan bundle-sheath, CO2 hasil dari siklus Calvin di bundle sheath ditangkap kembali dan dipergunakan di mesofil.

Karena termasuk sebagai tanaman C4, maka Kembang Knop alias Gomphrena globosa mampu berbunga sepanjang tahun seperti Jagung, tebu, Sorgum dan tanaman C4 lainnya.

Saat dewasa, kepala bunga memiliki panjang sekitar 4 cm dan tanaman tumbuh setinggi sekitar 60 cm..

Kembang Knop Gomphrena globosa

Gomphrena globosa adalah spesies menyilang yang diserbuki oleh kupu-kupu, lebah, dan serangga lainnya. Bunga volatil kemungkinan memainkan peran penting dalam keberhasilan reproduksi tanaman dengan mempromosikan daya tarik penyerbuk

Manfaat Kembang Knop Gomphrena globosa

Di Hawaii, ini biasanya digunakan dalam lei yang tahan lama karena mempertahankan bentuk dan warnanya setelah dikeringkan. Di Nepal, bunga yang juga dikenal sebagai makhamali ful digunakan untuk membuat karangan bunga selama Bhai Tika, hari terakhir Tihar. Karangan bunga itu dipasang di leher saudara laki-laki itu oleh saudara perempuan mereka untuk perlindungan.

Lei adalah karangan bunga atau karangan bunga terkadang diterjemahkan sebagai serangkaian objek yang dirangkai dengan maksud untuk dipakai. Konsep lei yang paling populer dalam budaya Hawaii adalah karangan bunga yang disajikan saat tiba atau pergi sebagai simbol kasih sayang.

Tanaman Kembang Knop ini populer dalam desain lansekap dan pengisi taman atau border karena warna-warna cerah dan retensi warnanya yang indah

Bagian Tanaman Kembang Knop hampur semua dapat dimakan Gomphrena globosa telah digunakan dalam pengobatan herbal. Di Trinidad, bunganya direbus untuk membuat teh yang digunakan untuk keluhan bayi, oliguria, batuk dan diabetes.

Pengobatan rakyat Karibia secara historis menggunakan bayam dunia untuk meredakan masalah prostat dan reproduksi.

Gomphrena globosa

Warna bunga Kembang Knop yang ungu telah digunakan sebagai obat untuk beberapa kondisi peradangan pernafasan termasuk asma bronkial, bronkitis akut dan kronis, dan batuk rejan.

Kegunaan lain Kembang Knop sebagai Obat Herbal sangat dianjurkan dalam pengobatan tradisional berkisar dari pengobatan penyakit pernafasan, penyakit kuning, kondisi sistem kemih, dan masalah ginjal.

Informasi terkait khasiat herbal akar Kembang Knop, ada informasi yang berasal dari tahun 1870-an menyebutkan khasiat yang bermanfaat akar Gomphrena, khususnya untuk masalah saluran pencernaan dan pernapasan serta kemampuan untuk bertindak sebagai stimulan.

Bunga Gomphrena . globosa kaya akan betacyanin yang memiliki berbagai aplikasi sebagai aditif dan suplemen dalam industri makanan, kosmetik, dan pakan ternak. 

Stabil di antara pH 3 dan pH 7, betacyanin dalam globe amaranth sangat cocok untuk digunakan sebagai pewarna makanan alami dan memiliki warna merah-ungu.

Kembang Knop memang banyak dipakai sebagai pewarna alami makanan dan tidak memberikan efek samping dan efek negatif.

Selain itu, betacyanin telah menunjukkan karakteristik obat yang menarik sebagai senyawa antioksidan dan kemopreventif yang kuat baik dalam model in vitro maupun in vivo. 

Ekstrak Bunga Gomphrena globosa menurunkan kandungan oksida nitrat di makrofag budidaya

Gomphrena globosa

Sedikitnya dua puluh tujuh fitokimia telah terdeteksi di Gomphrena globosa termasuk enam turunan asam fenolat dan lima belas flavonoid spesifik. 

Senyawa fenolik yang paling melimpah adalah flavonoid. Fenol utama ditemukan sebagai kaempferol 3-O-rutinosida berdasarkan teknik kromatografi dan spektrometri massa.  

Turunan gomphrenol juga berkontribusi pada kandungan fenolik. Flavonol lainnya termasuk turunan quercetin, kaempferol, dan isorhamnetin

Betacyanin utama yang diidentifikasi dalam kelompok bayam  adalah gomphrenin, isogomphrenin II, dan isogomphrenin III yang merupakan nama dari Gomphrena globosa..

Benih tanaman Gomphrena globosa atau Kembang Knop sudah banyak di jual baik di toko toko tanaman maupun di online.

Dengan kandungan kimia yang ada di Kembang Kenop atau Bunga Knop, berikut manfaat tanaman Gomphrena globosa untuk meredakan atau mengurangi penyakit meskipun tidak semua orang bisa cocok dengan herbal berbahan baku Kemabng Knop ini.

 


1. Mengobati radang saluran napas kronis. Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 15 gram kaktus yang telah dikupas kulitnya, 10 gram jahe, gula batu secukupnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat. Sudah dibuat obat disuntiakan pada titik akupunktur, pada 10% penderita, timbul rasa kering ditenggorokan setelah mendapatkan suntikan, tetapi hanya sementara.

2. Mengatasi benjolan di tubuh. Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 30 gram daun dewa yang direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan diminum airnya.

3. Mengobati panas dalam pada anak-anak karena gangguan hati. Siapkan 7-14 kuntum bunga kenop, 15 gram temulawak, 75 gram penjara yang direndam hingga lembut, kemudian direbus dengan 750 cc air hingga tersisa 300 cc lalu disaring dan diminum airnya dengan menambahkan secukupnya sedangkan jalinya dimakan.

4. Mengobati perut kembung pada anak-anak. Siapkan 5-10 kuntum bunga kenop kering dan 5 gram jahe yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminum.

5. Mengobati luka terpukul dan koreng. Aplikasinya, siapkan bunga kenop secukupnya, kemudian dihaluskan dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

6. Mengobati sakit kepala dan migren. Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe, 60 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, kemudian direbus dengan 500 cc hingga tersisa 250 cc lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat. Atau dengan persiapkan 15 gram bunga kenop dan 10 gram bunga krissan yang direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, lalu diminum.

7. Melancarkan buang air kecil dan mengobati sakit (disuria). Aplikasinya, siapkan 10 gram bunga kenop, 30 gram rambut jagung yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum.

8. Mengatasi masalah anak-anak yang sering kaget. Siapkan 5-10 kuntum bunga kenop, 20 butir biji teratai, 5 butir angco, gula batu secukupnya, kemudian direbus dengan udara secukupnya, lalu airnya diminum sedangkan biji teratai dan angco dimakannya.

9. Mengobati penyakit disentri. Aplikasinya, siapkan 10 kuntum bunga kenop segar, 30 gram krokot segar yang direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan diminum secara rutin, lakukan tiga kali sehari. Atau siapkan 10 kuntum bunga kenop dan 30 gram patikan kebo yang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin disaring dan airnya berkurang.

10. Mengobati sesak napas. Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.

11. Mengobati mata yang kurang tajam dan kurang terang, serta mata merah. Siapkan 15 kuntum bunga kenop, 30 gram bunga krisan yang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, tambahkan madu secukupnya, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.\

Demikian informasi dari Kembang Knop atau Bunga Knop atau Gomphrena globosa yang mungkin bermanfaat.


0 Response to "Gomphrena globosa L, Kembang Knop, Herbal yang berkhasiat mengobati Batuk dan Diabetes"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel