google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Oregano Indonesia. Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.alias Daun Jinten - PLANTER AND FORESTER

Oregano Indonesia. Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.alias Daun Jinten


Daun Jinten

Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.

Inilah Oregano Indonesia yang banyak dipakai untuk kuliner. Kalau aslinya oregano Oroganum vulgare untuk penyedap masakan seperti Pizza dan Spaghetti.
Oregano Indonesia. Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.alias Daun JInten

Tanaman ini saya temui saat melintas di sekitaran KS Tubun dalam yang gang gangnya seperti Labirin dalam cerita Minotaur, monster manusia berkepala Banteng dalam hikayat cerita Yunani. Labirin yang diciptakan untuk mengasingkan Minotaur (anak dari Ratu Pasifae dan seekor Banteng) dirancang oleh arsitek Daidalos balik ke Jinten ya.
Gang Gang di seputaran KS Tubun sangat asri, saluran air sangat dirawat dan bersih dari segala sampah. Warga sepertinya sudah sadar kebersihan dan yang takjub adalah tanaman apotik keluarga tumbuh dengan subur dan terawat. Ketersediaan lahan yang terbatas membuat warga semakin aktif dan kritis untuk berkreasi dengan sumber daya yang ada.

Daun Jinten, sering dipakai untuk lalap menemani menu lauk ikan atau daging kambing sebagai penambah aroma dan mengurangi bau amis dan aroma kambing. Daun agak berasa seperti oregano dan pedes sedikit serta menyengat.

Daun Jinten beda dengan biji Jinten putih Cuminum cyminum (bumbu rempah dan pengobatan) dan Jinten hitam Trachysperum roxburghianum (sedikit masakan dan pengobatan) yang banyak dipakai dalam masakan India sebagai rempah rempah yang memberi cira rasa pedas dan panas sehingga merangsang metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Kembali ke daun Jinten.Untuk teman teman penggemar tanaman hias, Daun Jinten dulu diidentifikasi sebagai Coleus amboinicus. Ya Coleus, tanaman hias daun yang memiliki beraneka ragam warna dan sangat menarik.

Tanaman juga berguna untuk mengusir nyamuk nakal yang suka menggigit

Selamat pagi, selamat beratifitas.

Oregano Indonesia. Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.alias Daun Jinten
SportTracker


#walkingtowork
#walkingtooffice
#komunitasjalankaki
#KAKI
#berjalanmenujukantor
#KSTubun
#daunjinten
#jinten
#plectranthusamboinicus
#SportTracker

0 Response to "Oregano Indonesia. Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.alias Daun Jinten"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel