google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Terpesona dengan Indahnya Air Terjun Curug Putri Kuningan - PLANTER AND FORESTER

Terpesona dengan Indahnya Air Terjun Curug Putri Kuningan


Curug Putri Water Fall
Tempat Mandi Para Dewi Khayangan
Air Terjun Curug Putri 

Lokasi wisata di Palutungan memang perpaduan antara pesona alam pegunungan hutan, pertanian tradisional, nature creature seperti air terjun dan anugerah udara bersih yang sudah mulai langka.
Kalau bicara wisata di Indonesia, sangat dipengaruhi oleh budaya yang menggambarkan betapa bijaksananya para leluhur berusaha memahami terbentuknya suatu obyek alam.


Air Terjun Curug Putri Kuningan
Terlepas dari itu sirik atau tidak ada di tuntunannya, itulah Budaya Indonesia yang berproses mulai dari Animisme, Dinamisme, masuknya agama, kemudahan transportasi dan informasi yang dulunya menjadi pembatas dan akhirnya ada yang bisa dinalarkan serta ada yang tidak bisa dinalarkan. Keluhuran budi dan pekerti lah yang akhirnya menguraikan gejala alam menjadi dongeng yang melegenda.
Kembali ke lap top, Curug Putri
12.32 WIB
Pilot handal kali ini Om Rizal, mulai dari Hotel sampai Curug Putri yang berjarak sekitar 14.8 km sesuai info map.


13.12 WIB
Sampai lokasi Parkiran Curug Putri, tiket Rp. 9.5 k per orang. Setelah melewati hutan pinus dengan fasilitas flying fox, ATV, camping ground dan jalan setapak berbatu sekitar 843 m, sampailah di gerbang Curug Putri.



Curug Putri


Suasana hutan yang lengang, jalan setapak berbatu, seperti menghipnotis dengan aura magis, udara yang bersih dan aroma daun pohon pinus (Pinus merkusii) yang segar serta senda gurau The Six Boys membuat perjalanan tidak terasa.
Papan Petunjuk Curug Putri
Papan nama Curug (air terjun dalam bahasa Sunda) Putri terpampang jelas, dan dari kejauhan sekitar 234 m, tampak Curug Putri.
Sekarang saya baru tahu kenapa disebut Curug Putri, karena Air Terjun berbentuk seperti seorang Putri yang mengenakan gaun warna putih dan rambut terurai sebahu (Penglihatan saya).
Di atas bayangan kepala Sang Putri, tampak cahaya yang menyeruak dari celah pepohonan dan terlihat seperti jalan menuju langit seolah olah menjadi jalan para dewi dari khayangan turun ke bumi untuk membersihkan diri (versi ilusi)

Curug Putri
Setelah melewati jembatan dari besi dan sekaligus dari sinilah terlihat dengan jelas penampakan Sang Putri 
Kami, The Six Boys langsung action dengan kamera masing masing. Om Rizal di hilir barisan air terjun dengan menancapkan tripod di air, Om Irwan langsung action membuat video scene, Om Yusti langsung menuju aliran air terjun dan tancap tripod, Bang Azis masih makan kwaci, saya langsung menuju bawah air terjun, mandi jadi modelnya Om Ojo 

The Six Boys berfoto di Curug Putri
Airnya dingin menusuk kulit dan pukulan air terjun ke badan seperti berasa memijat. Terasa aliran darah berebut mengisi celah celah pembuluh darah yang terbuka rongganya karena pukulan air terjun.


Air Terjun Curug Putri Kuningan
Moment lucu, saat pura pura bertapa di layer ke dua air terjun dengan beda tinggi sekitar 2 m, muncul seorang Ibu dengan santainya bilang dalam bahasa Jawa Pesisir yang artinya " Saya mau mencuci daleman ya, jangan ada di bawah saya" , perasaan saya dulu baru dia lho. Ya sudah, akhirnya kena imbas air cucian yang berkhasiat .
Dari cerita beberapa pengunjung, memang ada semacam mitos khususnya untuk para wanita mencuci daleman mereka karena ada kepercayaan mengandung khasiat. Entah, khasiat apa silahkan direnungkan sendiri. Kalau saya sih, ya semacam mencuci biar bersih saja .

Sang Pertapa Air Terjun Curug Putri Kuningan

Ada 1 (satu) pohon yang menjadi titik spot saya untuk berfoto. Pohon beringin alias Ficus benjamina yang kokoh berdiri di samping kiri Air Terjun Putri dari arah depan. Umurnya sudah sangat tua, terlihat dari guratan batang dan akar yang sudah menjulur sampai dasar air terjun.

Sang Pertapa Air Terjun Curug Putri Kuningan


Sayangnya, saat kami datang, di dasar air terjun dipenuhi lumpur hitam yang mungkin erosi dari atas yang tertahan di hilir dan sedikit mengganggu karena membuat kaki kotor.
#CurugPutri
#WisataKuningan
#Palutungan
#WisataKuningan
#Kuningan
#TheSixBoys
Photo by Yusti Dahlan Rizal Yohan Permana






0 Response to "Terpesona dengan Indahnya Air Terjun Curug Putri Kuningan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel