google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 The barred eagle owl (Bubo sumatranus) Alias Burung Hantu - PLANTER AND FORESTER

The barred eagle owl (Bubo sumatranus) Alias Burung Hantu

The barred eagle-owl (Bubo sumatranus)

Beluk Jampuk

The barred eagle owl (Bubo sumatranus) Alias Burung Hantu
Tuesday, ‎May ‎13, ‎2008, ‏‎7:48:20 AM, itu adalah saat foto diambil.
Lokasi di Perkebunan Kopi Indoarabica Mangkuraja, Kecamatan Tes, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. yang berada di ketinggian 1.000 - 1200 dpl.

Mangkuja Coffee PT Indoarabica Mangkuraja

Burung yang tersesat dan mungkin sedang berburu tikus di lingkungan Mess yang memang cukup banyak tikus.

Ataupun sedang berburu ular, yang memang juga banyak di lingkungan Mess dan mungkin ular juga sedang berburu tikus.

Burung Hantu alias Beluk Jampuk species  Bubo sumatranus The barred eagle owl

Kingdom   : Animalia
Phylum      : Chordata
Class          : Aves
Order         : Strigiformes
Family       : Strigidae
Genus         : Bubo
Species       : Bubo sumatranus

Di Jawa, apapun jenis burung hantu disebut nya Kokok Beluk alias Burung Hantu dan dalam beberapa mitologi lokal di Jawa, panggilan spesies ini dianggap sebagai panggilan setan. Suara burung hantu yang seringkali berbunyi whooa-who, whooa-who atau hooo....hooo menjadi ciri khas suara saat malam yang sunyi.

Terkadang bunyi yang dikeluarkan mirip berisik dari berbagai suku kata dan terkadang berubah menjadi suara yang menakutkan dan suara seperti tercekik, yang biasanya diucapkan di sore hari menjelang malam.

Saya sering sendirian di mess yang cukup besar, di saat karyawan pulang ke rumah masing masing.  Suara Burung Hantu inilah yang sering menemani saat sunyi dengan suaranya yang merdu.

Burung Hantu ini termasuk burung yang setia karena Burung hantu beluk jampuk memiliki satu pasangan seumur hidup. Dan mereka akan kembali ke sarang yang sama dari tahun ke tahun di saat musim kawin.

Sarangnya biasanya berbentuk lubang di pohon besar. Dalam sekali musim kawin, mereka hanya akan menghasilkan satu telur sampai dua telur sebelum dierami dan menetas .

Spesies ini bersarang di rongga pohon besar atau, di Jawa dan Sumatra, di atas pakis besar Asplenium nidus alias Paku sarang Burung atau Kadaka.

Makanan utama Sang Burung Hantu di antaranya serangga besar seperti Kumbang, mamalia kecil sepeti tikus (Sering dijadikan predator di PerkebunanSawit) , reptil (Kadal, biawak ataupun ular), ikan kecil dan burung kecil (Burung pipit dan sejenisnya).

Burung Hantu adalah  hewan nokturnal dan biasanya berkeliaran hanya bisa berpasangan. Yang unik dari beluk jampuk adalah mereka senang mandi di kolam atau sungai

Tatapan mata yang tajam dan warna yang indah. menjadikan Burung hantu ini menjadi incaran pemburu untuk diperjualbelikan.

The barred eagle owl (Bubo sumatranus) Alias Burung Hantu
Kalau Anda saya lingkungan, jangan menangkap burung ini dan biarkan berkembang biak dan menjadi predator dan berperan di rantai makanannya.


Canon PowerShot A620
F4
S 1/100s

#Bubosumatranus
#BurungHantu
#BarredEagleOwl
#BurungHantuSumatera
#SumatraOwl
#Aspleniumnidus
#Strigiformes
#Bubo
#BelukJampuk

0 Response to "The barred eagle owl (Bubo sumatranus) Alias Burung Hantu"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel