google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Utetheisa pulchella Linnaeus - PLANTER AND FORESTER

Utetheisa pulchella Linnaeus

Utetheisa pulchella Linnaeus



Utetheisa pulchella Linnaeus

Ngengat yang warnanya indah, dengan warna dasar putih serta pola noktah tidak beraturan warna orange atau merah cerah dan hitam.

Utetheisa pulchella Linnaeus

Pola yang beraneka bentuk, mulai dari kotak, segitiga, noktah bahkan tidak berbentuk. Terkadang pola terlihat bersambung memanjang.

Ngengat Utetheisa pulchella saya foto di area persawahan saat pagi yang masih berembun.

Indonesia, merupakan salah satu penyebaran ngengat yang memiliki larva alias ulat warnanya hitam abu abu (pada saatnya akan saya tampilkan) yang memilikin kesukaan memakan daun Crotalaria dan beberapa tumbuhan seperti spesies Echium, Borago officinalis, Family Solanaceae, Plantago lanceolata dan spesies Anchusa. Termasuk kesukaan mereka juga tumbuhan Crotalaria dan Gossypium.

Utetheisa pulchella Linnaeus

Sayap ngengat yang indah ternyata adalah kode peringatan bagi predator terutama burung, bahwa mereka beracun dan tidak enak dimakan. Enaknya itu dinikmati keindahannya 😁😁.

Tapi info bahwa imago ngengat Utetheisa pulchella beracun memang benar adanya. Crotalaria mengandung alkaloid Pirolidizin yang beracun. Crotalaria berasal dari bahasa Yunani Root "Crotal" yang berarti Rattle. Racun Pyrrolizidine Alkaloids (PA) setelah tercerna akan mempengaruhi hati dan paru paru.  Keracunan pada manusia dapat memyebabkan penyakit Veno occlusive dimana beberapa vena kecil di hati tersumbat dan Teratogenicit yaitu gangguan dan keterlambatan mental dan kelainan bawaan.

Cantik menggemaskan dan Cantik membahayakan.

Utetheisa pulchella alias the Crimson Speckled Flunkey, Crimson Speckled Footman atau Crimson Speckled Moth termasuk dalam Family Erebidae.

#Utetheisapulchella
#Moth
#Ngengat
#NgengatMerahPutih
#NgengatCantik
#NgengatOrange
#CrimsonSpeckledFlunkey
#CrimsonSpeckledFootman
#CrimsonSpeckledMoth
#IndonesiaMoth
#JavaMoth
#NgengatIndah

0 Response to "Utetheisa pulchella Linnaeus"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel