google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Vespa affinis, Hornet banded - PLANTER AND FORESTER

Vespa affinis, Hornet banded

Vespa affinis
Hornet banded alias Tawon Ndas



Vespa affinis, Hornet banded
Mayoritas tawon atau Tabuhan adalah herbivora termasuk salah satunya Vespa affinis, memakan material tumbuhan seperti buah dan nektar. Sedangkan larva tawon ini malah karnivora, dengan makanan bervariasi mulai dari kutu daun, larva serangga dan kepompong.

Yang unik adalah, strip kuning atau orange pada bagian perut alias abdomen pada Tawon mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi, karena adanya pigmen Xanthoperin dan hal inilah yang menjelaskan kenapa Tawon lebih aktif pada waktu matahari sedang terik.

Hanya Tawon betina yang memiliki sengat yang merupakan saluran yang terhubung ke kelenjar bisa.


Kali ini bertemu dengan Tawon Vespa affinis yang sedang menghisap madu di tanaman Celosia argentea alias Boroco yang memiliki bunga Hermaprodit.

Vespa affinis mencari makan di dekat tanah di daerah berumput, hutan, dan gurun. Ini memiliki diet serbaguna karbohidrat baik seperti getah pohon, nektar, buah-buahan dan air liur larva dan makanan berprotein seperti bangkai, tawon kertas ( Polistinae ) dan lebah ( Apidae )). Makanannya terutama terdiri dari makanan cair seperti nektar dari bunga. Ia juga memakan lebah dan mengumpulkan daging dari serangga yang baru mati. Di Singapura ia memangsa lalat yang tertarik pada bangkai.

Sarang Vespa affinis dibangun tinggi di atas pohon, tetapi juga rendah di semak-semak serta di rumah-rumah. Sarang yang dibangun di pohon-pohon tinggi umumnya memanjang. Di daerah tropis sarangnya berbentuk buah pir atau bentuk tetesan, tetapi di daerah subtropis bentuknya oval dengan bagian atas membulat. Sarang kecil berbentuk bola dengan pintu samping, sementara sarang yang lebih besar memanjang secara vertikal dan mungkin memiliki beberapa pintu masuk. Sarang memiliki amplop tebal dengan banyak lapisan kertas melingkar yang tumpang tindih. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 60 cm di daerah tropis.

Vespa affinis telah mendapatkan reputasi yang mengerikan di Indonesia karena perilaku agresif dan sengatannya yang kuat, yang berpotensi menyebabkan anafilaksis yang mengancam jiwa . Pada tahun 2018, dilaporkan bahwa 7 orang meninggal karena sengatan V. affinis

FamilyVespidae
Ordo Hymenoptera
#TawonNdas
#Tabuhan
#Tawon
#Vespaaffinis
#Celosiaargentea
#Boroco

0 Response to "Vespa affinis, Hornet banded"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel