google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Nikmatnya makan durian di SENTRA DURIAN KALIBATA - PLANTER AND FORESTER

Nikmatnya makan durian di SENTRA DURIAN KALIBATA

Sentra Durian Kalibata
Durio zibethinus

Sentra Durian Kalibata


Ini kali pertama kali saya makan buah Durian (Durio zibethinus) setelah hampir 48 tahun, bayangkan 48 tahun.  Selama itu pula saya selalu membenci jika ada orang makan durian. Baunya saja saya sangat tidak suka, bahkan mual dan pusing melanda saat mencium atau sekedar melihat buah durian.

Lapak Durian di Sentra Durian Kalibata


Saat Bulan Maret 2020, saat melakukan survey buah durian, itulah kali pertama saya makan Durian dan rasa mual dan pusing tidak ada. Aneh khan....

Padahal berkali kali saya menemani orang atau keluarga makan durian dan selama itu pula saya selalu menghindar. tapi kali ini beda, saya menikmati lezatnya The King Fruit alias Si Raja Buah.

Memang pantas durian disebut Raja nya Buah, karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut dan juicy. Teksturnya yang tajam dan keras di luar, tetapi menimbulkan sensasi manis dan lembut di daging buah, sungguh membuat penikmat durian jatuh hati.

Aneka Jenis dan ukuran Durian


Sentra Durian Kalibata merupakan sentra durian yang lokasinya di Kalibata dan buka selama 24 jam.
Pedagang di Sentra Durian  hanya menjajakan durian di sepanjang jalan depan Taman Makam Pahlawan Kalibata. Lima tahun belakangan, Pemerintah Daerah DKI Jakarta khususnya Pemkot Jakarta Selatan membangun tempat yang lebih layak dengan gerai permanen yang tertata.

Pengalaman Saya saat berkunjung ke tempat ini pukul 11.00 WIB pengunjung masih belum ramai. Pedagang yang berjajar pun ada yang terlihat sedang merapikan gerainya, dan ada pula yang sedang menurunkan pasokan durian dari dalam mobil pick up dengan kemasan ada yang sterofoam ataupun yang langsung bulat bulat. ada yang impor dan ada yang lokal.

Jika kamu penikmat Durian, mengkonsumsi durian dengan suasana sepi dan tak menginginkan keramaian, kamu patut datang di waktu-waktu ini. Saya pas berkunjung pada hari kerja, kamu bisa merasakan sensasi menikmati durian tanpa terganggu suara orang di sekitar.

Saat baru datang, sebaiknya anda berkeliling ke seluruh bagian lapak sentra durian yang ada 3 blok. Anda bisa bertanya tentang durian yang mereka jual dan sambil melihat lihat mana jenis dan ukuran yang cocok dan yang paling penting cocok dengan kantongmu

Ada Jenis Lokal dan Jenis Impor. Anda bisa menanyakan dan mengecek masing masing jenis. Ada Montong, Musagking, Bawor, Petruk, Medan, Medan Super, Montong Thailand, dan jenis lain.


Durian Lokal yang bersaing dengan Durian Impor


Di Sentra Durian Kalibata, terdapat 30 gerai di terbagi atas 3 blok, yaitu Blok A, Blok B, dan Blok C. Masing-masing blok memiliki 10 gerai durian.

Gerai-gerai di Sentra Durian Kalibata ini memiliki harga durian yang berbeda dan kabar baiknya, semua harga durian di sini dapat kamu tawar. Proses penting dalam transaksi jual beli ini dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Menawarlah dengan harga sewajarnya, jangan terlalu rendah. Kisaran harga durian di sini mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 180..000 per kg.

Sebelum dibeli, anda bisa minta cicip dulu. Biasanya Si Abang Durian akan membuat lubang kecil di bagian durian dan mengambil sedikit dengan pisaunya dan dicuil sedikit daging durian terus kita disuruh mencobanya. Kalau cocok, pilih dan timbang.

Timbangan di pedagang durian sudah langsung menyebutkan berat timbangan dan harga sesuai jenis yang dipilih. Jadi nggak perlu kalkulator. Keren khan...

Saya dan teman teman, untuk durian pertama memilih Durian Musangking dengan berat 2.60 kg dengan harga per kg Rp. 125.000,- atau senilai Rp. 325.000 per butir.  Tampilan durian kering tetapi setelah dimakan cukup lembut dan legit.  Buah kedua kami memilih Petruk, sedikit mengeluarkan rasa pahit dan winy, dan saya juga suka ini.

Nikmatnya makan durian


Memang lebih enak makan durian di tempat penjualnya, disamping tidak membawa sampah pulang, kitapun tinggal makan tanpa membuka dengan susah payah.

Saat pulang, kami tak lupa membungkus juga buat keluarga di rumah.

Semoga Anda juga bisa menikmati Kuliner Buah Durian di Sentra Durian Kalibata.

Jangan ilhat ukurannya, rasakan sensasinya







0 Response to "Nikmatnya makan durian di SENTRA DURIAN KALIBATA"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel