google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Air yang Indah, Cyperus papyrus L. - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Air yang Indah, Cyperus papyrus L.

Tanaman Hias Air yang Indah, Cyperus papyrus L.
Cyperus papyrus L.
Cyperus papyrus L.


Tumbuhan yang termasuk dalam Family Cyperaceae dan banyak dijadikan sebagai aksen untuk taman taman air.

Disebut juga Papyrus sedge (papirus alang alang), paper reed ( kertas alang alang), Indian matting plant (tanaman anyaman india), Nile grass (Rumput Nil). Papyrus mempunyai sejarah panjang dan sudah digunakan oleh bangsa Mesir Kuno sebagai bahan baku kertas Papirus.

Ternyata, papirus termasuk edible plant alias bisa dimakan yaitu bagian empulur tunas muda baik dalam kondisi mentah maupun diolah dengan tambahan bumbu rempah tempah.

Tumbuhan asli Afrika ini termasuk Tanaman C4 alias The Hatch -Slack payhway yanh merupakan langkah pertama dalam mengekstraksi karbon dari karbon dioksida untuk dapat digunakan dalam gula dan biomolekul lainnya.

Tanaman C4 mampu memperbaiki karbon secara lebih efisien dalam situasi kekeringan, suhu ekstrim, dan keterbatasan nitrogen atau CO.

Saat ini tanaman C4 mrwakili sekitar 5% dari biomassa tanaman di Bumi dan 3% dari spesies tanaman dan menyumbang sekitar 23% dari fiksasi karbon terestrial. Meningkatkan proporsi tanaman C4 di Bumi dapat membantu Biosequestrasi CO2 dan merupakan salah satu strategi alternatif perubahan iklim yang ekstrim. Ternyata Ilmu saat menjadi asisten mata kuliah Fisilogi Tumbuhan masih bermanfaat.

Kembali ke Papyrus, tumbuhan ini ternyata banyak sekali manfaatnya selain sebagai tanaman hias air yang penggemarnya selalu ada.

Selain sebagai bahan baku kertas saat jaman Mesir Kuno, bahan pembuat perahu di Sudan saat King Antigonus membuat armada perahu dari Papyrus untuk mengelabui musuh musuhnya. Sebagai bahan anyamam untuk peralatan rumah tangga, piring, tas, sandal dll.

Nilai lingkungan Papyrus dengan tipikal tumbuh dan berakar di air mampu memainkan peranan penting dalam agen pembersihan lingkungan dan memperbaiki serta mengatur ekosistem perairan.


Lokasi Pemotretan : Pasar Terapung, Lembang

Lokasi pertumbuhan Cyperus papyrus L.


0 Response to "Tanaman Hias Air yang Indah, Cyperus papyrus L."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel