google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Air Montrichardia arborescens (Schott) - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Air Montrichardia arborescens (Schott)

Montrichardia arborescens (Schott)

Montrichardia arborescens (Schott) 
Kebun Raya Bogor

Synonym
Arum rborescens
Caladium arborescens
Philodendron arborescen

Nama umum adalah Moco Moco atau Mocou Mocou, tanaman yang berpenampilan  unik dan merupakan tanaman tropis.

Montrichardia arborescens (Schott)
Kebun Raya Bogor

Dapat tumbuh hingga 3 meter dan tumbuh liar di sepanjang tepian sungai dan  daerah rawa.

Tanaman ini sangat tahan banting dan mampu betadaptasi di lingkungan air tawar, air asin dan air payau dan berbunga berwarna putih mirip anthurium, meskipun saat memotret ini, tidak ada bunga yang mekar.

Meski tumbuh memerlukan air yang cukup dan menggenang, tetapi Moco Moco memiliki toleransi kekeringan yang lebih kuat dibandingkan tanaman sejenis.

Seperti falily Araceae lainnya, tanaman ini sering dibudidayakan di kolam, tapi menurut saya terlali besar jika sudah membentuk rumpun.

Montrichardia arborescens (Schott)
Kebun Raya Bogor

Batang Moko Moko berduri dan bentuk daunnya mirip seperti daun talas atau bahkan mirip Phylodendron makanya mempunyai sinonim juga Phyllodendron.

Montrichardia arborescens (Schott)
Kebun Raya Bogor

Tahukah anda bahwa daun Moko Moko salah satu makanan Favorit ikan duyung Dugong dugon sejenis Mamalia yang mampu bertahan hidup hingga 25 tahun.

Buah Spadix Moko Moko dapat dimakan, setelah bijinya dimasak atau dipanggang dan dibeberapa negara tertentu menjadi tanaman bahan makanan pokok karena kandungan gizi tinggi.

Sebagai herbal, Moko Moko getahnya dapat digunakan sebagai perawatan obat penghenti pendarahan, menghambat mimisan, obat mata dan pengobat luka borok.  Selain itu, akar dan daun kering bisa digunakan untuk meredakan hipertensi.

Semakin sadarnya umat manusia akan kelestarian alam, membuat manusia mencari bahan baku yang lebih ramah lingkungan untuk memproduksi kebutuhan hidup.💮💮

Produksi kertas yang utamanya dari bahan baku serat kayu, seiring dengan jalannya waktu mulai mencari alternatif serat non kayu.

Moko moko merupakan pilihan ideal karena beberapa bagian tanaman memiliki serat yang dapat digunakan sebagai bahan baku pulp alias bubur kertas yang lebih ramah lingkungan.  Perlu analisis lebih lanjut, dari segi budidaya, biaya per satuan, dan financial.

Lokasi Pemotretan : Kebun Raya Bogor

Montrichardia arborescens (Schott)


0 Response to "Tanaman Hias Air Montrichardia arborescens (Schott)"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel