google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Berkhasiat Obat, Ki Tolod, Hippobroma longiflora (L.) G. Don - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Berkhasiat Obat, Ki Tolod, Hippobroma longiflora (L.) G. Don

Tanaman Berkhasiat Obat, Ki Tolod, Hippobroma longiflora (L.) G. Don


Hippobroma longiflora (L.) G. Don
Synonym :
Isotoma longifa C. Pres
Laurentia longiflora

Hippobroma longiflora (L.) G. Don

Vernacular names :
Ki Tolod
Star of Bethlehem
Madamfate
Kembang Jangar

Tumbuhan berbunga family Campanulaceae dan satu satu spesies dalam genus Hippobroma.🌱🌱


Hippobroma longiflora (L.) G. Don

Tumbuhan dengan kandungan konsentrasi alkaloid piridin yaitu lobeline dan nikotin ini berasal dari Hindia Barat san dinaturalisasikan ke Tropis Amerika dan Oseania.

Efek nikotin dan lobeline sangat mirip dengan efek psikoaktif pada dosis kecil. Efek tidak menyenangkn seperti muntah,  kelumpuhan otot, gemetaran  terkait pada toksisitas dan penggunaan ethnoboranical. 


Hippobroma longiflora (L.) G. Don

Apa itu ethnobotanical, yaitu studi tentang tumbuhan di suatu wilayah dan penggunaan praktisnya melalui pengetahuan tradisional tentang budaya dan masyarakat setempat. 

Seorang ethnibotanis akan berusaha mendomentasikan kebiasaan setempat yang melibatkan penggunaan praktis flora lokal untuk aspek kehidupan seperti tumbuhan sebagai obat, makanan dan pakaian.



Hippobroma longiflora (L.) G. Don

Tumbuhan Kitolod, sering juga disebut Kembang Jangar atau bunga bintang lima dan tumbuh diantara semak semak, tepi jalan bahkan dipinggir selokan dan terkadang terabaikan manfaatnya. Saya temui ini di rumah Ibu dan kebetulan beliau menawarkan tanaman ini. 🌿🌿☘

Bunga Kitolod alias Hippobroma longiflora mempunyai khasiat luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit mata seperti katarak, nyeri dan perih atau iritasi bahkan silinder, rabun jauh, rabun dekat, mata minus.


Masyarakat  jaman dahulu sudah banyak mengenal  tanaman ini sebagai obat gangguan mata. Mereka menggunakan daun Kitolod yang diambil pagi hari dan masih ada embunnya dan mempercayai air embun Kitolod mampu menyembuhkan berbagai penyakit mata.πŸ‘¨‍⚕️πŸ‘©‍⚕️


Hippobroma longiflora (L.) G. Don








































Penggunaan Bunga Kitolod sebagai obat mata dengan memetik beberapa tangkai bunga Kitolod, direndam dalam air bersih dan didiamkan selama 15 - 20 menit kemudian ambil dan teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri masing masing 2 tetes atau pada bagian mata yang sakit.

Pada saat diteteskan, mata akan terasa perih dan diamkan beberapa saat lalu dikedipkan beberapa kali. Lakukan berulang dan minimal 3 kali sehari.

Semoga bermanfaat 🌸🌸


0 Response to "Tanaman Berkhasiat Obat, Ki Tolod, Hippobroma longiflora (L.) G. Don"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel