google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Berdaun indah untuk Pot Gantung dan Penutup Tanah, Zebrina pendula - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Berdaun indah untuk Pot Gantung dan Penutup Tanah, Zebrina pendula

Zebrina pendula
Zebrina

Identifikasi Tanaman
Klasifikasi taksonomi dari Zebrina pendula adalah
Ordo       :  Commelinales
Family    : Commelinaceae
Genus     : Tradescantiae
Spesies    : Tradescantia zebrina (Schinz

Zebrina pendula
Sinonim :
Tradescantia pendula
Zebrina pendula

Daun berbentuk lanceolate dengan pinggiran daun rata alias entire dengan tulang daun sejajar.
Pola warna daun ada 3 warna abu abu kehijauan, abu abu kebiruan, dan bagian tengah biru kehijauan dan berwarna lebih gelap.

Terkadang pola daunnya berwarna hijau kebiruan dan memiliki garis memanjang yang berwarna keperakan di permukaan dan ungu di bagian bawah.

Selubung daunnya tipis dan kalau terkena cahaya terlihat transparant dan terkadang sedikit berbulu.
Daun tersusun di batang yang tidak terlihat karena rapatnya susunan daun.

Bunga berwarna ungu cerah dan memiliki 3 helai mahkota bunga dan tampak putik dan benang dari muncul dari dasar bunga.
Bunga bersifat hermaprodit dengan bentuk radial simetris. tiga mahkota yang melindungi putik dan benang sari sebanyak 6 buah.

Buah berbentuk kapsul dan berisi biji berwarna abu abu coklat.
Tanaman Tradescantia sebenarnya sedikit sukelen alias berair dan sedikit tebal.

Habitat
Habitat Zebrina mulai dataran rendah sampai dataran tinggi. Kalau di tempat asalnya yaitu Meksiko dan amerika tengah, tanaman tumbuh di daerah basah dan di hutan yang memiliki kelembaban tinggi alias hutan hujan basah. Tumbuh di atas bebatuan atau ruang terbuka yang dekat dengan air.

Kalau di Indonesia yang sudah didomestikasi, tanaman Zebrina atau Tradescantia  tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi.  Di tempat saya Bekasi dengan altitude 50 m dpl Zebrina tumbuh dengan baik, demikian juga di Bogor dengan ketinggian sekitar 600 - 800 m dpl, Zebrina juga tumbuh dengan baik.

Foto tanaman saya dapatkan di daerah Jakatta, tepatnya di Cempaka Putih tengah dan tumbuh dengan baik dengan media tanah kebun dicampur kompos dan arang sekam.

Berikutnya di Bogor, tepatnya di Kebun Raya Bogor, di lokasi Koleksi Anggrek. ketinggian sekitar 600 dpl dengan media tanam tanah kebun.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman dengan stek dan metode perundukan atau menempelkan bagian tanaman ke tanah atau media tumbuh yang sudah dipersiapkan. Tingkat keberhasilan stek Zebrina sekitar 80% sedangkan dengan metode perundukan mendekati 99% tingkat keberhasilan.

Manfaat Tanaman
Tanaman Zebrina umumnya dijadikan tanaman hias daun dijadikan tanaman pot dan sebagai tanaman ground cover alias tanaman penutup tanah.
Sangat cocok sebagai Ground Cover di lingkungan agak teduh.
Pendula artinya menggantung dan sangat cocok sebagai tanaman gantung.

Ada informasi bahwa tanaman Zebrina dibuat sebagai teh herbal dingin yang disebut Matali.
Selain bermanfaat, ada juga yang harus dihindari yaitu terkena getah zebrina secara langsung karena akan mengakibatkan iritasi kulit.

Tips dan Trik.
Tanaman Zebrina akan cantik bila ditanam di Pot Gantung dengan media tanah dicampur dengan kompos dan sebaiknya menggunakan Pot yang tipe tinggi supaya perakaran kuat dan mampu menopang rimbunnya tanaman Zebrina.
Saat ini sudah berbagai macam varian Tradescantia yang ada di pasaran dengan harga mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 250.000 per pot tergantung varietas dan besarnya tanaman.

Pemupukan rutin dengan NPK mutiara dengan dosis 5 gram untuk pot ukuran 30 liter, jadi kalau pot hanya ukuran 1 liter atau pot kecil sebenarnya hanya perlu sekitar 10 -15 butir saja.

Jika sudah terlalu panjang dan rimbun, pangkas bagian tanaman yang kering dan mati terlebih dahulu, baru diatur percabangan yang kurang sesuai.

Tanaman Zebrina untuk Ground Cover perlu kehati hatian karena tanaman ini jika sudah menemukan tempat tumbuh yang cocok akan bersifat invasif atau menjadi tanaman pesaing alias Gulma alias Weed.

Jika ingin mengendalikan Zebrina potong bagian tanaman yang akan dibuang dan letakkan jauh dari tanah karena kalau terkena tanah, Zebrina akan tumbuh kembali.


0 Response to "Tanaman Hias Berdaun indah untuk Pot Gantung dan Penutup Tanah, Zebrina pendula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel