google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Manfaat Buah Duku, Lansium parasiticum untuk Kesehatan - PLANTER AND FORESTER

Manfaat Buah Duku, Lansium parasiticum untuk Kesehatan

 Buah Duku

Manfaat Buah Duku, Lansium parasiticum untuk Kesehatan

Lansium parasiticum dibudidayakan terutama untuk buahnya, yang bisa dimakan mentah. Buahnya juga bisa dibotolkan dengan sirup. Kayunya keras, tebal, berat, dan ulet, sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam pembangunan rumah pedesaan.

Beberapa bagian tanaman digunakan dalam pembuatan obat tradisional. Biji sambiloto bisa ditumbuk dan dicampur air untuk membuat obat cacing dan obat maag. Kulit kayunya digunakan untuk mengobati disentri dan malaria; bubuk kulit kayu juga dapat digunakan untuk mengobati sengatan kalajengking. Kulit buahnya digunakan untuk mengobati diare, dan di Filipina kulit buahnya yang dikeringkan dibakar sebagai pengusir nyamuk. Kulitnya, terutama dari varietas langsat, dapat dikeringkan dan dibakar sebagai dupa.

Produsen Lansium parasiticum terbesar adalah Indonesia, Thailand, Filipina, dan Malaysia. Produksinya sebagian besar untuk konsumsi internal, meskipun sebagian diekspor ke Singapura, Hong Kong dan Kuwait.

Daun pohon duku berbentuk menyirip dan berbulu halus. Sedangkan, bunga buah duku berukuran kecil dengan tangkai yang pendek. 


Umumnya, buah duku dimakan secara langsung sebab rasanya manis bila matang sempurna. Namun, ada pula yang mengawetkan buah duku dalam sirup. 

Mengutip buku berjudul 378 Jus & Ramuan Herbal: Tumpas Penyakit Ringan Sampai Berat, buah duku kaya akan nutrisi dan serat. 
Dalam 100 gram buah duku mengandung energi 70 kkal, protein 1 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13,9 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg, zat besi 0,9 mg, thiamine 0,05 mg, dan asam askorbat 9 mg. 



Di balik kulitnya yang bergetah, buah duku memiliki rasa yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh mulai dari rambut, kulit, atau organ tubuh lainnya. Buah asal Asia Tenggara ini memiliki nama ilmiah Lansium parasiticum.

Tak kalah dengan jenis buah pada umumnya, buah duku juga mengandung serat, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Semua nutrisi tersebut tentu baik bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan.


Melansir dari Livestrong, nutrisi dalam buah duku meliputi vitamin (A, B1, B2, C, dan E), protein, energi, serat, dan karbohidrat. Sementara kandungan mineral dalam buah ini meliputi kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, thiamin, riboflavin, dan niacin.


Manfaat buah duku untuk kesehatan 

Buah duku memang berbentuk mungil. Namun, Anda harus tahu buah duku menyimpan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. 
Berikut manfaat buah duku untuk kesehatan


Mencegah kanker 
Buah duku mengandung serat yang bermanfaat mengikat karsinogen di dalam saluran cerna. 
Asal tahu saja, zat karsinogen merupakan salah satu faktor penyebab kanker.

Menguatkan Tulang
Tak kalah dengan susu, buah duku juga memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang mampu meningkatkan kekuatan tulang.
Rajin mengonsumsi buah duku bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis atau tulang keropos. Buah berbentuk bulat ini juga mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

Memulihkan energi 
Buah duku baik dikonsumsi setelah Anda berolahraga. Sebab, buah duku mengandung gula tinggi yang bisa memulihkan energi. 
Bagi Anda penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah duku.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah duku mengandung riboflavin, yakni senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut hasil penelitian pada 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, seseorang yang kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko penyakit mata, khususnya katarak.
Tak perlu khawatir, Anda bisa memelihara kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons buah duku, yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin harian.
 
Mencegah sembelit 
Melansir dari Intisari.grid.id, buah duku kata akan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan dan menurunkan risiko sembelit. 


Melindungi dan meningkatkan sistem saraf 
Buah duku mengandung vitamin B dan B2 serta riboflavin yang bermanfaat untuk membantu sistem saraf bekerja dengan baik. 

Mencegah Anemia
Sejumlah penelitian menemukan buah duku bisa membantu seseorang terhindar dari penyakit anemia. Manfaat ini dikarenakan adanya zat besi dalam buah duku bisa meningkatkan sel darah merah.
Dengan begitu, buah duku dapat mengobati anemia. Namun bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah duku saja dan tidak berlebihan.

Kolesterol 
Kandungan niasin dalam buah duku bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. 

Menjaga Kesehatan Jantung
Buah duku dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah karena adanya kandungan vitamin C cukup tinggi. Manfaat ini juga akan membuat Anda terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah.
Vitamin C dalam buah duku berperan penting dalam memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.
Niasin dalam buah duku memang berperan untuk mengontrol kadar kolesterol serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh penyebab naiknya tekanan darah dan penyakit jantung. 


Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Duku merupakan satu di antara buah-buahan yang mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin D untuk mengatasi segala macam masalah mulut seperti gusi berdarah, sariawan, dan bau napas.
Selain itu, buah duku juga bisa membuat gigi lebih kuat dan segar karena adanya kandungan fosfor. Bahkan buah asal Asia Tenggara ini juga mengandung kalsium untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang.

Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Rambut

Vitamin C dalam buah duku juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Kandungan protein dalam buah yang satu ini dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut. Anda bisa mengonsumsi buah duku untuk menutrisi kulit kepala dari dalam.

Menurunkan Berat Badan
Buah duku atau Plants dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan, karena mengandung serat yang bernilai tinggi. Buah duku akan membantu mengeluarkan kalori dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi buah duku dalam jumlah cukup juga akan membuat Anda tidak cepat lapar maupun haus.
Kandungan nutrisi dalam buah duku juga mampu mengontrol dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga obesitas atau kelebihan berat badan.

Mempercantik Kulit

Selain untuk kesehatan, nutrisi dalam buah duku juga bermanfaat bagi kecantikan, yakni menyehatkan kulit. Buah duku mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melembapkan kulit dan meningkatkan kolagen.

Mengatasi Diabetes
Sama seperti buah pada umumnya, duku juga dipercaya mampu mengobati diabetes atau kadar gula dalam darah terlalu tinggi.
Sebuah penelitian menemukan adanya senyawa alami dalam buah duku yang mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

Foto : by @planter_forester

Camera maker   : Nikon
Camera model   : Nikon D750
F Stop               : 1/5.6
Exposure time   : 1/25 s
ISO Speed        : 100
Focal Length     : 110 mm










0 Response to "Manfaat Buah Duku, Lansium parasiticum untuk Kesehatan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel