google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Elang Brontok, Changeable Hawk Eagle, Nisaetus cirrhatus Gmelin 1788 - PLANTER AND FORESTER

Elang Brontok, Changeable Hawk Eagle, Nisaetus cirrhatus Gmelin 1788

 Seri Burung Raptor
Nisaetus cirrhatus Gmelin 1788  , Elang Brontok
Changeable Hawk Eagke
Changeable Hawk Eagle
Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus

Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus Gmelin 1788
Burung Pemangsa, Bird Prey  Elang Brontok, merupakan ordo Accipitridae dan termasuk family Accipitridae.  Nisaetus cirrhatus merupakan burung raptor yang diidentifikasi oleh Gmelin dan termasuk Raptor penyendiri ketika tidak dalam musim berkembang biak alias musim kawin.  
Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus

Burung Pamangsa Elang Brontok ini biasa terlihat terbang sendiri ketika terbang di waktu pagi dan sore hari.  Habitat hidup Elang Brontok di lereng lereng gunung.  Burung Elang Brontok seringkali membentangkan sayapnya untuk mencari, mengintai dan melihat mangsa dari ketinggian.   

Ada 2 jenis Elang Brontok, yaitu Elang Brontok Fase terang dan Elang Brontok Fase Gelap. Burung Elang Brontok memiliki Status IUCN Least Concern (LC) atau resiko rendah dan dilindungi. Makanan dari Burung Elang Brontok adalah Kelinci, tikus,ikan, daging, tikus, Reptil dan beberapa burung kecil. Penyebarannya di daerah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Kalimatan bahkan mungkin di Nusatenggara dan Bali

Nama Populer - Pop name    :  Elang Brontok Changeable Hawk Eagle
Nama Latin - Latin Name      :  Spizaetus cirrhatus (Gmelin, 1788)
Family                         :  Accipitridae
Origin - Daerah Asal               :  Indonesia

Ciri khas                                  :  Elang berubah warna
Keunikan                                 :  Warna gelap dan warna terang berbintik waspada


Ciri ciri dan Identifikasi Satwa 

Elang brontok adalah sejenis burung pemangsa anggota suku Accipitridae. Dinamai demikian kemungkinan karena warnanya yang berbercak-bercak pada bentuk yang berwarna terang. Namanya dalam bahasa Inggris adalah Changeable Hawk eagle karena warnanya yang sangat bervariasi dan berubah-ubah, sedangkan nama ilmiahnya yalah Spizaetus cirrhatus.

Elang brontok berbiak di wilayah yang luas, mulai dari kawasan Asia selatan di India dan Sri Lanka, tepi tenggara Himalaya, terus ke timur dan selatan melintasi Asia Tenggara hingga ke Indonesia dan Filipina

Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus

Habitat Satwa

Habitatnya adalah hutan, tepi hutan, perkebunan, sub-urban. Tersebar sampai ketinggian 1.900 m dpl. Bido memangsa ular dan reptil pada umumnya, katak, serta mamalia kecil.

Penyebaran Satwa

Penyebaran burung Elang brontok hanya berpasangan di musim berbiak, dan di luar waktu-waktu tersebut sering ditemukan menjelajah sendirian di hutan-hutan terbuka, sabana dan padang rumput. Burung ini menyukai berburu di tempat terbuka dan menyerang mangsanya yang berupa reptil, burung atau mamalia kecil dari tempatnya bertengger di pohon kering atau dari udara. Tidak jarang burung ini merampok kawanan ayam di pedesaan.

Di Indonesia, burung ini didapati di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus

Morfologi Satwa

Morfologi Elang Brontok. Burung elang yang berukuran sedang sampai besar, dengan panjang tubuh diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 60-72 cm dengan rentang sayang sekitar 127–138 cm dan berat tubuh sekitar 1.2 to 1.9 kg. Bersifat polimorfik, memiliki beberapa bentuk (morph) bulu sebagai berikut:

  1. Bentuk normal/terang: berwarna coklat di sebelah atas, putih di sisi bawah tubuh dan ekor yang coklat kemerahan, dengan garis-garis hitam melintang pada sayap dan ekor yang tampak jelas ketika terbang. Terdapat coret-coret membujur berwarna hitam di leher dan bercak-bercak kecoklatan di dada.
  2. Bentuk gelap: seluruh tubuh cokelat kehitaman, dengan garis ekor terminal lebih gelap. Saat terbang garis sayap terlihat kontras dengan bulu terbang yang lebih pucat dan berpalang.
Ras-ras tertentu memiliki jambul panjang yang tersusun dari empat helai bulu di belakang kepalanya, sedangkan ras yang lainnya sama sekali atau nyaris tidak berjambul. Betina serupa dengan yang jantan, hanya bertubuh agak besar; burung yang muda dengan kepala yang berwarna lebih pucat dan pola warna yang lebih samar.

Sayap yang panjang, terbentang mendatar tatkala terbang, dengan ujung (susunan bulu primer) yang tampak membulat, dikombinasikan dengan ekor yang panjang dan pola warna di atas, membedakannya dengan jenis elang lainnya.

Terdapat pula bentuk yang gelap (hitam) dan yang lebih terang daripada bentuk normal. Bentuk yang gelap berwarna coklat gelap seluruhnya, dengan garis hitam pada ujung ekor yang cukup kontras dengan bagian lain dari ekor. Bentuk gelap ini ketika terbang hampir serupa dengan elang hitam (Ictinaetus malayensis), dengan sedikit perbedaan pada bentuk sayap.

Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus
 
Perilaku Makan Satwa
Perilaku makan dan makanan utama  Spilornis cheela, elang ular adalah Ular-ular kecil, burung-burung kecil sampai ke mamalia kecil seperti tikus atau kelinci yang mempunyai ukuran yang kecil.


Perilaku Reproduksi Satwa
Perilaku Reproduksi Sarangnya berukuran besar, dibuat dari ranting-ranting pohon dan dedaunan di pohon yang tinggi. Telur satu butir (jarang dua) berwarna putih dengan bintik kemerah-merahan. Di Jawa, elang brontok bersarang antara bulan April sampai sekitar Agustus atau Oktober.

Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus

Klasifikasi Satwa 
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Aves

Order         :  Accipitriformes
Family        :  Accipitridae
Subfamily   : 
Genus        :  Spizaetus
Species      :  Spizatus cirrhatus
Binomial name
Spizaetus cirrhatus (Gmelin, 1788)
Nisaetus cirrhatus

Elang brontok masih berkerabat dekat dengan elang Jawa (Spizaetus bartelsi), elang gunung (Spizaetus alboniger) dan elang Wallace (Spizaetus nanus).

Status Konservasi
Dilindungi Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya, PP 7 dan 8 tahun 1999.

Nisaetus cirrhatus alias Elang Brontok alias Changeable Hawk is listed as being of Least Concern by the IUCN. 
Elang Brontok, Changeable Hawk EagleNisaetus cirrhatus
Lokasi Pemotretan

Lokasi pemotretan di  Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400
Focal lengh : 120 mm
Lens : Nikon AF-S 24 - 120 mm 

0 Response to "Elang Brontok, Changeable Hawk Eagle, Nisaetus cirrhatus Gmelin 1788"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel