google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro - PLANTER AND FORESTER

Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro

Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro

Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro
Informasi Umum
Gigantochloa verticillata adalah bambu yang selalu hijau, abadi, rumpun, yang dapat tumbuh setinggi 7 - 30 meter. Pusat rumpun diangkat secara tidak teratur di atas tanah. Batang kayu berdinding tipis dan berdiameter bisa berdiameter 5 - 13 cm di pangkalan, dengan ruas panjang 40 - 60 cm
Tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia (Jawa, Bali, Sumatra, Kepulauan Mentawai) baik untuk makanan maupun sebagai sumber bahan. Ini telah diperkenalkan di Semenanjung Malaysia dan India
Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro
Di Indonesia, spesies ini adalah yang terpenting kedua setelah Gigantochloa apus dan memainkan peran penting dalam ekonomi pedesaan. Produksi lokal dan perdagangan batang dan produk turunan cukup besar, tetapi tidak ada statistik yang tersedia.
Tanaman ini juga sering ditanam sebagai tanaman hias

Adaptasi ketinggian
Tanaman tropis perhumid yang tumbuh pada ketinggian dari permukaan laut hingga sekitar 1.200 meter.

Ini ditemukan di daerah dengan curah hujan tahunan di kisaran 2.350 - 4.200 mm, suhu rata-rata 20 - 32 ° c dan kelembaban relatif rata-rata lebih dari 70%.

Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro
Di Indonesia (Jawa Barat), batang yang tumbuh di lereng bukit (pada ketinggian 500 meter dengan curah hujan tahunan sekitar 4.200 mm) lebih kuat (gravitasi spesifik yang lebih tinggi, kekuatan lentur dan kuat tarik) daripada batang yang ditanam di lembah.

Tumbuh terbaik di tanah berpasir dan tanah aluvial.
Satu tahun setelah penanaman stek, 7 - 10 batang telah muncul. Per tahun, sekitar 8 - 9 batang per rumpun mencapai ukuran penuh.

Bambu memiliki metode pertumbuhan yang menarik. Setiap tanaman menghasilkan sejumlah batang baru setiap tahun - batang ini tumbuh setinggi maksimum pada tahun pertama pertumbuhannya, selanjutnya pertumbuhan batang dibatasi pada produksi cabang samping dan daun baru. Dalam kasus beberapa spesies tropis dewasa, batang baru bisa setinggi 30 meter, dengan peningkatan harian 30 cm atau lebih tinggi selama waktu puncak pertumbuhannya. Ini membuat mereka beberapa spesies yang tumbuh paling cepat di dunia.

Batang muda tumbuh cepat, mencapai ketinggian penuh dalam 3 - 4 bulan dengan laju pertumbuhan rata-rata 3,4 cm per hari.

Bambu pada umumnya biasanya monokarpik, hidup bertahun-tahun sebelum berbunga, kemudian berbunga dan berbibit banyak selama periode 1-3 tahun sebelum biasanya mati.
Berbunga terjadi ketika rumpun berumur 50 - 60 tahun; berbunga berkelompok, setelah itu rumpun mati.
Panen pertama dapat dimulai 3 tahun setelah penanaman, lebih disukai di musim kemarau. Dianjurkan untuk memanen hanya batang berumur 3 tahun dan memotong tepat di atas tanah.

Untuk mendorong regenerasi, disarankan untuk merawat dan memupuk dasar batang yang dipanen.
Hasil tahunan batang dewasa dari perkebunan dengan 275 rumpun per ha (6 mx 6 m) diperkirakan 1.650 per ha atau sekitar 6 batang per rumpun .
Jika dikonversi menjadi arang, sekitar 18% arang kualitas 1 dan 4% berkualitas unggul dan arang yang remah atau patah hasil sampingan produksi.
Secara tradisional, batang dibiarkan bersandar pada pohon selama beberapa hari sebelum digunakan. Terkadang batang pertama direndam dalam air mengalir atau lumpur untuk beberapa waktu.

Bambu digunakan untuk bahan bangunan, pipa air, perabot, peralatan rumah tangga, sumpit dan tusuk gigi.
Mereka juga digunakan untuk membuat keranjang (meskipun Gigantochloa apus lebih disukai), dan alat musik (meskipun Gigantochloa atroviolacea lebih disukai).

Batangnya bisa memiliki panjang 7 hingga 30 meter, diameternya 5 - 13 cm di dasarnya, dengan ruas panjang 40 - 60 cm dan dinding tebal hingga 2 cm.

Tongkat itu berwarna hijau hingga kuning-hijau, bergaris-garis kuning, awalnya dengan rambut-rambut coklat yang tersebar tersebar di bagian atas, berkilau dan halus ketika tua.
Batangnya bisa digunakan untuk membuat arang. Nilai energi untuk arang yang dibuat dari batang adalah sekitar 30.000 k

Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro

0 Response to "Gigantochloa verticillata (Willd.) Munro"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel